Pasar Persaingan Sempurna: Ini Definisi dan Ciri-Cirinya

Pasar Persaingan Sempurna: Ini Definisi dan Ciri-Cirinya

Pasar persaingan sempurna adalah sebuah perumpamaan yang terjadi di dalam pasar. Biasanya, perumpamaan ini kerap dikemukakan untuk menilai apakah transaksi yang sedang berlangsung berjalan sempurna atau terindikasi adanya monopoli. Untuk memahami lebih jelasnya, mari simak pembahasannya berikut ini.

Apa Itu Pasar Persaingan Sempurna?

Pasar persaingan sempurna adalah sebuah sistem transaksi yang terjadi antara penjual dan pembeli. Biasanya, transaksi yang dianggap sebagai persaingan sempurna adalah transaksi yang menawarkan barang atau jasa dengan harga normal.

Ini berarti, harga barang yang ditawarkan oleh pedagang kepada pembeli merupakan harga yang didasari kesepakatan oleh kedua belah pihak. Hal ini bisa terjadi karena kedua belah pihak sudah sama-sama mengetahui informasi harga barang di pasar.

Pasar Persaingan Sempurna VS Pasar Persaingan Tidak Sempurna

Biasanya, sistem ini di nilai berdasarkan dari jumlah permintaan dan penawaran. Harga yang mereka berikan merupakan harga yang imbang dan ada hubungan batin yang kuat antara pedagang dan konsumen.

Di lain sisi, pasar persaingan tidak sempurna biasanya didasari oleh sistem yang tidak dapat dipengaruhi oleh pedagang dan juga konsumen karena fluktuasi harga barang tersebut biasanya dikendalikan oleh satu pihak.

Ciri-Ciri Pasar Persaingan Sempurna

Pada dasarnya, tidak semua kegiatan transaksi yang terjadi di dalam pasar memiliki sistem persaingan yang baik. Untuk bisa menilai bahwa setiap transaksi tersebut adalah sempurna, Anda harus mengetahui ciri-cirinya, antara lain:

1. Jumlah Pembeli dan Penjual Seimbang

Ciri pertama adalah jumlah pedagang dan pembeli sama banyak atau seimbang. Dalam kondisi seperti ini, penjual tidak akan bisa memainkan harga barang karena pembeli atau konsumen sudah mengetahui informasi harga asli dari barang tersebut.

Maka dari itu, meskipun barang tersebut tersedia dalam jumlah banyak, harga jualnya tidak akan berubah.

2. Kebebasan Membuka dan Menutup Usaha

Sistem ini memberikan kebebasan untuk para pedagang untuk menutup atau membuka tokonya. Hal ini berbeda dengan pasar tidak sempurna, biasanya para pedagang dapat menutup usahanya dalam waktu atau periode tertentu. 

3. Bersifat Homogen

Ciri selanjutnya adalah barang yang dijual harus setipe atau homogen. Hal ini bertujuan supaya kualitas barang dan harga di pasaran tidak berbeda. Dengan begitu, para konsumen atau pembeli bisa mendapatkan barang dengan harga dan kualitas yang sama baiknya.

4. Penjual dan Pembeli Sudah Mengetahui Harga Dengan Jelas

Ciri yang terakhir adalah, kedua belah pihak (penjual dan pembeli) sudah mengetahui informasi harga barang yang beredar di pasaran. Hal ini juga berlaku saat harga barang tersebut bergerak dengan cepat.

Tujuan untuk mengetahui informasi harga ini adalah supaya penjual dapat menjual produk tersebut dengan harga dasar bukan harga bawah karena ketidaktahuannya. Di lain sisi, informasi harga ini sangat berguna untuk para pembeli supaya tidak tertipu oleh pedagang sehingga mereka membeli barang dengan harga yang lebih tinggi.

Kesimpulan

Tanpa adanya pasar persaingan sempurna, masyarakat tidak kesulitan untuk membeli bahan baku untuk kebutuhan sehari-hari mereka karena harganya yang tidak wajar. Karena itulah, sistem ini sangat penting ada di dalam pasar supaya perputaran uang di dalam pasar akan terus berlangsung.

Anda juga bisa berperan untuk menjaga stabilitas perekonomian kita dengan menghadirkan barang-barang dengan kualitas terbaik dari China! BluerayCargo akan membantu proses importir barang dari China untuk Anda! Yuk, Hubungi BlurayCargo untuk mendapatkan penawaran menarik dan melakukan konsultasi impor barang dari China!

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Pencarian
Artikel Terbaru
Peraturan Impor Yang Berlaku di Indonesia!

Langkah Mendaftar HS Code Mudah

HS code atau Kode Harmonized System (HS) merupakan daftar klasifikasi barang. HS code sangat menentukan peraturan barang impor dan ekspor. Kode ini dibuat secara sistematis

Konsultasi Gratis