Impor Perorangan vs Impor Pakai Jasa Forwarder, Mana Lebih Baik? 

Impor Perorangan vs Impor Pakai Jasa Forwarder, Mana Lebih Baik?

Ada dua cara untuk mengimpor barang dari luar Indonesia, yaitu impor perorangan vs impor pakai jasa forwarder. Tentunya kedua cara impor barang tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Mulai dari segi biaya, prosedur, persyaratan, dan keamanannya. Umumnya sebagian besar orang lebih memilih impor barang menggunakan jasa forwarder. Karena lebih praktis, cepat, dan aman. 

Apa Itu Impor Perorangan?

Impor perorangan merupakan kegiatan impor yang dilakukan oleh seseorang dengan jumlah barang tertentu. Selain itu, penerima barang impor itu adalah orang tersebut juga.

Impor perorangan biasanya untuk pengiriman barang dengan jumlah sedikit. Karena jika terlalu banyak, kamu harus membuat legalitas usaha. Tujuan seseorang melakukan impor barang perorangan biasanya untuk konsumsi pribadi, bisnis skala kecil, atau sebagai hadiah.    

Apa Itu Impor Pakai Jasa Forwarder?

Impor memakai jasa forwarder adalah proses pengiriman barang dari luar negeri menggunakan jasa pengiriman barang. Namun, prosesnya mulai dari penyimpanan barang di gudang sampai proses pengiriman menggunakan moda transportasi.

Jasa forwarder umumnya menggunakan container, sehingga kamu bisa mengimpor barang dalam jumlah yang banyak. Selain, itu jasa pengiriman ini juga akan mengurus semua dokumen yang dibutuhkan untuk proses impor barang, sehingga kamu hanya terima beres saja.

Baca Juga : Freight Forwarder: Definisi dan Keuntungan Dalam Menggunakan Jasanya

Perbedaan Impor Perorangan vs Impor Pakai Jasa Forwarder

Berikut ini beberapa perbedaan dari impor barang sendiri dan menggunakan jasa forwarder:   

1. Proses Impor

Proses impor barang perorangan bisa melalui situs jual beli online atau langsung menghubungi penjual. Nantinya pihak penjual akan mengirim barang kamu melalui ekspedisi.

Sedangkan proses impor barang dengan jasa forwarder dimulai dari negosiasi harga kepada pihak penjual, penjemputan, pengemasan, sampai pengiriman ke alamat kamu. Jasa forwarder juga menentukan rute terbaik dalam proses pengiriman barang impor kamu. Sehingga, lebih cepat, aman, dan terkontrol.   

2. Pengurusan Dokumen

Bila kamu mengimpor barang sendiri, semua pengurusan dokumen adalah tanggung jawab kamu. Sehingga, kamu perlu mencari tahu sendiri apa saja dokumen yang harus kamu siapkan untuk proses impor barang.

Perbedaan impor barang perorangan vs impor pakai jasa forwarder dalam segi pengurusan dokumen. Perusahaan jasa forwarder akan mengurus semua dokumen yang dibutuhkan untuk proses pengiriman secara lengkap. Bahkan, kamu juga akan mendapatkan dokumen bukti pengiriman barang secara rinci.   

3. Biaya Pengiriman

Biaya impor perorangan mungkin lebih murah, karena jumlah barang yang kamu kirim juga sedikit. Tetapi, kamu tidak bisa memprediksi berbagai biaya tambahannya yang muncul tiba-tiba.

Sedangkan biaya pengiriman memakai jasa forwarder cenderung lebih jelas dan sangat jarang ada biaya tambahan yang tidak terduga. Meskipun tampaknya nominalnya lebih besar. Namun, jika kamu bandingkan dengan jumlah barang yang bisa kamu impor sebenarnya jauh lebih murah daripada impor perorangan.            

Yuk, Impor Barang dengan Jasa Forwarder yang Lebih Praktis

Seperti itulah perbedaan antara impor perorangan vs impor pakai jasa forwarder. Tentunya impor barang dengan jasa forwarder jauh lebih praktis bukan? Karena kamu bisa terima beres tanpa harus mengurus berbagai macam hal terkait pengiriman barang dari luar negeri.

Nah, jika kamu tertarik untuk menggunakan jasa forwarder untuk impor barang dari China. Kami bisa menggunakan jasa importir barang China Blueray Cargo yang aman, profesional, dan terpercaya dengan biaya yang relatif terjangkau. Apabila kamu tertarik untuk menggunakan jasa importir ini, silahkan untuk menghubungi kontak WhatsApp berikut, ya. Selamat mencoba! 

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Pencarian
Artikel Terbaru
Peraturan Impor Yang Berlaku di Indonesia!

Langkah Mendaftar HS Code Mudah

HS code atau Kode Harmonized System (HS) merupakan daftar klasifikasi barang. HS code sangat menentukan peraturan barang impor dan ekspor. Kode ini dibuat secara sistematis

Konsultasi Gratis