Pengganti Bubble Wrap yang Cocok Untuk Kebutuhan Packing

Pengganti Bubble Wrap yang Cocok Untuk Kebutuhan Packing

Bubble wrap pasti sudah tidak asing lagi ditelinga Anda, khususnya bagi para pebisnis. Dengan bahan utama dari plastik, bubble wrap kerap menjadi pelindung barang agar tetap aman selama proses pengiriman.

Memiliki fungsi yang katanya mampu melindungi barang dari kerusakan, ternyata ada pengganti bubble wrap yang lebih ramah lingkungan. Yap, meskipun fungsinya bagus, bubble wrap dapat menyebabkan lingkungan menjadi jelek.

Mengapa Bubble Wrap Kurang direkomendasikan?

Terbuat dari bahan plastik dengan gelembung udara pada setiap permukaan, membuat bubble wrap dapat melindungi barang dari berbagai kerusakan. Mulai dari benturan, guncangan, dan masalah kerusakan lainnya.

Namun sangat disayangkan, ternyata bubble wrap kurang tepat untuk Anda pakai terlalu banyak. Mengapa demikian? Karena menurut sumbernya, bubble wrap bisa membuat lingkungan menjadi rusak.

Seperti penjelasan sebelumnya, plastik adalah bahan utama dari bubble wrap. Semua pasti mengetahui bahwa plastik menjadi jenis sampah yang susah terurai dan juga terbanyak di bumi.

Bukan hanya itu saja, karena tidak bisa terurai begitu mudah, menjadikan tanah kesulitan untuk menyerap plastik. Sehingga bisa membuat kerusakan pada lingkungan sekitar. Oleh sebab itu, Anda harus pintar mencari pengganti bubble wrap untuk menggunakannya sebagai pelindung barang.

Pilihan Alternatif Untuk Pengganti Bubble Wrap

Efek penggunaan bubble wrap memang kurang bagus, sebaiknya Anda menggantinya. Selain barang tetap aman, inni bertujuan juga agar lingkungan menjadi lebih terjaga. Oleh karena itu, berikut ini rekomendasi untuk menggantikan penggunaan bubble wrap.

1. Potongan Kertas

Alternatif pertama yang bisa Anda gunakan adalah potongan kertas. Kertas adalah salah satu bahan yang tidak dapat membuat lingkungan menjadi tercemar. 

Jika Anda ingin membuat ini, maka Anda hanya memerlukan beberapa kertas. Kemudian buat kertas tersebut menjadi seperti bubur, yakni dengan menggunakan blender. 

Agar hasilnya lebih maksimal, campurkan kertas dengan air. Setelah itu, jemur sampai kering. Nah, baru bisa Anda gunakan untuk menjadi pelindung barang yang akan dikirim.

2. Box Telur

Menjadi salah satu alternatif pengganti bubble wrap yang baik, karena tekstur dari box telur itu sendiri. Box telur memiliki tekstur yang cukup kokoh untuk dapat melindungi barang selama di proses pengiriman.

Maka dari itu, saat Anda membeli telur, sebaiknya simpan terlebih dahulu box nya. Jangan malah membuangnya langsung, sebab masih bisa manfaatkan untuk menjadi kemasan barang yang ingin Anda kirim.

3. Kardus

Apabila Anda ingin menggunakan pelindung yang menyerupai bubble wrap, maka kardus adalah pilihannya.

Anda hanya cukup memotong beberapa kardus menjadi ukuran kecil. Setelah itu, satukanlah dengan menggunakan selotip. Jika tidak ingin ribet, maka Anda dapat menggunakan potongan kardus tersebut secara langsung.

Selain ramah lingkungan, alternatif pengganti bubble wrap ini juga begitu mudah untuk Anda temukan pada sehari-hari. Cara pembuatannya pun cukup mudah.

4. Serabut Kelapa

Alternatif satu ini terbilang unik, yakni menggunakan serabut kelapa. Anda dapat memanfaatkan serpihan serabut yang berasal dari batok kelapa untuk melindungi barang.

Dengan memanfaatkan bahan ini, Anda secara langsung akan ikut serta dalam pengolahan limbah kelapa. Serabut kelapa juga mudah untuk diurai oleh tanah, sehingga alam pun tidak tercemar.

Rekomendasi di atas adalah referensi yang bisa Anda pilih sebagai pengganti bubble wrap. Sebaiknya gunakanlah pelindung yang berasal dari bahan berkualitas dan gampang terurai. Jadi, yuk mulai beralih ke packing ramah lingkungan!

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Pencarian
Artikel Terbaru
Peraturan Impor Yang Berlaku di Indonesia!

Langkah Mendaftar HS Code Mudah

HS code atau Kode Harmonized System (HS) merupakan daftar klasifikasi barang. HS code sangat menentukan peraturan barang impor dan ekspor. Kode ini dibuat secara sistematis

Konsultasi Gratis