Jangan Keliru! Inilah Perbedaan Pengiriman Reguler dan Cargo

Jangan Keliru! Inilah Perbedaan Pengiriman Reguler dan Cargo

Apakah Anda tahu perbedaan pengiriman reguler dan cargo? Kehadiran jasa ekspedisi memang telah memberikan banyak kemudahan, terutama untu pengiriman barang dengan jarak yang jauh.

Secara umum, terdapat dua jenis layanan pengiriman barang yaitu reguler serta kargo atau cargo. Untuk pengiriman barang dengan berat yang terbatas sesuai wilayah tujuan disebut pengiriman reguler. Sementara itu, pengiriman cargo adalah pengiriman barang dengan muatan yang lebih besar serta jarak yang lebih jauh.

Perbedaan Pengiriman Reguler dan Cargo

Untuk lebih memahami apa saja perbedaan pengiriman reguler dan cargo, Anda bisa menyimak penjelasan berikut.

1. Dari Sisi Pengguna

Perbedaan yang pertama yaitu dari sisi pengguna atau dalam hal ini konsumen. Untuk pengiriman reguler berfokus pada pengiriman barang menuju konsumen sebagaimana umumnya. Akan tetapi, dari berat serta jumlah cukup terbatas.

Pada pengiriman cargo, layanan tersebut akan bekerjasama dengan vendor maupun perusahaan di dalam proses pengiriman barang. Hal ini karena berat serta jumlah barang yang lebih serta memerlukan penanganan khusus.

2. Tarif Pengiriman

Perbedaan keduanya juga terletak pada biaya pengiriman yang harus Anda keluarkan. Mungkin ini perbedaan yang paling terasa bagi orang yang memanfaatkan pengiriman reguler maupun kargo.

Untuk biaya pengiriman reguler, biasanya akan terhitung sesuai dengan berat barang per 1 kg. Sementara pada pengiriman cargo menyesuaikan berat barang per 10 kg. 

Karena ketentuan bobot barang lebih besar, maka pengiriman dengan cargo cenderung lebih murah ketika barang yang Anda kirimkan beratnya lebih dari 10 kg. Sementara jika barang yang Anda kirimkan beratnya tidak sampai 10 kg, maka Anda bisa memilih pengiriman barang dengan opsi reguler.

3. Perbedaan Pengiriman Reguler dan Cargo yaitu Jenis Paketnya

Selain dua perbedaan sebelumnya, perbedaan pengiriman reguler dan cargo juga bisa Anda perhatikan melalui jenis paketnya. Untuk pengiriman reguler, barang yang Anda terima umumnya memiliki ukuran yang kecil sampai sedang. Beratnya juga relatif ringan.

Biasanya untuk barang yang masuk ke dalam kategori ini misalnya makanan, pakaian, gadget, tas, dan barang-barang lainnya yang ukurannya kecil hingga sedang. 

Kemudian untuk pengiriman kargo biasanya merupakan barang dengan jumlah banyak serta berukuran besar. Biasanya barang-barang tersebut berupa mobi, furnitur, motor, bahan pokok, dan lain-lain.

4. Pengemasan Paket

Faktor lainnya yang juga menjadi pembeda di antara pengiriman kargo dan reguler yaitu pengemasan dan packing paket. Karena memiliki ukuran yang kecil, kebanyakan barang dengan pengiriman reguler akan memakai bahan plastik, kardus kecil, bubble wrap, serta paperbag.

Di sisi lain, pengiriman jenis kargo pengemasannya menggunakan kardus, karung, plastik jumbo, peti kayu, dan lain-lain. Inilah yang sekaligus membuat ukuran dari barang yang telah dikemas tersebut lebih besar.

5. Estimasi Pengiriman

Perbedaan selanjutnya yaitu tentang estimasi pengiriman paket. Ini berkaitan dengan perhitungan waktu serta jarak paket diantar sampai ke penerima. Karena melayani paket yang berukuran kecil, maka untuk pengiriman reguler bisa mengirimkan barang secara lebih mudah menuju alamat penerima.

Untuk estimasinya sendiri berlangsung antara satu sampai dengan tiga hari. Pada pengiriman cargo, estimasinya bisa lebih lama yaitu mencapai 14 hari. Rute pengirimannya pun juga mencakup wilayah yang lebih luas sehingga waktu untuk bisa sampai ke tangan konsumen lebih lama.

Sudah Paham Perbedaan Pengiriman Reguler dan Cargo?

Itulah penjelasan seputar beberapa perbedaan pengiriman reguler dan cargo. Jika Anda saat ini memerlukan jasa importir barang China terbaik, kami merekomendasikan Blueraycargo.id. Sebuah jasa ekspedisi yang sudah berpengalaman lebih dari 20 tahun.

Blueraycargo.id menawarkan opsi pengiriman melalu laut dan udara. Proses pengiriman yang mudah serta estimasi waktu relatif singkat membuatnya menjadi jasa importir andalan. Anda bisa menghubungi kontak Blueray untuk informasi selengkapnya. Selamat mencoba!

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Pencarian
Artikel Terbaru
Peraturan Impor Yang Berlaku di Indonesia!

Langkah Mendaftar HS Code Mudah

HS code atau Kode Harmonized System (HS) merupakan daftar klasifikasi barang. HS code sangat menentukan peraturan barang impor dan ekspor. Kode ini dibuat secara sistematis

Konsultasi Gratis