Impor VS Ekspor : Pengertian, Jenis & Manfaatnya

Impor vs Ekspor : Pengertian, Manfaat, Jenis dan Contoh

Memang pada zaman yang sudah canggih ini, sukses bisa kamu lakukan dari segala hal. Baik itu bekerja bersama orang lain atau menjadi pengusaha yang bekerja sendiri. Seperti halnya pengusaha lain, berdagang juga mempunyai peningkatan peminat beberapa tahun terakhir. Bukan hanya peminat perdagangan antar kota dalam negeri, namun sampai ke perdagangan luar negri yang sering kita sebut sebagai impor dan ekspor. Sebelum kamu masuk ke dunia perdagangan antar negeri itu, inilah perbedaan impor vs ekspor yang wajib kamu tahu.

Pengertian

Walaupun sama-sama melakukan perdagangan antar Negara, namun ternyata impor dan ekspor memiliki perbedaan. Impor adalah perdagangan yang menyebabkan masuknya barang atau jasa dari luar negri sedangkan ekspor adalah perdagangan yang mengeluarkan barang dari dalam negri ke luar negri.

Kegiatan impor bisa terjadi saat suatu Negara kekurangan bahan ataupun jasa yang mereka perlukan, sementara ekspor terjadi jika satu Negara yang bersangkutan mempunyai sumber daya yang melimpah hingga berbagi kepada Negara lain.

Jenis Impor vs Ekspor

Kedua jenis dari perdagangan impor vs ekspor ini juga cukup berbeda. Berikut ini adalah perbedaannya :

1. Ekspor

Ada dua jenis ekspor yang Indonesia lakukan terhadap Negara-negara tetangga yaitu ekspor migas dan ekspor non migas. Nah, ada beberapa faktor yang mempengaruhi perdagangan ekspor suatu Negara, yaitu :

  • Keadaan pasar yang ada antar negeri
  • Iklim usaha yang sengaja pemerintah ciptakan untuk menaikkan tingkat mata uang
  • Merebut pasar luar negeri sebagai pemasok suatu barang tertentu
  • Ketentuan yang disepakati oleh Negara internasional

2. Impor

Saat Negara membutuhkan pasokan bahan dasar, mereka membutuhkan bantuan dari Negara tetangga. Lembaga ataupun orang yang melakukan kegiatan impor ini dinamakan importir. Para importir mengambil keuntungan dengan memasukkan barang mereka ke dalam Negara. Inilah alasan kenapa suatu Negara tersebut membutuhkan impor :

  • Negara yang mengimpor tidak bisa memproduksi barang atau jasa yang mereka butuhkan
  • Biaya untuk membuat suatu barang impor dengan independent akan memakan biaya yang lebih besar daripada hanya mendatangkan barang tersebut dari Negara tetangga
  • Negara pengimpor tersebut sudah bisa menghasilkan barang tersebut dalam jumlah yang banyak sehingga dapat memenuhi permintaan barang yang sama antar Negara tetangga.

Manfaat Impor vs Ekspor

Antara impor vs ekspor, ternyata kedua perdagangan ini juga memiliki manfaat untuk kedua Negara yang bersangkutan hingga hubungan yang mereka hasilkan dari proses perdagangan ini adalah hubungan mutualisme. Ini dia manfaat impor dan ekspor tersebut.

1. Manfaat Ekspor

  • Dapat Memperluas Pasar ke pasar Internasional
  • Menambah devisa Negara karena hal ini sangat berpengaruh kepada besarnya kegiatan ekspor.
  • Meningkatkan produktivitas Negara yang aktif membantu Negara tetangganya
  • Meningkatkan lapangan kerja karena beban produksi yang meningkat total.
  • Membangun hubungan kerja sama antar Negara yang saling membantu

2. Manfaat Impor

  • Dapat memenuhi kebutuhan nasional para warga Negara terhadap suatu barang.
  • Memperoleh bahan baku untuk membuat sesuatu dari Negara lain
  • Memperoleh teknologi baru dari Negara-negara maju yang sudah canggih

Walaupun kedua jenis perdagangan tersebut memiliki banyak sekali perbedaan, namun keduanya sama pentingnya untuk kelangsungan suatu Negara. Nah, untuk kamu yang ingin terjun ke dunia bisnis impor vs ekspor, kamu bisa memakai jasa importir barang China Blueray Cargo dengan menghubungi Contact Person Blueray Cargo. Semoga membantu!

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Pencarian
Artikel Terbaru
Peraturan Impor Yang Berlaku di Indonesia!

Langkah Mendaftar HS Code Mudah

HS code atau Kode Harmonized System (HS) merupakan daftar klasifikasi barang. HS code sangat menentukan peraturan barang impor dan ekspor. Kode ini dibuat secara sistematis

Konsultasi Gratis