Apa Itu Tarif Impor? Yuk Kenali Mulai dari Sekarang!

Tujuan Tarif Impor
Ship in Port

Tarif impor merupakan suatu ketetapan atau pajak yang harus dibayarkan saat pelaksanaan kegiatan impor. Dengan adanya kebijakan ini maka harga produk impor memiliki nominal yang lebih tinggi daripada produk lokal. Namun, pemungutan biaya untuk barang impor ini juga memiliki tujuan tertentu.

Apa sajakah tujuan itu? Lalu adakah jenis-jenis yang berlaku untuk pemungutan biaya impor? Berikut informasi lengkapnya mulai dari tujuan hingga kelemahan kebijakan tersebut.

Apa Tujuan dari Tarif Impor?

Beberapa tujuan dari adanya kebijakan biaya untuk produk luar negeri, sebagai berikut :

1. Melindungi industri dan produsen dalam negeri

Adanya biaya untuk masing-masing produk impor memiliki tujuan utama yakni melindungi industri dan produsen dalam negeri. Dengan adanya tarif, biaya produk dari luar negeri akan semakin tinggi. Dengan begitu, permintaan pasar terhadap produk tersebut dapat menurun.

Sehingga konsumen beralih pada produk dalam negeri dan mengoptimalkan kinerja industri lokal. Hal ini juga bertujuan untuk mencegah adanya persebaran produk luar negeri yang meluas di pasar domestik sehingga dapat melumpuhkan produsen lokal.

2. Tarif impor bertujuan untuk menjaga keamanan nasional

Pemberian biaya untuk impor ini juga bertujuan untuk menjaga keamanan nasional yang berupa urusan politik dan militer. Terkadang terdapat beberapa komoditas impor yang menjadi bumerang bagi sebuah negara. Seperti adanya alat penyadap atau hal lain yang dapat membahayakan keamanan nasional.

3. Menjaga kualitas hidup konsumen

Adanya barang murah yang terjual memberikan kemungkinan bahwa bahan penyusun dari suatu produk memiliki kualitas yang rendah. Oleh karena itu, kebijakan ini juga bertujuan untuk mengurangi konsumsi produk murah dari luar negeri dengan memberikan patokan harga yang lebih mahal melalui tarif impor.

4. Tarif impor sebagai media pembalasan

Berlakunya sistem tarif ini juga bertujuan untuk menyeimbangkan kebijakan dumping yang mungkin diaplikasikan oleh negara mitra. Sehingga membuat produk impor menjadi lebih murah. Dengan adanya pengenaan biaya impor maka produk dari luar negeri menjadi lebih mahal dan menyeimbangkan persaingan pada pasar domestik.

Beberapa Jenis Tarif Impor

Kebijakan ini terbagi menjadi dua kelompok, antara lain :

1. Ad valorem

Kebijakan memiliki sistem perhitungan berdasarkan persentase tetap harga produk impor. Sehingga jumlah tarif memiliki variasi yang sesuai dengan update dari harga produk luar negeri.

2. Spesifik

Berbeda dengan tarif spesifik yang memiliki sistem perhitungan berdasarkan uang tetap. Sehingga tidak memberikan variasi nominal tarif meskipun terdapat perubahan atau update harga produk impor.

Keunggulan Tarif Impor

Dengan adanya kebijakan tarif untuk barang luar negeri ini terdapat beberapa keuntuntungan yang akan diperoleh oleh negara dan juga produsen. Biaya untuk masing-masing produk luar negeri tersebut dapat menjadi sumber penghasilan tambahan bagi negara. Selain itu, dengan adanya biaya tambahan tersebut maka produk dalam negeri mampu bersaing secara sehat dengan produk impor di pasaran.

Hal ini tentunya mampu mendorong pertumbuhan dan perkembangan industri dalam negeri. Karena dengan harga produk impor yang relatif lebih tinggi maka peminat dari barang tersebut menurun. Dengan begitu permintaan produk lokal dapat meningkat dan mendorong industri dalam negeri untuk memproduksi barang lebih banyak sehingga memperoleh lebih banyak keuntungan.

Kelemahan Tarif Impor

Kelemahan dari pelaksanaan kebijakan tersebut memberikan beban tambahan kepada konsumen dalam mengkonsumsi produk impor. Selain itu, hal ini juga memungkinkan adanya perang dagang. Artinya negara mitra akan memberikan balasan dengan cara yang sama terhadap pemberlakuan tarif terhadap produk luar negeri. Hal ini dapat mengakibatkan persaingan yang tidak produktif bahkan memicu permusuhan.

Sudahkan Anda memahami Tarif Impor?

Berdasarkan uraian diatas, perlakuan sistem tarif untuk produk luar negeri memiliki keuntungan dan kerugian yang perlu pertimbangan secara matang. Tentunya setiap kebijakan akan memberikan risiko bagi suatu negara atau instansi. 

Namun, tentunya Anda bisa melakukan kegiatan impor dengan memanfaatkan jasa importir barang China melalui BluerayCargo. Tentunya dengan jasa kami maka Anda tidak perlu pusing-pusing lagi menghitung tarif impor, pasrahkan saja semua pada kami, dijamin beres!

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Pencarian
Artikel Terbaru
Peraturan Impor Yang Berlaku di Indonesia!

Langkah Mendaftar HS Code Mudah

HS code atau Kode Harmonized System (HS) merupakan daftar klasifikasi barang. HS code sangat menentukan peraturan barang impor dan ekspor. Kode ini dibuat secara sistematis

Konsultasi Gratis