Kenapa Banyak Produk Made in China? Simak Penjelasannya!

Kenapa Banyak Produk Made in China? Simak Penjelasannya!
Made in China. Cardboard boxes with text made in China and chinese flag on the roller conveyor. 3d illustration

Kenapa banyak produk Made in China? Mungkin hal ini menjadi pertanyaan dari hampir semua orang yang heran dengan banyaknya barang buatan China dalam kehidupan sehari-hari. 

Alasan Kenapa Banyak Produk Made in China

Perlu Anda ketahui, selain biaya tenaga kerjanya yang rendah, China terkenal sebagai pabrik dunia. Hal ini karena ekosistem bisnis China sangat kuat, pajak dan bea yang rendah, hingga praktik mata uang yang kompetitif. 

Sementara itu, pabrik asal negara barat akan selalu mematuhi peraturan kesehatan, keselamatan, ketenagakerjaan, hingga lingkungannya. 

Hal ini tentu berbanding terbalik dengan pabrik China yang pada umumnya beroperasi di bawah lingkungan peraturan yang jauh lebih longgar. 

Agar Anda semakin paham mengenai kenapa banyak produk Made in China, simak saja beberapa alasannya berikut ini. 

1. Upah Kerja Rendah

China terkenal sebagai negara yang padat dengan populasi penduduknya sekitar 1,39 juta orang. Hal ini membuat tenaga kerja China membludak, sementara untuk lapangan pekerjaannya tidak bisa menampung semuanya. 

Sesuai dengan hukum penawaran dan permintaan, jika tenaga kerja banyak dan lapangan kerjanya sedikit, maka akan menjadikan upah kerjanya rendah. 

Selain itu, mayoritas warga China ini merupakan kelas menengah ke bawah yang hidup di pedesaan. China juga tidak pernah mengikuti secara baik Undang-Undang yang memang berkaitan dengan upah minimum pekerjanya. 

Namun, ternyata situasi ini mulai berubah seiring dengan banyaknya provinsi China yang melaporkan adanya peningkatan upah minimum daerahnya untuk mengikuti kenaikan biaya hidup sehari-hari. 

Banyak juga tenaga kerja China yang sangat membantu ketika butuh produksi dalam jumlah yang besar. Selain itu, para tenaga kerja ini juga bisa membantu mengakomodasi kebutuhan industri musiman, hingga bisa memenuhi permintaan mendadak dari luar jadwal permintaan yang ada. 

2. Ekosistem Bisnis Baik

Seperti yang Anda ketahui, bahwa industri produksi tidak akan berlangsung sendiri, melainkan akan bergantung pada jaringan pemasok, produsen komponen, distributor, instansi pemerintah, dan pelanggan yang terlibat dalam proses produksi melalui persaingan dan kerjasama. 

Ekosistem bisnis ini bahkan sudah berkembang selama 30 tahun terakhir di China. Bahkan, perusahaan Amerika Serikat seperti Apple Inc. sendiri memanfaatkan efisiensi rantai pasokan China untuk menjaga biaya tetap rendah dan margin yang tinggi. 

Baca Juga : Marketplace China Termurah yang Bisa Anda Coba, Murah Banget! 

3. Rendahnya Kepatuhan Terhadap Undang-Undang

Alasan lain kenapa banyak produk Made in China adalah karena rendahnya kepatuhan terhadap undang-undang. 

Perlu Anda ketahui, bahwa produsen barat diharapkan mematuhi pedoman dasar yang berkaitan dengan pekerja, norma kesehatan dan keselamatan, undang-undang pengupahan, hingga perlindungan lingkungan. 

Namun, Pabrikan China ini terkenal tidak pernah mengikuti sebagian besar hukum dan pedoman tersebut. Secara historisnya, pabrik China ini sudah mempekerjakan pekerja anak, memiliki jam kerja yang cukup panjang, hingga tidak pernah menyediakan asuransi bagi para pekerjanya. 

Beberapa pabrik China bahkan memiliki kebijakan untuk membayar para pekerjanya setahun sekali. Hal ini merupakan sebuah strategi untuk mencegah pekerja berhenti sebelum masa kontraknya habis.

Kini, pemerintah Tiongkok sudah berhasil mengklaim bahwa China sudah melakukan reformasi yang mengatakan telah melindungi hak-hak para pekerja dan memberikan kompensasi yang lebih adil. Hal ini karena pemerintah Tiongkok terus mendapat kritikan dari masyarakat. 

Namun, sayangnya untuk kepatuhan terhadap aturan di banyak industri ini sangat rendah dan perubahannya pun lambat. 

Selain itu, untuk undang-undang perlindungan lingkungan secara rutin pun diabaikan. Hal ini memungkinkan pabrik China mengurangi biaya pengelolaan limbah. 

Sudah Paham Kenapa Banyak Produk Made in China di Dunia?

Inilah alasan yang mendasari kenapa banyak produk Made in China di dunia. Alasan ini hanyalah sebagian dari banyak alasan yang mendasari banyaknya produk China di berbagai produk sehari-hari. 

Nah, bagi Anda yang mungkin saat ini ingin mengembangkan bisnis dan berencana untuk mengambil bahan dari China agar lebih murah, maka bisa menggunakan jasa dari Blueraycargo.id

Mengapa harus Blueraycargo? Sebab, Blueraycargo.id ini merupakan jasa importir barang China terbaik yang mampu memberikan garansi. 

Dengan menggunakan jasa importir dari BluerayCargo ini, maka Anda bisa langsung impor, tanpa harus seminar dan tanpa membership. Bagi Anda yang tertarik bisa langsung menghubungi Kontak Blueray. Yuk, menjadi sukses bersama kami!

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Pencarian
Artikel Terbaru
Peraturan Impor Yang Berlaku di Indonesia!

Langkah Mendaftar HS Code Mudah

HS code atau Kode Harmonized System (HS) merupakan daftar klasifikasi barang. HS code sangat menentukan peraturan barang impor dan ekspor. Kode ini dibuat secara sistematis

Konsultasi Gratis