.org Adalah: Pengertian, Fungsi, dan Penggunaannya

.org Adalah: Pengertian, Fungsi, dan Penggunaannya

.org adalah salah satu top level domain yang berdiri pada Januari 1985. Domain ini awalnya digunakan untuk organisasi non profit atau non komersial. 

Untuk lebih memahami mengenai domain ini, maka silahkan kamu simak ulasan berikut ini. 

.org Adalah?

.org adalah ranah internet dengan tingkat paling atas atau TLD. Domin ini digunakan dalam sistem penamaan domain internet. 

Nama .org sendiri merupakan kependekan dari organisasi. Domain ini dibuka pada tahun 1985.  Awalnya, domain .org ini  ditujukan untuk organisasi non profit. Penggunaan domain .org ini meningkat tajam, pada tahun 1990-an hingga bulan Juni 2012. 

Fungsi Domain .org

Domain ini ditujukan kepada organisasi nirlaba dan organisasi kemanusiaan. Organisasi nirlaba ini merupakan organisasi yang bertujuan untuk memecahkan sebuah masalah. 

Pergerakan dari organisasi nirlaba ini cenderung bergerak pada bidang pelayanan. Organisasi ini juga didukung oleh pihak profesional dan tidak berfokus untuk mencari keuntungan semata. 

Sementara itu, organisasi kemanusiaan merupakan organisasi yang mayoritasnya bersifat sukarela. Hal ini menangani bidang yang berfokus pada kesehatan, psikologi, dan sanitasi. 

Jika kamu ingin menggunakan domain ini, maka kamu harus mengetahui terlebih dahulu apa saja fungsi dari domain .org ini. 

1. Membangun Kepercayaan

Penggunaan domain .org ini bisa memperkuat nilai dari kredibilitas. Banyak yang sering mengaitkan domain ini dengan badan amal maupun lembaga nirlaba. 

2. Membimbing Masyarakat

Sebelum bergabung dalam sebuah organisasi, maka biasanya orang lain akan mencari informasi terlebih dahulu mengenai organisasi tersebut melalui internet. 

Dengan adanya website ini, maka masyarakat pun bisa lebih mudah untuk mendapatkan informasi yang objektif dan transparan.

3. Meningkatkan Jumlah Donasi

Untuk menyelesaikan suatu masalah yang sedang kamu hadapi, maka tidak jarang organisasi akan mulai menggalang dana untuk membantu penyelesaian dari masalah import org yang ada. 

Namun, organisasi tidak bisa menyelesaikan hak tersebut sendiri, sehingga perlu adanya kegiatan galang dana. 

Dengan memiliki situs bereksistensi .org, maka bisa mempermudah kamu melakukan donasi secara online. Kegiatan ini pun bisa kamu pantau dengan mudah. Selain itu, pihak donatur juga bisa mengetahui perkembangan donasi yang orang lain berikan. 

Syarat Daftar Domain .org

Sebelum kamu mendirikan sebuah organisasi secara resmi, ada baiknya jika kamu mulai membuat website dengan domain .org. 

Dengan kamu menggunakan website berdomain .org adalah ini, maka calon anggota organisasimu bisa membuat keputusan yang tepat. Keputusan ini tentunya diambil berdasarkan informasi yang tertera pada website tersebut. 

Untuk mendaftar domain .org sendiri, maka simak beberapa syarat yang harus kamu penuhi berikut ini. 

1. Pilih Penyedia Layanan Domain Terpercaya

Dengan menggunakan penyedia layanan domain yang terpercaya, maka kamu pun akan lebih merasa aman ketika hendak melakukan transaksi. 

2. Tentukan Nama Domain

Dengan menentukan nama domain secara tepat, maka orang lain akan lebih mudah mengingat website dari organisasi kamu. 

3. Isi Formulir Pendaftaran

Syarat selanjutnya yang harus kamu penuhi untuk membuat domain ini adalah dengan mengisi formulir pendaftaran dengan informasi yang jelas dan detail. Hal ini perlu kamu lakukan agar tidak terjadi kesulitan saat bertransaksi kemudian hari. 

4. Bayar Sesuai Nominal Penagihan

Cek kembali nominal pembayaran yang ditagihkan kepadamu. Biasanya, pihak penyedia akan membuat angka yang unik untuk setiap transaksi yang kamu lakukan. 

5. Transaksi Selesai

Apabila memang kamu sudah berhasil menyelesaikan transaksi, maka domain .org sudah siap untuk kamu gunakan dan pasang pada websitemu tersebut. Selamat mencoba!

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Pencarian
Artikel Terbaru
Peraturan Impor Yang Berlaku di Indonesia!

Langkah Mendaftar HS Code Mudah

HS code atau Kode Harmonized System (HS) merupakan daftar klasifikasi barang. HS code sangat menentukan peraturan barang impor dan ekspor. Kode ini dibuat secara sistematis

Konsultasi Gratis