Mengapa Ekonomi China Maju? Titik Balik China dan Sebab Kemajuannya

Mengapa Ekonomi China Maju? Titik Balik China dan Sebab Kemajuannya

Saat ini China menjadi salah satu negara di Asia yang memiliki pamor sebagai macannya Asia dengan ekonomi yang baik. China menjadi salah satu negara maju di kawasan ini. Banyak orang kagum atas keberhasilan China dalam membangun dominasi ekonomi. Yang menjadi pertanyaan, mengapa ekonomi China maju seperti yang bisa Anda lihat sekarang ini?

Sejarah Titik Balik China

Sebelum tahun 1978, China menjadi negara yang berideologi komunis. Pada masa-masa itu kekuatan terkuat adalah partai komunis yang pimpinannya adalah Mao. Masa-masa kekuasaan partai komunis di tangannya menjadi masa kelam bagi China.

Pada tahun 1978 dengan kematian dari Mao, merubah wajah China di bawah pimpinan partai komunis yang baru yaitu Deng Xiao Ping. Dia menggagas dan menyerukan reformasi China yang membuat China menjadi negara yang aktif serta terbuka dalam bidang ekonomi.

Kalau ada pertanyaan, mengapa ekonomi China bisa maju, itu karena reformasi yang Deng bawa tersebut. Deng tidak lagi memikirkan apa itu komunis, sosialis, ataupun kapitalis. Dia membawa China pada pandangan baru bahwa apapun ideologinya kalau bisa bisa membawa negara China pada kemajuan dan kemakmuran. Sejak saat itulah mereka mulai membangun ekonomi China hingga raksasa seperti sekarang ini.

Baca Juga : Peluang Usaha Impor dari China untuk Pebisnis

Beberapa Alasan Mengapa Ekonomi China Maju

Seperti itulah awal mulai atau titik balik dari sejarah kemajuan ekonomi China. Ada beberapa penyebab dan alasan yang pasti dari kemajuan mereka seperti yang sekarang Anda saksikan. Antara lain adalah sebagai berikut ini.

1. China Telah Teruji Dalam Sejarah

China pada ribuan tahun yang lalu adalah sebuah wilayah yang mengalami penundukan dan kekuasaan dari banyak kerajaan serta terus bergelut dengan peperangan. Rakyat China sudah terbiasa kalah ataupun menang dan harus secepatnya mengembalikan keadaan menjadi seperti sedia kala. Mereka sudah tertempa oleh sejarah.

2. Terbiasa dengan Persaingan Penyebab Ekonomi China Maju

Dengan jumlah penduduk yang besar, lebih dari 1 milyar jiwa membuat keadaan tentu saja berat. dalam beratnya hidup itu masyarakatnya mengembangkan diri untuk bertahan dan karena itu orang-orang China bisa memiliki banyak keahlian.

Dimanapun mereka bersaing. Dalam bersekolah, bekerja, dan semua bidang mereka saling bersaing. Oleh karena itu, dalam mental orang China hanya ada satu hal yaitu berusaha menjadi lebih baik dari sebelumnya dan orang lain.

3. Mudah dan Cepat Beradaptasi

China menjadi salah satu negara dengan tingkat ekonomi maju yang menakjubkan. Meskipun bukan sebagai pembuat metode, China pada tahun 2013 telah secara menyeluruh menerapkan metode pembayaran yang menggunakan e-payment.

Ini karena China memiliki tingkat adaptasi yang tinggi terhadap lingkungan baru. Hal ini juga dibuktikan dengan adanya Chinatown yang hampir ada di seluruh dunia.

4. Memiliki Kemampuan Memperbaiki Diri yang Cepat

China menjadi salah satu negara yang pemerintahnya sangat tanggap akan isu yang ada di masyarakat. Banyak peraturan yang muncul dengan cepat setelah adanya sebuah insiden tertentu. Misalnya saja ketika polusi udara semakin parah mereka dengan cepat melakukan relokasi industri dan merancang lingkungan yang ramah lingkungan meski tetap mempertahankan industrinya.

Ekonomi China Maju Karena Etosnya!

Pastinya Anda sudah lebih paham mengapa ekonomi China maju. Bukan karena alasan mereka memiliki seluruh sumber daya alam, tetapi pada etosnya. Kini produk China membanjiri pasar dunia. 

Untuk Anda yang butuh barang-barang China bisa kunjungi Blueraycago.id sebagai salah satu importer barang China terbaik. Kami siap membantu kebutuhan Anda mengimpor barang China secara aman, murah, dan terpercaya. Yuk hubungi Kontak BluerayCargo untuk konsultasi dan informasi lainnya!

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Pencarian
Artikel Terbaru
Peraturan Impor Yang Berlaku di Indonesia!

Langkah Mendaftar HS Code Mudah

HS code atau Kode Harmonized System (HS) merupakan daftar klasifikasi barang. HS code sangat menentukan peraturan barang impor dan ekspor. Kode ini dibuat secara sistematis

Konsultasi Gratis