Produk China Vs Jepang, Pilih yang Mana?

Produk China Vs Jepang, Pilih yang Mana?

Baik produk China vs Jepang, keduanya adalah negara manufaktur yang besar. Masing-masing produk memiliki citra dan kualitas yang berbeda. Misalnya saja, kini mobil buatan China mulai mengejar mobil buatan Jepang serta kualitasnya sudah makin membaik. 

Akan tetapi, jika diberi pilihan, kebanyakan orang cenderung lebih memilih produk buatan Jepang daripada produk buatan China karena stigma masyarakat terhadap produk China yang kurang baik. Jadi, sebenarnya produk mana yang lebih unggul? Simak ulasannya melalui artikel di bawah in, ya!

Pergeseran Stigma Masyarakat Tentang Produk Buatan China

Rasanya, stigma bahwa kualitas produk China itu buruk sudah menyebar di masyarakat luas. Itu karena banyak berita yang bermunculan tentang kualitas yang buruk dari produk buatan China, terutama dalam hal makanan. Mulai dari beras plastik, telur yang mengandung melamin, dan sebagainya. 

Kabar tak menyenangkan juga datang dari produk mainan anak-anak, yakni telah ditemukan mengandung kadar timbal yang tinggi. Selain itu, cat untuk mewarnai mainan dan sebagian besar petasan produksi China bahkan tidak lulus inspeksi keamanan produk.

Inilah yang menimbulkan kekhawatiran dalam masyarakat dan akhirnya muncullah stigma tersebut. Tak hanya itu, budaya bisnis China juga memainkan peran besar dalam sifat dan kualitas produk mereka. 

Produsen China lebih senang menghasilkan produk berkualitas murah karena mereka ingin menangkap pasar konsumen yang berpikir bahwa mereka tidak mampu membayar untuk produk berkualitas tinggi. Apalagi di dunia yang serba cepat ini, kebanyakan orang lebih sering membuang produk setelah cukup lama menggunakannya.

Tak lama kemudian, mereka akan membeli produk baru yang memiliki fitur lebih baik daripada produk lawas. Namun, kini stigma masyarakat akan kualitas buruk dari produk buatan China perlahan memudar.

Itu karena kenyataannya, kualitas tidak ada hubungannya dengan negara asal atau etnis pekerja produksi. Kualitas produk semata-mata merupakan fungsi dari kualitas manajemen di pabrikan dan kemampuan produsen memahami kebutuhan pelanggan mereka.

Dan lagi, tidak semua produk yang keluar dari China berkualitas buruk. Contohnya, ponsel Apple produksi China dianggap sebagai salah satu produk teknologi berkualitas paling unggul di dunia. 

Tidak hanya terbatas pada ponsel, China juga sedang mengembangkan produk-produk berkualitas tinggi dalam teknologi drone dan kereta api berkecepatan tinggi. Begitu juga dalam hal otomotif, terutama mobil buatan China yang kualitasnya tidak bisa diremehkan dan mampu bersaing dengan mobil keluaran Jepang.

Menariknya lagi, pabrikan China tak ragu untuk mematok harga lebih murah dibandingkan produk Jepang agar pelanggan mereka bisa mendapatkan produk yang kualitasnya bisa menandingi produk Jepang.

Jadi, Lebih Baik Mana Produk China Vs Jepang?

Sebagaimana Anda ketahui bahwa stigma masyarakat terhadap kualitas produk China kini sudah tak seburuk yang dulu. Berikut ini beberapa aspek keunggulan yang membuat produk China kini bisa bersaing dengan produk buatan Jepang:

1. Kualitas Sepadan dengan Harga

Banyak orang yang dulu beranggapan bahwa produk China cenderung lebih mudah rusak karena harganya yang murah. Namun, sekarang, kualitas produknya, seperti smartphone dan mobil, sudah makin jauh membaik namun dengan harga yang masih terjangkau.

2. Desain dan Fitur

Selain itu, produk keluaran China kini makin mampu memikat hati konsumen karena memang menggoda dari segi desain dan fiturnya. Sebagai contoh, mobil Wuling keluaran China memiliki fitur melimpah dengan harga murah untuk meningkatkan brand image.

Nah, itulah beberapa ulasan mengenai produk China vs Jepang yang perlu Anda ketahui sebelum membuka bisnis jual barang impor. Semoga dengan membaca artikel ini, Anda bisa lebih yakin bahwa kualitas produk China ternyata tak kalah saing dengan produk Jepang.

Lantas, di mana Anda bisa mendapatkan alamat gudang China untuk memulai bisnis Anda? Kunjungi website Blueraycargo.id yang sudah puluhan tahun menjadi andalan para pebisnis produk impor dan pedagang grosir di toko offline maupun online.

Anda bisa mendapatkan alamat gudang China secara gratis, mudah, cepat, tanpa biaya member, dan tanpa seminar. Yuk, hubungi Kontak Blueray Cargo sekarang juga untuk melakukan konsultasi kerjasama. Semoga sukses!

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Pencarian
Artikel Terbaru
Peraturan Impor Yang Berlaku di Indonesia!

Langkah Mendaftar HS Code Mudah

HS code atau Kode Harmonized System (HS) merupakan daftar klasifikasi barang. HS code sangat menentukan peraturan barang impor dan ekspor. Kode ini dibuat secara sistematis

Konsultasi Gratis