Import Barang : Pengertian, Jenis, Tujuan dan Manfaatnya!

Import Barang : Pengertian, Jenis, Tujuan dan Manfaatnya!

Kebanyakan orang hanya mengetahui import barang sebagai kegiatan memasukkan barang dari luar negeri ke dalam negeri. Di samping itu, sebenarnya masih ada pembahasan lengkap terkait kegiatan impor barang ini. Berikut pengertian, jenis, tujuan, dan manfaatnya!

Apa itu Import Barang?

Import barang adalah kegiatan mendatangkan barang dari luar negeri ke dalam negeri. Dalam hal ini, kegiatan impor barang harus memenuhi persyaratan dan ketentuan yang sudah diatur. Pada umumnya, seluruh aturan itu akan membutuhkan campur tangan dari pihak bea cukai baik di negara pengirim maupun negara penerima.

Lawan kata dari kegiatan impor ini adalah ekspor yang memiliki arti kegiatan transportasi pengiriman barang dari dalam negeri ke luar negeri. Jadi, apabila kamu melakukan impor dari negara China, maka negara China akan melakukan ekspor ke negara kamu, Indonesia.

Jenis Import Barang

Secara umum terdapat dua jenis yang bisa kamu gunakan untuk membagi kegiatan import barang ini. Terdapat jenis full container load dan juga jenis less than container load. Berikut pembahasannya :

Full Container Load

merupakan jenis import barang yang proses pengirimannya menggunakan container sebagai tempat dari barang yang pengirim kirimkan. Pengiriman jenis full container load ini biasanya berasal dari satu orang pengirim saja. Container dalam pengiriman ini berisi barang barang yang pengirim kirimkan kepada satu orang importir yang ada di negara tujuan.

Less Than Container Load

Sedangkan jenis yang satu ini merupakan jenis import barang yang proses pengirimannya juga sama sama menggunakan container sebagai tempat dari barang yang pengirim kirimkan. Perbedaannya adalah pada jenis less than container load ini, berasal dari beberapa pengirim yang berbeda. Sehingga isi dari container yang satu ini juga terdiri dari berbagai macam barang dari beberapa pengirim tersebut dengan tujuan negara yang sama.

Tujuan dan Manfaat Impor Barang

Berbicara mengenai kegiatan yang satu ini, tentunya import barang ini memiliki tujuan dan juga manfaatnya. Apa saja itu?

Tujuan Import Barang

Tujuannya yang pertama adalah dapat mengurangi keluarnya devisa ke luar negeri. Selain itu, kegiatan impor barang ini juga bisa menjadi kegiatan yang bagus dalam memperkuat posisi neraca pembayaran dari suatu negara. Hal ini karena posisi neraca perdagangan akan dianggap semakin penting apabila terjadi banyak proses impor.

Terakhir, tujuan paling utama dari kegiatan impor barang sudah pasti adalah dalam rangka memenuhi kebutuhan. Tidak semua barang bisa kamu temukan di dalam negeri. Untuk itu, perlu adanya transaksi di luar negeri untuk mendapatkan barang yang kamu inginkan di luar negeri. Kegiatan impor bisa memenuhi kebutuhanmu tersebut. 

Manfaat Import Barang

Kemudian manfaat dari kegiatan yang satu ini adalah dapat memperoleh barang yang sebelumnya tidak bisa negara hasilkan karena faktor geografis maupun karena faktor keterbatasan dari negara itu. Kegiatan impor barang mampu membuat negara menjadi bisa mendapatkan apa yang mereka butuhkan dengan memperolehnya dari negara lain.

Selain itu, manfaat yang lain adalah bisa memperoleh bahan baku dan juga memperoleh teknologi modern. Kegiatan impor ini bisa membuat negara bisa tetap mengikuti perkembangan teknologi di negara lain karena bisa membeli teknologi dari mereka. Dengan begitu, negara berkembang tidak akan ketinggalan jauh dalam perkembangan teknologi yang ada.

Itulah Pembahasan Lengkap Terkait Import Barang

Bagi kamu yang ingin melakukan kegiatan impor barang, gunakanlah jasa importir barang China Blueray Cargo. Hubungilah kontak WA Blueray Cargo dan nikmati layanan impor barang dengan sangat mudah yang mereka tawarkan!

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Pencarian
Artikel Terbaru
Peraturan Impor Yang Berlaku di Indonesia!

Langkah Mendaftar HS Code Mudah

HS code atau Kode Harmonized System (HS) merupakan daftar klasifikasi barang. HS code sangat menentukan peraturan barang impor dan ekspor. Kode ini dibuat secara sistematis

Konsultasi Gratis