Cara Menghindari Importir Penipu yang Wajib Kamu Ketahui

Cara Menghindari Importir Penipu yang Wajib Kamu Ketahui

Importir penipu memang cukup meresahkan, terlebih dalam hal jual beli online. Dalam beberapa tahun terakhir, transaksi jual beli online ini memang menjadi sebuah gaya hidup baru. 

Tujuan adanya jual beli online ini adalah untuk mengefisiensi tenaga dan waktu. Belanja pun bisa langsung kamu lakukan dalam sekali klik. 

Akan tetapi, dibalik segala kemudahan yang ditawarkan, ada juga kekurangan yang dimiliki. Salah satunya adalah dengan maraknya kasus penipuan berkedok belanja online

Untuk itu, demi menghindari terjadinya tindak penipuan ketika berbelanja online, maka silahkan simak beberapa tips mudah berikut ini. 

Apa Itu Importir?

Importir merupakan orang atau lembaga perantara dagang yang mendatangkan barang dari luar negeri. Barang yang diimpor ini bisa digunakan sebagai produksi atau sebagai tujuan konsumsi saja. 

Pengertian lain dari importir adalah orang atau lembaga yang melakukan kegiatan impor. 

Cara Menghindari Importir Penipu

Bagi kamu yang ingin aman dalam berbelanja online dan terhindar dari mr importir penipu, maka simak saja beberapa cara menghindarinya berikut ini. 

1. Pilih Situs Terpercaya

Hal pertama yang perlu kamu lakukan dalam menghindari importir penipu adalah dengan memilih situs terpercaya terlebih dahulu. 

Ketika kamu ingin membeli barang dari sebuah toko online yang ada pada media sosial. Maka cek pula apakah toko tersebut juga tersedia di marketplace atau tidak. 

Sebab, tidak akan menutup kemungkinan akan terjadinya penipuan, meskipun memang tokonya terlihat meyakinkan. 

Selain bisa meningkatkan kredibilitas si penjual, belanja online melalui marketplace ini juga bisa menjadi perantara dan penjamin ketika konsumen dan penjual melakukan transaksi jual beli. 

Ketika nantinya ada hal yang kurang berkenan, maka konsumen bisa langsung melaporkannya kepada pihak penyedia situs agar segera menindaklanjuti hal tersebut. 

2. Periksa Reputasi Toko Online

Jika memang toko online yang kamu pilih tersedia di marketplace, maka periksa terlebih dahulu reputasinya. Dalam marketplace, biasanya akan ada simbol khusus yang menandakan nilai reputasi penjual. 

Selain itu, akan ada juga simbol khusus untuk toko terbaik berdasarkan kepuasan pelanggan. 

Hal ini tentunya bisa kamu cek dari adanya badge yang berwarna emas, hingga rating atas kecepatan seller dalam merespon chat dari pelanggannya. 

3. Cek Ulasan

Hal selanjutnya yang perlu kamu lakukan untuk menghindari importir penipu adalah dengan mengecek ulasan yang berasal dari sesama pembeli. 

Jadi, ketika kamu sedang ingin membeli sebuah produk, maka jangan langsung kamu check out. Biasakan untuk mengecek ulasan terlebih dahulu dari para konsumen yang sudah membeli produk tersebut. 

Pilih produk yang memang memiliki ulasan baik dan memuaskan. Semakin banyak ulasan baiknya, maka akan semakin bagus pula kualitas produk yang akan kamu beli. 

3. Menyediakan Pembayaran Cash on Delivery (COD)

Dengan adanya prinsip ‘ada barang, ada uang’, maka metode pembayaran COD ini bisa memperkecil adanya tindak penipuan. 

Untuk itu, periksa ketersediaan metode pembayaran secara COD dalam ketentuan yang seller tetapkan. Jika sistem COD ini berlaku, maka jangan ragu untuk memilihnya. 

Hal ini karena barang akan dikirim terlebih dahulu, baru kamu bisa membayarnya kepada kurir. Namun, bukan berarti bahwa toko yang tidak menyediakan sistem pembayaran COD itu palsu. 

Hal ini juga harus diperkuat dengan toko yang benar-benar trusted terlebih dahulu. Dengan begitu, maka kamu pun sudah tidak perlu ragu lagi untuk membeli barang dari toko tersebut. 

Nah, bagi kamu yang ingin menghindari mr importir penipu, maka bisa menggunakan jasa importir barang China Blueray Cargo. Selain itu, kamu juga bisa menghubungi pihak jasa importir barang China Blueray Cargo melalui WhatsApp untuk melakukan konsultasi bisnis hingga sukses. Selamat mencoba! 

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Pencarian
Artikel Terbaru
Peraturan Impor Yang Berlaku di Indonesia!

Langkah Mendaftar HS Code Mudah

HS code atau Kode Harmonized System (HS) merupakan daftar klasifikasi barang. HS code sangat menentukan peraturan barang impor dan ekspor. Kode ini dibuat secara sistematis

Konsultasi Gratis