Produk Lokal VS Produk Impor

Important stage in the work. Male goldsmith wearing apron making a new product at a workbench using hammer. Jewelry making process. Business. Jewelry workshop.

Ketika kamu sedang berbelanja melalui marketplace, terkadang kamu berhadapan dengan 2 pilihan yang berat: produk lokal atau produk impor? Biasanya, orang-orang akan tergoda membeli produk impor karena berkualitas dan harganya murah. 

Tetapi, apakah produk lokal jauh tertinggal dibandingkan produk impor? Mengapa produk impor banyak digandrungi oleh masyarakat lokal?

Keunggulan Produk Impor

Produk impor murah di Indonesia kebanyakan berasal dari China. China, selain terkenal sebagai pemasok barang murah terbesar di Indonesia bahkan di dunia, negara tersebut juga merupakan negara dengan kualitas impor terbaik. Produk-produk China pun mampu merajai dalam kehidupan sehari-hari, mulai dari fashion items, alat elektronik, perlengkapan rumah tangga, alat tulis, dan sebagainya

Di kota-kota besar di Indonesia, banyak pusat perbelanjaan yang memperjualbelikan produk impor. Tak jarang pula, produk impor bekas layak pakai alias thrifting juga sedang naik daun. 

Faktor Perbedaan Produk Lokal dan Produk Impor

Beberapa faktor menjadi pendorong terciptanya perbedaan antara produk lokal dengan produk impor. Sekarang mari kita pahami faktor-faktor yang mengakibatkan perbedaan keduanya.

  1. Bahan Baku

Produk impor khususnya dari China memang identik dengan harga terjangkau namun berkualitas. Hal ini karena penggunaan bahan baku atau material yang juga memiliki kualitas terbaik. Bahkan untuk menjaminnya, perusahaan biasanya akan memberikan garansi. Penggunaan bahan baku seperti ini mencerminkan salah satu ciri produk impor berkualitas.

Namun di beberapa produk impor murah, seperti pada produk yang bertanda “Made in China”, terkadang penggunaan bahan baku cenderung tidak aman digunakan sebagai bahan utama produksi, seperti mainan anak yang terbuat dari plastik.

Dengan demikian, produk impor harus melalui penyaringan terlebih dahulu untuk mendapatkan logo SNI sebagai standar mutu nasional. Sehingga apabila telah memenuhi standar, produk tersebut aman dari bahan-bahan berbahaya. 

Sebenarnya produk lokal pun cukup aman meski banyak yang belum melalui uji keamanan serta kelayakannya.

  1. Subsidi Pemerintah

Sehubungan dengan poin pertama, pemerintah negara China memberikan subsidi untuk biaya ekspor barang. Subsidi ini merupakan bentuk dukungan pemerintah terhadap pertumbuhan ekonomi di negaranya. Pemerintah China tak luput memperhatikan setiap potensi yang ada di setiap wilayah. 

Saat ini, China tengah fokus memasarkan produknya ke penjuru dunia. Strategi seperti ini telah menjadikan China sebagai negara dengan ekonomi terkuat di dunia bersaing dengan Amerika Serikat. 

Apabila dibandingkan dengan Indonesia, pemerintah kita nampak belum sepenuhnya mendukung pemasaran produk UKM sampai luar negeri. 

  1. Persaingan Antar Produk Impor 

Salah satu dampak positif dari persaingan antar produk impor adalah mampu meningkatkan perekonomian negara. Hal ini terjadi kerena mereka akan terus berinovasi secara berkelanjutan. 

Salah satu cara memikat hati para konsumen yaitu dengan memberikan pelayanan terbaik. Pelayanan ini dapat berupa harga murah yang sebanding dengan kualitas produk. 

Sementara di Indonesia, hambatan persaingan dagang salah satunya adalah biaya modal dan produksi yang belum disubsidi pemerintah sepenuhnya. 

Jadi, kamu pilih produk lokal atau produk impor?

Setelah mengetahui faktor-faktor perbedaan kedua produk, apakah kamu sudah menentukan pilihan untuk membeli yang mana? Produk lokal pun tidak selalu buruk. Saat ini sudah banyak produk lokal yang mampu bersaing dengan produk impor, baik dari segi harga maupun kualitas.
Tapi jika kamu ingin mengimpor produk-produk luar negeri, khususnya China, pastikan gunakan jasa importir barang China Blueray Cargo yang resmi dan terpercaya. Informasi selengkapnya? Segera hubungi kami via WhatsApp di sini.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Pencarian
Artikel Terbaru
Peraturan Impor Yang Berlaku di Indonesia!

Langkah Mendaftar HS Code Mudah

HS code atau Kode Harmonized System (HS) merupakan daftar klasifikasi barang. HS code sangat menentukan peraturan barang impor dan ekspor. Kode ini dibuat secara sistematis

Konsultasi Gratis