Apa Itu Impor? Ini Bedanya dengan Ekspor

Dunia yang semakin maju menjadikan segala sesuatu semakin canggih. Manusia semakin mudah mendapatkan barang untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Hampir setiap hari manusia tidak terlepas dari kegiatan transaksi jual beli. Namun, tahukah kamu bahwa transaksi jual beli tidak hanya terjadi dalam satu negara saja? Sudah menjadi hal yang lumrah bahwa suatu negara melakukan transaksi perdagangan dengan negara lain dengan cara impor dan ekspor. Akan tetapi, tahukah kamu apa itu impor? Apa yang kamu ketahui tentang ekspor dan impor?

Apa itu Impor?

Impor merupakan kegiatan membeli atau memasukkan barang maupun jasa dari negara lain secara legal sedangkan menurut Peraturan Pemerintah Nomor 10 Tahun 2021, impor adalah kegiatan memasukkan barang ke dalam daerah pabean. 

Pihak yang membeli atau memasukkan barang/jasa dari negara lain mendapatkan sebutan importir. Importir tidak boleh melakukan memasukkan barang dan jasa dari negara lain secara sembarangan karena memasukkan barang dan jasa ke dalam suatu negara harus sesuai dengan peraturan yang berlaku. Beberapa barang dan jasa tertentu seringkali harus memperoleh izin terlebih dahulu sebelum bisa dimasukkan ke suatu negara oleh importir. 

Alasan negara importir mendatangkan barang dari negara lain di antaranya:

  • Barang tidak terdapat di dalam negeri karena negara importir tidak memproduksi sendiri
  • Barang diproduksi dalam negeri tetapi ketersediannya tidak mencukupi permintaan pasar dalam negeri
  • Biaya produksi barang dalam negeri lebih mahal daripada biaya mendatangkan barang tersebut dari luar negeri
  • Harga barang impor lebih murah daripada barang yang sama hasil produksi dalam negeri

Apakah impor hanya bisa berupa barang? Tidak. Impor juga bisa juga berupa jasa. Contoh jasa yang umum didatangkan dari negara lain adalah tenaga asing, asuransi, dan transportasi. 

Manfaat Impor?

Setelah memahami apa itu impor, kamu perlu mengetahui manfaat melakukan transaksi ini. Manfaatnya di antaranya sebagai berikut:

  • Mendapatkan barang dan jasa yang tidak tersedia di dalam negeri
  • Memperoleh pasokan bahan baku untuk menunjang kebutuhan industri dalam negeri
  • Mendapatkan barang dengan harga lebih murah sehingga dapat mengendalikan inflasi

Perbedaan Impor dan Ekspor

Selain impor, transaksi perdagangan yang terjadi antar negara adalah ekspor. Apa yang kamu ketahui tentang ekspor dan impor? Jika impor adalah kegiatan memasukkan barang atau jasa ke dalam negeri, maka ekspor adalah kegiatan mengirimkan atau menjual barang maupun jasa ke luar negeri.

Pihak yang melakukan ekspor memperoleh julukan eksportir.  Melakukan ekspor juga tidak boleh dilakukan secara asal. Eksportir harus mempunyai izin ekspor dan komoditas ekspor harus sesuai aturan yang berlaku. 

Arti Penting Transaksi Jual Beli antar Negara

Apa yang kamu ketahui tentang ekspor dan impor sangat penting untuk memahami arti penting kedua jenis transaksi perdagangan antar negara. Dalam kehidupan yang semakin modern yang didukung oleh globalisasi, transaksi jual beli barang dan jasa antar negara menjadi hal yang tidak dapat dielakkan lagi. Masing-masing negara saling membutuhkan satu sama lain untuk memenuhi kebutuhan barang dan jasa dalam negeri masing-masing.

Kegiatan membeli barang dari negara lain maupun menjual ke negara lain sangat menunjang pertumbuhan ekonomi suatu negara. Negara-negara berkembang umumnya melakukan ekspor barang mentah atau komoditas pertanian untuk mengembangkan perekonomian negara eksportir. Negara-negera maju seperti China, Australia, dan UK, misalnya, ekspor barang jadi telah memberikan keseimbangan ekonomi yang positif.

Apakah kamu tertarik untuk melakukan bisnis impor barang dari luar negeri? Jasa importir barang antarnegara Blueraycargo.id solusinya! Selain menjanjikan di masa kini, bisnis ini juga membantu kamu memperoleh omset yang banyak. Yuk, segera hubungi Contact Person untuk melakukan konsultasi dan kerjasama. Selamat mencoba semoga sukses!

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Pencarian
Artikel Terbaru
Peraturan Impor Yang Berlaku di Indonesia!

Langkah Mendaftar HS Code Mudah

HS code atau Kode Harmonized System (HS) merupakan daftar klasifikasi barang. HS code sangat menentukan peraturan barang impor dan ekspor. Kode ini dibuat secara sistematis

Konsultasi Gratis