5 Produk China Unggulan Impor Terpopuler!

5 Produk China Unggulan Impor yang Ramai di Indonesia

Badan Pusat Statistik mengemukakan impor Indonesia naik sebesar 0,36% per bulan Oktober dan produk China unggulan impor mendominasi data tersebut. Selain itu, nilai impor juga mengalami kenaikan mencapai 51,6% daripada catatan tahun lalu.

Negeri Tirai Bambu masih menduduki peringkat tertinggi impor di Indonesia. Hal tersebut terjadi karena produk impor mereka tidak pernah absen menjadi pilihan impor Indonesia.

BPS mengatakan bahwa impor Indonesia nonmigas tertinggi di periode Januari hingga Oktober 2021 adalah Tiongkok. Negara tersebut berhasil meraih nilai produk China unggulan impor hingga sebesar US$43,72 miliar. Posisi kedua adalah Jepang dengan nilai impor US$11,79 miliar. Sedangkan posisi ketiga adalah Thailand dengan nilai US$7,32 miliar.

Berhasil mencetak nilai impor paling tinggi, sebenarnya produk China unggulan impor apa saja yang membanjiri Indonesia? Berikut ini merupakan ulasan yang berisi 5 macam produk China unggulan impor yang patut kamu ketahui!

1. Mesin dan Perlengkapan Mekanis (US$506,7 Juta)

Mesin dan Perlengkapan Mekanis masih menjadi peringkat utama dalam daftar produk china yang populer. Jenis produk china unggulan impor ini menguasai dengan menunjukkan peningkatan hingga 28,31% dengan nilai yang menyentuh US$506,7 juta per bulan Juli 2021.

Lonjakan minat warga Indonesia adalah penyebab meningkatnya angka permintaan impor jenis produk ini. Hal ini dilakukan agar memenuhi kebutuhan dan kualitas yang unggul, sehingga mengantarkan jenis produk ini menduduki posisi pertama.

Selain karena permintaan kebutuhan yang tinggi, hal ini menunjukkan bahwa kita belum memiliki kemampuan untuk memenuhi kebutuhan mesin ataupun perlengkapan mekanis yang beragam dan berjumlah besar ini. Oleh karena itu, produk unggulan impor yang satu ini hadir untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia.

2. Besi dan Baja (US$257,3 Juta)

Berikutnya adalah besi dan baja menjadi peringkat kedua dalam daftar produk unggulan impor yang populer. Jenis produk ini menunjukkan peningkatan hingga 29,27% dengan nilai yang menyentuh USD257,3 juta per bulan Juli 2021.

Kegiatan impor besi dan baja mencapai angka yang fantastis dan sebenarnya apa saja yang dapat dihasilkan dari jenis produk ini? Nyatanya, dua jenis produk ini sangatlah berguna bagi kehidupan manusia.

Besi dan baja memiliki sifat yang kokoh sehingga cocok untuk diterapkan dalam pembentukan konstruksi bangunan, rangka kendaraan, ataupun peralatan yang lain. Selain itu, dua produk ini mempunyai kekuatan yang sangat tangguh.

3. Plastik dan Produk berbahan Plastik (US$195,7 Juta)

Selanjutnya hadir plastik dan produk berbahan plastik yang menjadi peringkat ketiga dalam daftar produk unggulan impor yang populer. Jenis produk ini menunjukkan peningkatan hingga 26,96% dengan nilai yang menyentuh USD195,7 juta per bulan Juli 2021.

Untuk jenis produk yang ini pasti seringkali kamu temukan dalam bentuk peralatan makan atau dapur yang khas dengan tulisan made in China. Seiring waktu memang produk plastik yang memiliki beragam motif dan warna yang lucu berhasil menarik minat warga Indonesia untuk membelinya. Apakah kamu adalah salah satunya?

4. Serealia (US$192,8 Juta)

Serealia menduduki posisi keempat dalam daftar ini dengan mengalami peningkatan hingga 79,99% dengan nilai yang menyentuh USD192,8 juta.

Bagi kamu yang belum mengetahui, serealia adalah jenis produk tanaman yang nantinya dapat diolah untuk bahan pangan. Serealia menghadirkan banyak kandungan karbohidrat yang tinggi pada bulir atau bijinya.

Beras merupakan salah satu jenis dari serealia. Selain beras, serealia juga hadir dalam beragam jenis yaitu gandum, oat, dan barley.

5. Logam Mulia (US$161,2 Juta)

Logam mulia hadir di urutan kelima dengan mengalami peningkatan sampai 153,03% yang ditaksir sebesar USD161,2 juta per bulan Juli 2021.

Kenaikan yang lebih dari 100% ini menunjukkan minat warga Indonesia dalam impor logam mulia sangatlah meningkat. Seperti yang kamu ketahui bahwa logam mulia merupakan sebuah logam yang toleran korosi dan oksidasi serta memiliki nilai yang tinggi.

Produk China Unggulan Impor Mana Favoritmu?

Apakah kamu tertarik menjadi importir setelah mengetahui apa saja produk China unggulan impor yang ramai didatangkan ke Indonesia?

Jika kamu tertarik menjadi importir maka ini saatnya menghubungi kontak Whatsapp Blueray Cargo atau dapat mengunjungi laman jasa importir barang china Blueray Cargo yang akan membantu mengurus semua prosesnya untukmu. Semoga sukses!

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Pencarian
Artikel Terbaru
Peraturan Impor Yang Berlaku di Indonesia!

Langkah Mendaftar HS Code Mudah

HS code atau Kode Harmonized System (HS) merupakan daftar klasifikasi barang. HS code sangat menentukan peraturan barang impor dan ekspor. Kode ini dibuat secara sistematis

Konsultasi Gratis