.

Aneka Oleh-Oleh Khas China yang Unik dan Spesial

Tahukah Anda bahwa tempat wisata di China ternyata sangat terkenal di kalangan masyarakat Indonesia yang suka melancong? Tidak cuma tempat wisatanya saja, melainkan juga oleh-oleh yang dapat Anda bawa pulang. Mau tahu contoh oleh-oleh khas China yang paling mendunia? Simak artikel berikut ini.

KEY TAKEAWAYS
– China menawarkan banyak sekali hal-hal menarik mulai dari kulturnya, keindahan alamnya, kenikmatan kulinernya, hingga keunikan barang-barang buatannya.
– Beberapa jenis barang dari China memiliki ciri khas unik yang membuat wisatawan tertarik untuk membelinya sebagai oleh-oleh.
– Negeri Tirai Bambu sangat terkenal sebagai produsen barang murah. Namun, untuk mendapatkan oleh-oleh murah dan berkualitas diperlukan usaha cukup keras serta kemampuan tawar-menawar.

7 Macam Oleh-Oleh Khas China Terbaik untuk Anda

Setiap tempat wisata tentu memiliki serangkaian cenderamata yang dapat pengunjungnya bawa pulang. Begitu pula dengan Negeri Tirai Bambu ini dengan segala jenis pernak-perniknya. Mau tahu apa saja cendera mata asli China yang cocok untuk Anda? Simaklah pembahasan berikut ini.

1. Sumpit Asli China

Ilustrasi Sumpit Asli China

Oleh-oleh khas China yang pertama adalah sumpit buatan tangan yang memiliki hiasan seperti kaligrafi Mandarin maupun ganbar-gambar cantik. Mengapa sumpit buatan China bisa menjadi cendera mata spesial? Sebab orang-orang di negeri ini percaya jika sumpit ialah alat pemanjang kebaikan bagi pemiliknya.

Tidak hanya itu, satu set cendera mata ini dapat memuat hingga lima pasang sumpit. Itu artinya si pembuat sumpit ingin agar pembelinya bisa memanjangkan harapan, kebahagiaan, dan cita-citanya. Adapun aspek positif lainnya semisal cinta dan kerendahan hati yang diharapkan datang dari koleksi sumpit itu.

Bahan baku untuk membuat barang ini adalah batang bambu yang telah dihaluskan. Rata-rata harga cendera mata sumpit di China adalah 10 Yuan, atau sekitar Rp21.000,00 jika Anda konversikan ke mata uang rupiah. Meskipun begitu, harganya bisa saja lebih tinggi atau lebih rendah tergantung dari tingkat kualitasnya.

2. Kain Sutra China

Bagi kaum wanita, busana berbahan sutra boleh jadi merupakan barang incaran setiap kali berbelanja. Untungnya, ada oleh-oleh khas China berupa kain sutra berkualitas tinggi yang cocok untuk Anda olah menjadi busana cantik. Warnanya pun beraneka ragam. Kendati begitu, warna merah tergolong umum Anda temukan.

Satu gulung kain sutra China yang jenisnya umum dapat dihargai senilai 450 Yuan atau setara dengan Rp950.000,00. Bagi Anda yang ingin membeli kain sutra berkualitas paling bagus, siap-siap merogoh uang sampai 1.500 Yuan (Rp3.177.500,00) atau bahkan lebih.

3. Makanan Laut Kering

Jika Anda berkunjung ke wilayah Hainan di negeri ini, ada oleh-oleh khas Hainan China berupa seafood atau makanan laut. Hanya saja, produk kuliner yang satu ini sudah diolah menjadi makanan kering yang renyah dan lezat. Tujuannya adalah untuk menjaga seafood tersebut agar tahan lama dan layak makan.

Memangnya apa saja makanan laut kering yang dapat Anda temukan di Kota Hainan? Contohnya adalah cumi-cumi, gurita, ikan bawal, dan ikan tuna yang semuanya dijual dalam keadaan kering dan gurih. Anda tidak usah takut kehabisan uang, sebab harga seafood ini cukup murah, sekitar 40 Yuan atau Rp84.700,00.

Baca Juga: 8 Buah Khas China yang Segar dan Kaya Nutrisi

4. Kipas Tangan

Ilustrasi Kipas Tangan Khas China

Kipas tangan dari bambu juga sering menjadi cendera mata yang identik dengan kaum wanita. Bagi Anda yang menginginkan oleh-oleh khas China seperti kipas tangan, Anda dapat menemukannya dengan mudah di banyak lokasi wisata. Ukurannya cukup beragam, mulai dari yang mini hingga yang besar dan megah.

Cendera mata kipas tradisional ini mempunyai motif yang banyak sekali, contohnya burung bangau, naga, dan bahkan pohon bonsai. Kebanyakan kipas tradisional China terbuat dari bambu, sama seperti sumpitnya, meskipun ada yang menggunakan bahan plastik atau aluminium.

Apabila Anda hendak membeli sebuah oleh-oleh yang harganya ramah dompet, kipas tradisional ini bisa menjadi pilihan Anda. Satu set kipas tangan China memiliki harga kurang lebih 25 Yuan atau Rp52.950,00. Namun harga tersebut bisa saja lebih tinggi atau rendah.

5. Perhiasan Batu Giok

Ilustrasi Perhiasan Batu Giok

Anda mungkin lebih sering melihat perhiasan yang bahan bakunya dari batu giok dalam film-film silat asal China. Ternyata, perhiasan batu giok yang betulan pun tersedia sebagai oleh-oleh khas China yang banyak orang cari. Giok tersebut bisa berupa cincin, kalung, dan gelang yang warnanya mengkilap.

Tentu saja, batu giok asal Negeri Tirai Bambu yang dapat menjadi cendera mata ini tidak boleh yang sembarangan. Batu-batu mulia berwarna hijau muda ini akan menjalani proses pemahatan dan penghalusan yang sangat terperinci untuk menghasilkan perhiasan bernilai tinggi.

Mari ambil contoh berupa cincin batu giok besar yang harganya antara 45 Yuan (Rp95.400,00) sampai 70 Yuan (Rp148.400,00). Kemudian ada kalung atau liontin batu giok dengan harga 25 Yuan (Rp53.000,00) sampai dengan 47 Yuan (Rp99.600,00).

6. Hiasan Keramik

Satu lagi oleh-oleh khas Hainan China adalah aneka hiasan dan dekorasi rumah yang terbuat dari bahan keramik. Contoh dari cendera mata keramik hias tersebut ialah guci, piring kecil, dan kendi hiasan bermotif naga. Ada pula gelas-gelas cantik dan vas bunga dengan ukiran huruf-huruf mandarin di sekelilingnya.

Cendera mata tersebut ada yang ukurannya kecil sehingga bisa Anda pajang di tembok. Adapun ukuran yang lebih besar perlu tempat menyimpan yang luas. Meskipun hiasan keramik ini tampak mempunyai nilai guna, kebanyakan orang hanya menjadikan keramik hias ini sebagai dekorasi saja.

Harga oleh-oleh keramik ini bisa bervariasi; yang paling murah bisa sekitar 65 Yuan atau Rp137.800,00 atau lebih rendah. Sementara itu, harga keramik hias yang motifnya rumit dan berkualitas tinggi bisa mencapai 1.200 Yuan atau Rp2.543.900,00.

7. Cangkir Teh

Di bagian terakhir, oleh-oleh khas China yang tak boleh Anda lewatkan yaitu koleksi cangkir tradisional untuk minum teh. Satu set cangkir minum ini dapat memuat sekitar lima cangkir yang terbuat dari kayu ukir atau keramik. Selain itu, ada juga sebuah poci teh yang bahannya dari kayu, keramik, atau kaca.

Ingat, orang China memiliki budaya upacara minum teh yang mereka anggap sakral. Karena upacara kebudayaan ini tidak boleh mereka lakukan secara sembarangan, wadah minum tehnya juga harus yang terbaik. Itulah sebabnya mengapa set cangkir teh ini dapat menjadi cendera mata spesial.

Koleksi cangkir teh asli dari China memiliki sekurang-kurangnya dua ciri khusus. Ciri yang pertama ialah adanya motif mandarin yang terlihat jelas. Sedangkan yang kedua yaitu cangkir-cangkir tersebut jumlahnya selalu ganjil, bukan genap.

Baca Juga: 7 Tempat Wisata China Terpopuler yang Wajib Anda Kunjungi

Sudah Tahu Apa Oleh-Oleh Khas China yang Anda Inginkan?

Dan itulah penjelasan tentang cendera mata asli dari Negeri Tirai Bambu yang cocok untuk Anda bawa pulang sehabis melancong. Apakah Anda perlu jasa pengiriman barang dari China? Jangan sungkan untuk menggunakan layanan perusahaan BlueRay Cargo yang selalu siap untuk Anda.

Mereka sanggup melayani bisnis ekspor dan impor dari banyak negara di Asia Timur. Selain itu BlueRay Cargo juga dapat mengirimkan barang dengan cepat, aman, dan tuntas.

Rekan bisnis BlueRay Cargo pun ada banyak sekali, mulai dari Shopee, Tokopedia, hingga pedagang grosiran di pasar-pasar besar. Ditambah pula dengan pengantaran barang yang bisa melalui kapal laut dan penerbangan. 

Jika ada keperluan pengiriman barang dari China, tak perlu sungkan untuk menghubungi kontak BlueRay Cargo.

Facebook
Twitter
LinkedIn