Cara Impor Barang Dari Luar Negeri, Mudah!

Dalam dunia bisnis yang memerlukan kebutuhan barang yang banyak dan jarang kita temukan di dalam negeri maka harus mengimpor. Namun tidak bisa langsung mengimpornya, terdapat cara impor barang yang harus kamu pahami terlebih dahulu. Dengan cara impor tersebut akan membuat barang kiriman tidak ilegal.

Memahami Cara Impor Barang Yang Benar Dan Mudah

Impor bisa dibilang merupakan kegiatan perdagangan antara luar dan dalam negeri dengan memasukan barang dari luar negeri ke dalam negeri. Beberapa alasan kenapa negara lokal melakukan impor barang karena tidak bisa memproduksinya sendiri, kebutuhan dalam negeri yang banyak, dan lainnya.

Untuk melakukan kegiatan impor terdapat beberapa cara yang harus kamu pahami agar setiap prosesnya berjalan lancar, antara lain :

1. Memahami Prosedur Impor Dalam Negeri

Yang pertama kamu bisa memahami terlebih dahulu prosedur impor di dalam negeri. Pastikan jangan sampai barang yang akan kamu masukan ke dalam negeri ilegal dan harus memiliki izin masuk resmi. Jika kedapatan barang ilegal maka akan menimbulkan masalah dengan pihak bea cukai. 

Masalah yang akan kamu dapatkan seperti penahanan barang oleh pihak bea cukai atau bisa jadi dibakar begitu saja. Dengan suatu hal yang tidak diinginkan tersebut nantinya bisa menimbulkan kerugian bagi kamu. 

2. Tentukan Sistem Transaksinya

Cara impor barang berikutnya yaitu kamu harus menentukan sistem transaksinya. Terdapat beberapa istilah tentang dasar pembayaran ekspor impor barang. Istilah – istilah tersebut seperti FOB, CIF, DDP, CFR, FAS, dan lainnya. 

Untuk istilah FOB yaitu biaya pengiriman, harga barangnya, dan asuransi dapat kamu bayarkan ketika kapal sudah sampai ke pelabuhan bongkar. Berikutnya CIF yaitu biaya keseluruhan yang kamu bayarkan sebelum kapal berangkat dari pelabuhan muat. 

Kemudian DDP yaitu saat barang diserahkan kepada importir oleh pemasok di dalam wilayah kamu. Selanjutnya CFR yaitu dimana pemasok mulai menyerahkan barang saat memasuki batas pagar kapal saat di pelabuhan dengan sudah ada izin ekspor. Setelah itu FAS yaitu pemasok menanggung biaya dan resiko saat pengiriman.

3. Menentukan Jasa Pengiriman

Selanjutnya, bisa menentukan jasa pengiriman yang akan kamu gunakan. Biasanya pengiriman dilakukan dengan 3 jalur yaitu darat, air, dan udara. Waktu setiap pengiriman akan berbeda – beda dari ketiga jalur tersebut dan harga pengirimannya juga berbeda. Pilihlah sesuai dengan kebutuhan dan biaya kamu. 

4. Memberikan Asuransi Setiap Pengiriman Barang

Untuk cara impor barang satu ini jangan sampai kamu lupakan untuk menjamin keamanan dan kenyaman pengiriman. Banyak sekali kasus barang yang hilang dan tidak bisa terlacak saat proses pengiriman. Namun biasanya para pemasok tidak bertanggung jawab lagi setelah barang sudah masuk dalam proses pengiriman. 

Dengan memberikan asuransi pada pengiriman agar jika terjadi masalah yang tidak kamu inginkan bisa teratasi. Kemudian berlakukan kontrak penjualan antara importir dan supplier untuk memberikan kepercayaan kepada kedua belah pihak.  

Kamu Sudah Paham Dengan Cara Impor Barang?

Dengan demikian, untuk melakukan impor barang dari luar negeri memang harus melalui tahapan yang perlu kamu lalui dan patuhi. Jangan sampai menimbulkan masalah dalam pengiriman terutama dengan pihak bea cukai karena bisa merugikan kamu nantinya. 

Untuk kamu yang masih belum memahami sepenuhnya, bisa menggunakan jasa importir barang china dari Blueraycargo.id yang dapat memudahkan kamu. Sehingga tidak perlu khawatir bagi kamu yang masih pemula dalam melakukan impor barang.

Tertarik bekerjasama dan konsultasi? Yuk, segera hubungi Contact Person dan mulailah usaha baru dengan partner terpercaya Blueraycargo yang telah berpengalaman selama bertahun-tahun di bidang importir barang China. Selamat mencoba!

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Pencarian
Artikel Terbaru
Peraturan Impor Yang Berlaku di Indonesia!

Langkah Mendaftar HS Code Mudah

HS code atau Kode Harmonized System (HS) merupakan daftar klasifikasi barang. HS code sangat menentukan peraturan barang impor dan ekspor. Kode ini dibuat secara sistematis

Konsultasi Gratis