Istilah dalam Dunia Cargo yang Umum Beserta Penjelasannya

Istilah dalam Dunia Cargo yang Umum Beserta Penjelasannya

Istilah dalam dunia cargo secara umum merujuk pada pengiriman dengan skala yang besar. Pada pengiriman melalui jalur laut, terdpat dua metode yaitu cargo container serta general cargo. Dalam menggunakan metode pengiriman tersebut, Anda harus memahami apa saja persyaratannya.

Di dalam pengiriman kargo, Anda akan menemukan banyak istilah menarik. Anda harus mempelajari serta memahami istilah tersebut, terutama jika Anda memang sering membeli atau mengirim barang dengan metode pengiriman cargo. Istilah tersebut terkait dengan pengiriman serta semua orang yang terlihat di dalam kegiatan ekspedisi.

Istilah dalam Dunia Cargo yang Harus Anda Pahami

Masih banyak orang yang belum paham tentang istilah dalam dunia cargo. Padahal istilah tersebut harus mereka pahami agar mereka paham tentang jenis pengiriman yang mereka pilih.

1. Ekspedisi

Istilah umum yang pertama kami bahas adalah ekspedisi. Menurut KBBI, ekspedisi merupakan pengiriman barang atau perusahaan angkutan barang. Untuk ekspedisi dalam pengiriman kargo biasanya terkait proses pengiriman barang dengan jumlah yang besar serta biayanya cenderung murah.

Memang dari segi arti, ekspedisi merupakan pengiriman barang. Akan tetapi, istilah ini kurang pas jika Anda menggunakannya untuk pengiriman barang berskala kecil, pengiriman dokumen, paket kecil, dan sejenisnya.

Dengan kata lain, istilah ekspedisi ini berlaku untuk pengiriman barang dengan skala yang besar. Beberapa contohnya yaitu mesin pabrik, alat berat, furnitur, material bangunan, produk elektronik, dan lain-lain.

2. Full Container Loaded atau FCL

FCL merupakan pengiriman barang di mana seseorang akan menyewa container secara penuh. Itu artinya, barang yang terdapat di dalam satu container atas nama satu pengirim saja. Lalu bagaimana metode pengirimannya?

Metode pengiriman berupa Full Container Loaded memiliki dua jenis yaitu 20 feet serta 40 feet. Layanan FCL ini biasanya akan dipilih ketika seseorang atau perusahaan ingin mengirimkan barang dalam jumlah yang besar.

Terdapat beberapa faktor mengapa banyak yang merekomendasikan pengiriman dengan metode FCL. Pertama, kapasitas container mampu memuat barang dengan jumlah yang banyak. Selain itu, FCL juga solusi untuk barang yang memerlukan perlakuan khusus.

3. Less Container Load (LCL)

Istilah dalam dunia cargo berikutnya adalah Less Container Load atau LCL. Sebuah istilah yang merujuk pada pengiriman dengan 1 container yang terisi lebih dari satu jenis barang. Bisa juga satu barang namun berasal dari beberapa pengirim.

Pada saat customer akan mengirimkan barang dalam skala kecil, maka dia akan bergabung dengan customer yang lainnya. Untuk istilah LCL ini sesuai dengan istilah International Standard Operation atau ISO khusus pada muatan yang isinya barang dari lebih dari satu pelanggan baik importir maupun eksportir.

Baca Juga : Jenis Container untuk Kegiatan Logistik, Apa Saja Bedanya?

4. Door To Door Services

Door to Door Services merupakan layanan pengiriman secara praktis. Jasa ekspedisi yang bertugas menjemput barang lalu mengirimkannya secara langsung ke penerima sesuai alamatnya. Ketika Anda memutuskan menggunakan layanan ini, maka Anda tidak perlu repot dengan prosedur terkait proses pengiriman.

Anda cukup mengeluarkan biaya ongkos kirim ketika penjemputan barang. Setelah itu, tinggal menunggu sampai ada konfirmasi bahwa barang sudah sampai ke penerima.

Sudah Paham Apa Saja Istilah Umum dalam Dunia Cargo?

Itulah beberapa istilah dalam dunia cargo yang umum digunakan. Tentu masih banyak istilah lainnya yang belum kami sebutkan. Bagi yang saat ini membutuhkan jasa importir barang China terbaik, kami menawarkan Blueraycargo.id.

Sebuah jasa importir yang sudah berpengalaman selama lebih dari 20 tahun. Bluecargo.id melayani pengiriman barang baik melalui jalur laut maupun udara. Proses pengirimannya berlangsung mudah serta cepat. Silakan menghubungi kontak Blueray untuk informasi selengkapnya, ya. Selamat mencoba!

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Pencarian
Artikel Terbaru
Peraturan Impor Yang Berlaku di Indonesia!

Langkah Mendaftar HS Code Mudah

HS code atau Kode Harmonized System (HS) merupakan daftar klasifikasi barang. HS code sangat menentukan peraturan barang impor dan ekspor. Kode ini dibuat secara sistematis

Konsultasi Gratis