.

Apa Itu Fulfillment? Ini Penjelasan, Keuntungan, dan Alur Kerjanya

Apa Itu Fulfillment Ini Penjelasan, Keuntungan, dan Alur Kerjanya

Ketika bisnis e-commerce semakin berkembang, satu hal yang juga ikut berkembang adalah fulfillment. Fulfillment adalah sebuah tempat penyimpanan barang atau produk sementara untuk dikelola oleh pihak gudang. Jasa fulfillment di Indonesia juga sudah banyak saat ini.

Sederhananya, fulfillment merupakan tempat yang digunakan oleh pelaku bisnis untuk menyimpan barang, memproses bila ada pesanan, sampai melakukan pengantaran. Ini merupakan salah satu metode penyimpanan baru yang berkembang belakangan ini.

KEY TAKEAWAYS

Fulfillment adalah sebuah jasa pengelolaan barang yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan konsumen.
– Perbedaan utama antara jasa fulfillment dan warehouse adalah pada manajemen stok barang.
– Salah satu tujuan penggunaan fulfillment adalah efektivitas biaya dan juga sistem kerja.
– Alur kerja fulfillment dimulai dari penyediaan barang, pengelolaan, pengemasan, dan juga pengiriman.

Pengertian Fulfillment

Fulfillment adalah sebuah jasa penyimpanan barang atau produk yang nantinya barang atau produk tersebut akan dikelola oleh pihak penyedia jasa tersebut. Pihak penyedia jasa bertanggung jawab dalam pengemasan dan proses kirim ke pemesan.

Secara garis besar, fulfillment adalah sebuah jasa yang mencakup rangkaian proses pemenuhan pesanan untuk para konsumen. Jasa ini sendiri bersifat back office operation, karena kegiatannya yang seluruhnya berlangsung di area pergudangan.

Keuntungan Fulfillment

Salah satu masalah besar dalam bisnis online adalah pemilik perlu menyediakan waktu dan tempat yang cukup banyak. Demi memenuhi proses penerimaan order, penyimpanan barang, sampai dengan proses pengiriman. Di sinilah peran dari jasa fulfillment Indonesia akan sangat memberikan kamu keuntungan berikut ini:

1. Efisiensi Biaya

Dalam skala bisnis lebih besar, maka semua proses bisnis, mulai dari pemesanan sampai pengiriman ke konsumen akan membutuhkan banyak tenaga. Lebih banyak tenaga, tentunya lebih banyak uang yang diperlukan.

Dengan menggunakan jasa fulfillment, maka kamu bisa berhemat banyak uang untuk masalah ini. Nantinya, kamu hanya tinggal membayar jasa fulfillment untuk mengatasi masalah penyimpanan barang dan proses bisnis lainnya.

2. Proses Back Office Lebih Terkendali

Ketika pesanan mulai banyak, mungkin kamu akan kerepotan untuk memenuhi semua pesanan tersebut, jika proses bisnis kamu lakukan sendiri. Dengan menggunakan jasa fulfillment, maka hal tersebut bisa terhindari.

Ilustrasi Kerja Jasa Fulfillment

Kamu bisa fokus untuk mencari pelanggan dan juga memenuhi stok yang kamu butuhkan. Urusan proses bisnis dan juga back office operation lainnya bisa dilakukan oleh orang lain. Hal ini akan membuat semua proses menjadi lebih teratur dan terkendali.

3. Efektifitas Pengembangna Usaha

Hal lainnya yang juga menjadi ungsi dari fulfillment adalah kamu bisa fokus pada urusan seperti mengembangkan usaha, mencari lebih banyak konsumen, ataupun mencari supplier yang lebih baik.

Kamu tidak perlu pusing untuk memikirkan apakah produk yang tersimpan masih bagus, apakah proses kirim sudah dilakukan semua, serta proses di area pergudangan lainnya. Sebab, semua kegiatan tersebut sudah dihandle oleh orang yang juga berpengalaman.

Alur Fulfillment dalam Bisnis

Sebagai gambaran, berikut adalah alur dan juga proses bagaimana penyedia jasa ini melakukan pekerjaan:

1. Pemenuhan Stok Barang 

Alur pertama yang akan dilakukan oleh jasa fulfillment adalah pemenuhan stok barang. Masalah pemenuhan stok barang ini sendiri akan berkaitan dengan berapa banyak jumlah pesanan dari bisnis yang kamu punya.

Saat ini, beberapa penyedia jasa fulfillment Indonesia sudah menyediakan sistem picking up untuk setiap barang. Artinya, kamu hanya tinggal menunggu barang jualan kamu dijemput untuk masuk ke gudang.

2. Pengelolaan Barang

Alur selanjutnya yang akan dilakukan oleh jasa fulfillment adalah melakukan pengelolaan barang. Ini merupakan proses penting untuk mengatur, menjaga, dan merawat stok barang yang ada di gudang.

Hal paling penting dalam proses ini adalah melakukan stock management dengan baik. Hal ini akan membuat ketersediaan barang terlihat dan terhitung dengan jelas. Tentu saja, hal ini juga akan berkaitan dengan kebutuhan ketika akan melakukan restock.

Dalam hal pengelolaan barang ini juga kamu akan melakukan kalkulasi tentang skala prioritas. Termasuk mana barang yang paling laku, mana barang yang membutuhkan perawatan khusus, dan lainnya.

3. Pengemasan

Ilustrasi Proses Pengemasan

Alur selanjutnya yang akan dilakukan fulfillment adalah melakukan pengemasan. Tentunya pengemasan ini akan dilakukan ketika ada orderan yang masuk. Masalah pengemasan ini juga tentunya akan mengikuti prosedur yang ada.

4. Pengiriman

Setelah melakukan pengemasan, maka alur terakhir adalah melakukan pengiriman. Masalah pengiriman ini umumnya penyedia jasa akan bekerja sama dengan pihak ekspedisi tertentu.

Model Fulfillment Indonesia

Semakin banyak pelaku bisnis di era digital, hal ini juga sejalan dengan semakin banyaknya penyedia jasa fulfillment. Saat ini, setidaknya ada lima model fulfillment yang penggunaannya banyak, yaitu:

1. Engineer to Order

Dalam model yang satu ini, maka pemenuhan produk akan dibuat sesuai dengan spesifikasi yang diminta pelanggan. Pihak penyedia jasa akan benar-benar memperhatikan apa yang konsumen inginkan.

2. Make to Order

Dalam model ini, pemilik bisnis hanya akan melakukan proses produksi ketika sudah menerima konfirmasi pesanan dari konsumen. Artinya, konsumen sudah setuju untuk menunggu produsen dalam melakukan proses produksi tersebut.

3. Assemble to Order

Model ini akan membagi produksi ke dalam dua bagian. Pertama, memproduksi komponen untuk memastikan ketersediaan stok. Kedua, proses perakitan. Proses produksi komponen akan dilakukan terus sampai stok terpenuhi. Sementara perakitan hanya akan dilakukan ketika sudah menerima pesanan.

Proses perakitan sendiri hanya akan memasang komponen tadi berdasarkan rangkaian atau modul yang sudah ada. Dalam proses ini, maka pengadaan bahan baku dan proses produksi pengerjaannya ketika sudah ada pesanan.

4. Make to Stock

Pada model ini, semua produk sudah selesai proses produksinya, meskipun tidak ada pesanan. Produk ini nantinya akan tersimpan dan akan mengisi stok inventory. Tujuan cara ini adalah agar konsumen tidak terlalu lama menunggu.

5. Digital Copy

Model terbaru yang penggunaan mulai banyak saat ini di fulfillment Indonesia adalah digital copy. Nantinya, konsumen akan mendapatkan salinan digital copy yang mereka dapatkan dengan mendownload.

Butuh Jasa Pengiriman dari China?

Sebelum memasukkan barang ke dalam gudang penyedia layanan jasa fulfillment, bagi kamu yang memiliki bisnis jualan barang impor dari China pasti akan membutuhkan jasa pengiriman terpercaya. Maka, Blueraycargo merupakan solusinya. 

Blueraycargo adalah salah satu perusahaan jasa pengiriman China-Indonesia terbaik dan pengalaman selama puluhan tahun. Unggul dengan layanan pengiriman via laut maupun udara dalam waktu cepat. Sehingga, kamu tidak perlu takut akan kehabisan stok barang di gudang fulfillment.

Selain itu, Blueraycargo juga mengusung sistem satu harga yang akan membantu kamu dalam mencari supplier dari China, menterjemahkan bahasa, dan urusan impor barang lainnya. Jika kamu tertarik untuk menggunakan jasa Blueraycargo, maka kamu bisa menghubungi kontak Blueraycargo sesegera mungkin.

Tertarik Menggunakan Jasa Fulfillment?

Jadi, fulfillment adalah jasa penyimpanan barang sekaligus mengurus pengemasan dan pengirimannya ke konsumen bisnis kamu. Jasa ini membuat kamu lebih hemat, membantu manajemen back office, serta lebih efektif saat ingin mengembangkan usaha. Jadi, apakah kamu tertarik untuk menggunakan layanannya?

Facebook
Twitter
LinkedIn