Cara Menjadi Importir Muda yang Sukses!

Sebagai anak muda yang menyandang label generation of change, Kamu mungkin sering dihadapkan dengan pilihan akan jadi apa Kamu kedepannya. Banyak anak muda saat ini yang mulai membuka unit bisnis atau usaha. Dari sekian banyaknya usaha-usaha yang ada, salah satu usaha dan bisnis yang menjanjikan adalah usaha importir. Lalu, bagaimana cara menjadi importir yang sukses di usia muda?

Namun sebelum itu, kenali dulu yuk apa sih importir itu!

Importir merupakan individu atau lembaga perantara untuk mendatangkan barang yang berasal dari luar negeri. Barang yang didatangkan dari luar negeri ini bisa untuk berbagai macam kebutuhan. Misalnya untuk produksi dan bisa juga untuk konsumsi langsung bagi para konsumen.

Usaha importir ini sangat menjanjikan bagi Kamu yang ingin memulainya. Namun tentu saja seperti usaha-usaha lainnya, usaha importir ini juga memiliki beberapa tantangan di dalamnya. Salah satu tantangannya adalah Kamu harus memiliki stok produk yang banyak dan tentu saja ini memerlukan modal yang banyak juga.

Namun jangan berkecil hati, setiap tantangan pasti memiliki solusinya, berikut ini adalah cara menjadi importir muda yang sukses.

1. Awali dengan Riset Pasar dan Produk

Ini merupakan cara menjadi importir yang harus Kamu lakukan pertama kali. Seperti halnya usaha di bidang lain, usaha importir juga memerlukan plan untuk menjalaninya. Kamu bisa memulai dengan menentukan produk apa yang ingin Kamu jual. Apakah itu barang untuk dikonsumsi, apakah itu pakaian dan lain sebagainya. 

Setelah kamu menentukan produk apa yang Kamu jual, Kamu bisa mulai menentukan target pasar. Target pasar ini bisa dipandang dari segala sisi. Seperti usia, strata sosial dan gender.

Kamu bisa memulai risetnya dengan melihat apa yang paling dibutuhkan oleh masyarakat sekarang ini. Ini yang akan membuat produk yang Kamu jual akan laku di pasaran karena orang-orang sangat membutuhkannya.

Ini adalah salah satu cara menjadi importir yang cukup penting karena Kamu tidak hanya memikirkan kemauan Kamu, namun sebagai penjual Kamu harus mementingkan apa yang konsumen butuhkan.

2. Lakukanlah Riset Kepada Penjual

Untuk menekan angka modal yang terlalu besar, cara menjadi importir yang pertama ini harus diperhatikan. Ketika Kamu ingin membuka usaha importir, Kamu harus memperhatikan para penjual. Maksudnya adalah kamu perlu melakukan riset dan survey harga dari para penjual.

Hal ini bisa menjadi solusi agar kalian bisa menekan angka modal dan pengeluaran serta membuat dana yang keluar lebih efisien. Ketika kalian menemukan penjual dengan harga paling murah tentu saja Kamu bisa memiliki stok yang banyak dengan budget yang minim. Riset ini akan membantu kalian sebagai anak muda untuk menjadi importir yang sukses dengan budget minim.

3. Pasarkan di Dunia Digital

Kamu sebagai anak muda pasti tidak asing lagi dengan yang namanya sosial media. Kamu pasti menggunakannya, temanmu juga dan semua orang saat ini terpaku kepada sosial media. 

Sosial media merupakan hal yang tidak bisa lepas dari kehidupan yang sudah modern ini. Oleh karena itu dunia digital dan sosial media menjadi wadah yang tepat untuk Kamu memasarkan produkmu.

Jika Kamu berencana untuk membuat toko fisik, tahan dulu. Sosial media ini bisa menjadi pertimbangan. Kamu bisa memasarkan produk kamu tanpa biaya sewa toko, listrik dan hal-hal lainnya. Tentu saja ini akan menghemat pengeluaran Kamu yang baru saja memulai usaha importir. 

Jika Kamu sudah memiliki toko fisik, segeralah untuk membuka toko di sosial media. Karena ini akan memperluas range untuk memasarkan produk-produkmu. Hal ini harus diperhatikan agar pengelolaan keuangan dalam usaha importir bisa di manage dengan baik.

4. Daftarkan Diri Sebagai Importir

Urusan legal memang tidak kalah penting dari plan usaha lainnya. Cara menjadi importir yang ini tidak boleh Kamu abaikan. Jika Kamu ingin menjadi seorang importir, Kamu harus mendaftarkan dan registrasi Kepabeanan. Menurut peraturan kementrian keuangan nomor 59/PMK.04/2014, hal ini merupakan keharusan ketika Kamu ingin menjadi importir.

Kamu akan bisa menjadi pengusaha importir ketika kamu telah mendapatkan Nomor Identitas Kepabeanan dengan cara mendaftarkan diri ke Direktorat Jenderal Bea dan Cukai.

Hal ini harus dengan sangat Kamu perhatikan, karena siapa sih yang mau berurusan dengan hukum?

So, itulah cara menjadi menjadi importir muda yang sukses. Selain mendapatkan solusi untuk tantangan usaha importir Kamu juga dapat melihat kalau urusan legal merupakan sesuatu yang penting untuk Kamu perhatikan. 

Jika Kamu masih bingung bagaimana pengirimannya dari luar negeri seperti mengirim dari China ke Indonesia. Kamu bisa menggunakan jasa-jasa yang ada, kamu bisa menggunakan jasa importir barang china Blueraycargo.id untuk proses pengirimannya. Pengirimannya sangat mudah jika Kamu menggunakan jasa importir barang. Jangan takut untuk memulai ya. Segera hubungi Contact Person untuk melakukan konsultasi dan negosiasi, selamat mencoba semoga sukses!

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Pencarian
Artikel Terbaru
Peraturan Impor Yang Berlaku di Indonesia!

Langkah Mendaftar HS Code Mudah

HS code atau Kode Harmonized System (HS) merupakan daftar klasifikasi barang. HS code sangat menentukan peraturan barang impor dan ekspor. Kode ini dibuat secara sistematis

Konsultasi Gratis