Jenis Pengiriman Barang Cargo Antar Negara, Ini yang Sering Digunakan!

Jenis Pengiriman Barang Cargo Antar Negara, Ini yang Sering Digunakan!

Secara umum, proses pengiriman barang cargo terbagi atas jalur dan transportasi yang digunakan. Untuk pengiriman cargo dari luar negeri seperti dari China biasanya menggunakan transportasi sesuai dengan cakupan wilayahnya. 

Jenis pengiriman barang cargo

Namun biasanya untuk lintas negara menggunakan jalur pesawat atau kapal laut. Untuk lebih jelasnya berikut uraian mengenai jenis pengiriman cargo:

1. Pengiriman Menggunakan Pesawat

Jenis pengiriman barang cargo pertama untuk jalur luar negeri yaitu jalur udara atau pesawat. Jalur ini paling banyak orang pilih karena paling cepat daripada jalur lainnya.

Tidak hanya itu, untuk jenis pengiriman menggunakan pesawat biasanya memiliki ketepatan waktu yang sangat tepat karena adanya jadwal yang teratur. Untuk itulah jalur ini cukup banyak orang pilih untuk pengiriman barang.

Namun kekurangan dari jenis pengiriman ini yaitu dari segi biayanya. Biaya untuk pengiriman cargo ini terbilang mahal daripada jasa pengiriman cargo lainnya. 

Selain itu, pengiriman cargo jalur udara juga kurang cocok untuk Anda gunakan saat musim liburan. Hal ini karena pada saat itu biasanya pengirimannya sangat padat sehingga sering terjadi overload.

Jasa pengiriman cargo via udara ini terbagi menjadi dua jenis yaitu general cargo dan special cargo. Apa bedanya?

General cargo merupakan barang-barang cargo yang biasanya tidak memerlukan penanganan khusus. Namun dalam proses pengirimannya tetap harus memenuhi standar dan persyaratan yang sudah ada agar tetap safety. Adapun contoh barang yang biasanya dikirim yaitu barang-barang keperluan rumah tangga, peralatan olahraga, peralatan kantor, dan lain-lain.

Sedangkan untuk special cargo biasanya barang yang dikirim memerlukan perhatian khusus. Mulai dari segi kontrol suhu, kondisi udara, dan selubung khusus.

Baca Juga : Pahami Bagaimana Cara Import Barang Dari China

2. Pengiriman Menggunakan Kapal Laut

Jenis pengiriman barang cargo selanjutnya yaitu melalui kapal laut. Pengiriman melalui jalur laut cenderung lebih lama jika dibandingkan dengan jalur udara. Sehingga dari segi harganya pun, pengiriman laut cenderung lebih murah daripada dengan pengiriman jalur udara.

Tidak hanya itu, kelebihan dari jalur laut ini yaitu kemampuannya dalam menjangkau pulau-pulau yang bahkan dipisahkan oleh selat perairan. Jadi jenis pengiriman ini sangat cocok untuk diterapkan di Indonesia yang terdiri dari banyak pulau. 

Selain itu, jenis pengiriman ini juga cocok untuk pengiriman barang dalam volume besar dan cakupan yang jauh seperti pengiriman mesin industri antar pulau atau pengiriman alat transportasi dari satu negara ke negara lain. 

Untuk barang yang bisa kapal laut angkut yaitu kendaraan bermotor, pakaian dan peralatan rumah tangga, produk obat-obatan farmasi, kosmetik, makanan dan minuman, serta untuk mengirim barang yang tidak bisa  melalui jalur lainnya seperti bahan kimia dan yang mudah meledak. 

Adapun untuk pengiriman cargo ini umumnya memiliki dua rate yaitu jalur linier dan tramper. Untuk rute linier biasanya ada patokan biaya sesuai dengan tujuannya. Tidak hanya itu, rute ini memiliki jadwal yang tetap sehingga Anda bisa memperkirakan kapan barang Anda akan sampai.

Sedangkan untuk rute tramper memiliki jadwal dan biaya yang berubah-ubah karena berbagai faktor. Sehingga Anda tidak bisa memperkirakan kapan barang Anda akan sampai tujuan.

Sudah Tahu Jenis Pengiriman Cargo Luar Negeri?

Nah setelah mengetahui jenis pengiriman tersebut, Anda tinggal menentukan sendiri untuk menggunakan jenis pengiriman barang cargo yang mana. 

Salah satu jasa importir barang China terbaik yaitu Blueray Cargo. Jasa importir ini sudah banyak digunakan oleh beberapa toko komersil terkenal, bahkan shopee dan tokopedia. Jika Anda ingin bekerja sama juga maka bisa menghubungi Kontak Blueray untuk keterangan lebih lanjut. Selamat mencoba!

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Pencarian
Artikel Terbaru
Peraturan Impor Yang Berlaku di Indonesia!

Langkah Mendaftar HS Code Mudah

HS code atau Kode Harmonized System (HS) merupakan daftar klasifikasi barang. HS code sangat menentukan peraturan barang impor dan ekspor. Kode ini dibuat secara sistematis

Konsultasi Gratis