.

8 Buah Khas China yang Segar dan Kaya Nutrisi

Hampir semua orang pasti suka mengonsumsi buah karena rasanya yang enak dan segar. Setiap jenis buah juga memiliki kandungan vitamin dan nutrisi penting untuk kesehatan tubuh, loh. Perdagangan internasional yang semakin maju membuat Anda bisa mengonsumsi buah dari berbagai negara seperti buah khas China.

Tanpa Anda sadari, banyak buah-buahan khas Negeri Tirai Bambu yang ada di Indonesia. Bahkan, petani Indonesia banyak yang mencoba membudidayakannya agar bisa memenuhi kebutuhan konsumen buah di Indonesia. Namun, kondisi tanah dan letak geografis mungkin bisa membuat rasanya sedikit berbeda.

KEY TAKEAWAYS
– Buah dari China terkenal sangat enak dan eksotis.
– Beberapa buah dari China memiliki bentuk dan tampilan yang unik. Meski begitu, di dalamnya terkandung nutrisi tertentu yang baik untuk kesehatan tubuh.
– Salah satu buah khas China adalah leci (berasal dari Guangdong, Yunnan, dan Fujian). China sendiri merupakan pemasok buah leci terbesar di dunia.

Daftar Buah Khas China dan Manfaatnya bagi Kesehatan

Di bawah ini merupakan sederet buah asal China dan sebagian buah berikut mungkin sering Anda konsumsi:

1. Nangka

alodokter.com

Anda pasti pernah mengonsumsi buah nangka, kan? Buah dengan ukuran sangat besar dan berwarna kuning ini memiliki aroma harum yang khas. Nangka ternyata adalah buah asal China dan tumbuh subur di tanah Indonesia.

Kandungan nutrisi pada buah nangka sangat baik untuk saluran pencernaan karena mengandung prebiotik alami. Selain itu, nangka juga mengandung vitamin lainnya seperti potassium, tembaga, vitamin C, dan mangan. 

Anda bisa mengonsumsi buah khas China ini secara langsung atau menggunakannya sebagai isian es campur. Buah ini juga bisa untuk campuran kolak pisang sehingga dapat memberikan aroma yang khas.

2. Srikaya

halodoc.com

Siapa sangka kalau srikaya juga merupakan buah khas China. Buah dengan rasa manis dan memiliki banyak biji ini bisa Anda gunakan untuk selai roti. Hampir semua orang menyukai buah ini karena memiliki rasa manis alami dan daging buah yang lembut.

Manfaat srikaya untuk kesehatan tidak hanya melancarkan saluran cerna, namun juga menjaga kesehatan jantung. Hal ini karena srikaya mengandung vitamin C yang tinggi, potassium, dan riboflavin. Rajin mengonsumsi srikaya juga bisa menjaga kekebalan imun dan menurunkan risiko kanker.

3. Leci

alodokter.com

Anda sering mengalami masalah sembelit saat buang air besar? Coba mulai rutinkan mengonsumsi buah leci agar buang air besar lancar. Leci juga merupakan buah yang berasal dari Negeri Tirai Bambu. Buah yang kerap dijadikan sirup ini memiliki rasa asam manis yang segar.

Tingginya kandungan antioksidan yang ada pada buah ini bisa meningkatkan daya tahan tubuh dan memelihara kesehatan jantung. Anda yang sedang menjalani diet juga cocok mengonsumsi leci karena bisa menurunkan berat badan.

Manfaat lain yang akan Anda peroleh jika rutin mengonsumsi leci yaitu menurunkan risiko osteoporosis, menjaga kesehatan jantung, dan menurunkan risiko kanker. 

4. Kumquat

plantura.garden

Buah khas China berikutnya yaitu kumquat yang tampilannya sekilas mirip dengan jeruk. Kumquat juga memiliki kandungan air yang tinggi sehingga memberikan kesegaran saat dikonsumsi. Untuk mengonsumsi buah dengan bentuk lonjong ini, Anda bisa membelahnya menjadi dua dan memeras sarinya.

Tak hanya mengandung antioksidan, buah ini juga mengandung anti inflamasi. Kandungan vitamin C dan antioksidan pada buah ini juga efektif menangkal radikal bebas dan memelihara kesehatan jantung. Kumquat juga mengandung senyawa alami lainnya seperti flavonoid, minyak esensial, dan fitosterol.

5. Bayberry

bolong.id

Buah khas China yang agak susah Anda temukan di tempat lain yaitu bayberry. Sekilas, penampilan buah ini mirip dengan leci dengan bentuk bulat dan warna kulit merah. Bentuk daging buah ini seperti serat-serat kecil dan memiliki satu biji besar di dalamnya.

Orang-orang China banyak menggunakan buah ini untuk pengobatan tradisional karena efektif meredakan diare, batuk, pilek, sakit kuning, bahkan meredakan pendarahan rahim. Anda juga bisa mengonsumsi buah ini untuk menjaga kesehatan mata dan kulit karena tinggi kandungan vitamin A, C dan E.

Bagi Anda yang sedang menjalani program kehamilan atau bahkan sedang hamil, bisa mengonsumsi buah ini secara rutin. Hal ini karena bayberry memiliki kandungan folat yang tinggi. Anda bisa mengkonsultasikan hal ini dengan dokter terlebih dahulu agar lebih aman.

6. Tangan Buddha

bibliotika.com

Anda mungkin jarang melihat buah tangan buddha di Indonesia. Buah ini masih dari keluarga jeruk namun memiliki bentuk yang unik seperti mempunyai beberapa jari. Tangan buddha hanya memiliki daging buah yang sangat sedikit sehingga orang jarang mengonsumsinya secara langsung.

Buah dengan aroma khas ini lebih umum digunakan sebagai campuran salad atau pelengkap masakan. Aroma khas dari kulit buah ini bisa mengurangi rasa amis pada ikan atau daging lainnya. Selain itu, tangan buddha juga memiliki rasa asam sehingga sering digunakan sebagai tambahan pada es krim, yoghurt, atau pembuatan permen.

Aroma tangan buddha yang merupakan buah khas China ini juga sering digunakan sebagai pengharum ruangan alami. Ruangan yang pengap akan terasa lebih segar dengan aroma kulit buah unik ini.

7. Loquat

gardeningnowhow.com

Anda pasti tahu buah plum, kan? China juga memiliki buah loquat yang sering disebut dengan plum China. Jika umumnya buah plum memiliki warna kulit merah gelap, namun loquat memiliki warna kuning cerah. 

Sebenarnya, loquat ini lebih mirip dengan buah aprikot. Loquat buah khas China ini memiliki rasa yang manis dan tekstur sedikit kenyal seperti buah plum. Pada daging buah loquat terdapat banyak beta karoten yang tinggi dan memiliki manfaat baik untuk kesehatan. Kandungan nutrisi lain pada buah ini yaitu kalium, vitamin A, B-6, dan serat.

Jika Anda rajin mengonsumsi buah ini dengan porsi yang tepat, maka akan mendapatkan manfaat seperti terhindar dari risiko diabetes, aliran darah lancar, berat badan terkontrol, dan mengontrol tekanan darah.

8. Hawberry

depositphotos.com

Buah asal China lainnya yang juga tinggi dengan kandungan antioksidan yaitu hawberry. Hawberry memiliki bentuk bulat-bulat kecil dengan warna merah. 

Meskipun belum ada hasil penelitian secara resmi, namun hawberry dipercaya dapat menurunkan kolesterol. Dengan kata lain, buah ini bisa Anda konsumsi untuk melindungi kesehatan jantung.

Buah dengan ukuran kecil ini juga memiliki manfaat besar untuk kesehatan karena mengandung antitumor dan anti inflamasi. Agar mendapatkan manfaat baik dari buah ini, pastikan Anda mengonsumsinya sesuai dengan batas wajar. 

Tertarik Jualan Buah Khas China?

Setelah mengetahui segudang manfaat dari buah-buahan dari China di atas, Anda bisa menjadikan hal ini sebagai peluang usaha jualan buah. Masyarakat memerlukan buah setiap hari dan sama halnya dengan sayuran untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian. Untuk mendatangkan buah tersebut, Anda bisa menggunakan jasa BlueRay Cargo.

BlueRay Cargo adalah jasa importir barang-barang dari China dengan pengalaman lebih dari 20 tahun. Lantas, mengapa harus memilih jasa kargo ini? Blueray Cargo melayani konsumen secara profesional sehingga selalu berusaha mengirimkan barang dengan cepat dan tepat waktu.

Selain itu, ongkos pengiriman juga lebih terjangkau sehingga Anda tetap bisa meraup untung dari barang impor yang akan Anda jual. Jika menggunakan layanan ini, Anda tidak perlu repot lagi mengurus izin dan bisa mendapatkan garansi pengiriman. Mau dapatkan buah khas China untuk jualan? Silakan hubungi kontak Blueray Cargo.

Facebook
Twitter
LinkedIn