.

5 Tips Aman Belanja di Jastip Tiongkok

Saat liburan ke Tiongkok, orang-orang akan memanfaatkan kesempatan tersebut untuk belanja. Kondisi ini lantaran harga barang di sana cenderung lebih murah. Selain belanja untuk keperluan sendiri, mereka biasanya juga membuka jastip Tiongkok. Jastip atau jasa titip adalah cara belanja dengan menggunakan pihak ketiga.

KEY TAKEAWAY

– Jastip Tiongkok adalah layanan jasa titip belanja barang-barang asal Tiongkok, seperti kosmetik, baju, kebutuhan fashion atau barang elektronik.
– Ketahui cara belanja menggunakan jastip yang aman agar mendapatkan barang sesuai pesanan. 
– Buka usaha Jastip sendiri bisa menjadi peluang bisnis menjanjikan.
– Pilih jasa kargo yang menawarkan layanan door to door, agar lebih praktis dan efisien.

5 Tips Belanja Aman dengan Jastip Tiongkok

Tingginya minat masyarakat terhadap layanan titip belanja ini, membuat banyak orang memanfaatkannya sebagai ladang usaha. Nah, supaya kamu bisa belanja lebih aman, yuk, ikuti tips titip belanja berikut:

1. Cari Akun Media Sosial

Penyedia jasa titip belanja pasti menggunakan media sosial untuk menawarkan jasanya. Jika kamu ingin membeli barang dari Tiongkok, maka pastikan mencari akun yang memberikan layanan jastip Tiongkok. Hal ini akan membuat calon pengguna jasa lebih mudah untuk mengetahui barang apa saja yang bisa mereka tawarkan.

Memeriksa dan melihat-lihat sosial media penyedia jasa titip belanja juga memungkinkan kamu untuk melihat koleksi foto atau video barang tersebut. Bahkan, penyedia jasa titip belanja juga melayani video call dengan konsumen, sehingga bisa mengetahui kondisi dan fisik barang lebih jelas.

2. Order Barang

Apabila setelah melihat-lihat media sosial pemilik jastip kamu merasa layanan tersebut kredibel, maka bisa melakukan pemesanan. Setiap penyedia jasa titip, pasti menawarkan prosedur pemesanan masing-masing, sehingga kamu bisa mengikuti prosedur tersebut.

Umumnya, konsumen yang ingin melakukan order jastip Tiongkok akan diarahkan ke chat WA. Selanjutnya, tim admin akan melakukan pencatatan dan juga memastikan barang yang dipesan tersebut. Pastikan kamu meneliti kembali pesanan tersebut, supaya mendapatkan barang yang sesuai.

3. Pembayaran

Ilustrasi Pembayaran

Jika kamu sudah melakukan pemesanan, selanjutnya akan diminta untuk menyelesaikan pembayaran. Umumnya, pihak jastip akan meminta DP atau down payment 50% dari total pembelian. Ada pula penyedia jasa titip belanja yang mengharuskan untuk membayar lunas pesanan tersebut.

Bagi kamu yang baru menggunakan layanan ini, sebaiknya memilih jasa yang membolehkan membayar DP terlebih dahulu. Hal ini dapat meminimalisir kerugian, jika jasa yang kamu pilih tersebut tidak jujur. Namun, jika kamu sudah sering menggunakan jastip Tiongkok tersebut dan pelayanannya memuaskan, bisa melakukan pembayaran sepenuhnya.

4. Ketahui Harga Jastip

Saat memilih belanja menggunakan jastip, kamu juga perlu mengetahui harga barang yang akan kamu beli. Misalkan, kamu membeli baju dengan harga Rp200.000,00 per potong, maka harga tersebut bisa bertambah, karena harus membayar ongkos jastip. 

Biasanya, pihak penyedia jasa titip belanja juga akan memberikan potongan biaya, jika kamu membeli dalam jumlah banyak. Kamu bisa memanfaatkan penawaran tersebut untuk kulakan dan menjualnya kembali.

5. Cek Keaslian Barang

Supaya merasa aman saat menggunakan layanan jastip, pastikan pula untuk memeriksa keaslian barang tersebut. Lantas, bagaimana cara memeriksanya? Kamu bisa melihat review dan testimoni dari orang-orang yang sudah menggunakan jasa layanan tersebut.

Pastikan pula foto unggahan barang-barang tersebut masih memilih price tag yang utuh dan dalam kondisi baik. Jastip Tiongkok yang kredibel dan profesional, biasanya akan memberikan produk asli dan masih lengkap dengan tag harga.

6 Cara Membuka Usaha Jastip Tiongkok

Bagi kamu yang tertarik untuk membuka jasa titip belanja barang dari Tiongkok dengan perantara jasa impor, berikut ini cara memulainya:

1. Tentu Target Pasar

Langkah awal memulai usaha ini, yaitu menentukan target pasar terlebih dahulu. Hal ini akan memudahkan kamu untuk memilih produk yang sesuai dengan daya beli target. Selain itu, menentukan target pasar juga bisa menyediakan barang yang sesuai dengan kebutuhan konsumen.

Misalnya, target pasar jastipmu adalah kalangan usia 30-35 tahun. Maka, kamu bisa menawarkan tas branded, baju-baju branded, atau kebutuhan fashion lainnya. 

Pada jenjang usia tersebut, umumnya konsumen sudah mapan dan memiliki penghasilan tetap. Kondisi ini tentu akan mempengaruhi daya beli terhadap produk yang kamu tawarkan.

2. Dapatkan Akses Supplier 

Supaya kamu lebih mudah dalam mendapatkan barang-barang tersebut, kamu perlu mendapatkan akses supplier untuk jastip Tiongkok. Selanjutnya, hubungi supplier tersebut dan utarakan niatmu yang ingin mengimpor barang-barang tersebut dengan membuka jasa titip belanja.

Melakukan komunikasi dengan supplier ini memungkinkanmu untuk mendapatkan semua barang pesanan dari konsumen. Supaya tidak terjadi kesalahan terhadap barang pesanan, pastikan pula untuk melakukan komunikasi sebaik dan sejelas mungkin.

3. Gencar Promosi di Media Sosial

Apabila langkah pertama dan kedua di atas sudah kamu jalankan, maka saatnya untuk mulai gencar melakukan promosi. Manfaatkan media sosial untuk mempromosikan jastip Tiongkok miliki. Supaya lebih menarik, gunakan media sosial dan bahasa yang sesuai dengan target pasar.

Selain itu, kamu juga bisa membuat katalog online dengan tampilan estetik, supaya orang lebih tertarik untuk melihatnya. Sertakan pula video produk, sehingga konsumen bisa mengetahui detail produk tersebut. 

4. Mematok Harga Masuk Akal

Tujuan utama menjalankan bisnis memang untuk mencari mencari keuntungan, tapi kamu juga harus tetap berpikir realistis dalam menentukan harga. Meskipun harga barang-barang jastip lebih mahal dari harga aslinya, namun pastikan harga tersebut masih wajar.

Mematok harga sangat mahal tentu akan membuat konsumen mencari jastip lainnya. Sebaiknya, kamu memasang harga sesuai pasar, supaya bisa mencapai kuantitas penjualan yang tinggi. Meskipun keuntungannya lebih kecil, namun jika kuantitas penjualan banyak, maka kamu juga akan mendapatkan untung yang banyak pula.

5. Belajar Manajemen Waktu

Kamu yang serius ingin menekuni jastip Tiongkok juga harus belajar manajemen waktu, supaya tidak kewalahan. Hal ini lantaran kamu harus merespon semua pertanyan konsumen dengan baik.

Supaya kamu tetap bisa menyelesaikan pekerjaan lainnya dengan baik, maka bisa membuat jadwal layanan. Misalkan, kamu akan membalas semua pertanyaan konsumen hanya di jam kerja saja. Selain itu, tetapkan pula batas pembayaran pesanan, sehingga kamu bisa memproses pesanan tepat waktu.

6. Pilih Jasa Impor Terpercaya

Jasa Impor Door To Door Kelebihan dan Prosedur Pengirimannya

Demi mempermudah bisnis dan meminimalisir kerugian saat membuka jastip, gunakan layanan kargo door to door seperti Blueray Cargo, agar lebih praktis. Jika menggunakan layanan ini, kamu hanya perlu memesan barang dan membayar sesuai tagihan.

Pengurusan dokumen, perizinan dan pajak bea cukai akan dikerjakan oleh pihak kargo. Kamu sebagai konsumen yang menggunakan jasanya hanya perlu menunggu hingga barang datang ke alamat tujuan.

Mengapa Blueray Cargo? Dari beberapa penyedia jasa kargo, Blueray Cargo memberikan harga lebih hemat serta melayani impor dari Tiongkok, Hongkong, Korea Selatan, Thailand, dan Singapura. Sebelum memilih paket layanan, kamu bisa bebas melakukan konsultasi gratis sepuasnya melalui sambungan WhatsApp.

Siap Usaha Jastip Tiongkok?

Jadi, tips berbelanja dengan layanan jastip Tiongkok adalah mencari akun media sosial pemilik jasa yang terpercaya, lakukan order barang, bayar pesanan, cek biaya jastipnya, kemudian periksa keaslian barang pesananmu. Jika tidak mau menggunakan jastip dari pihak pribadi, kamu bisa memanfaatkan layanan jasa impor untuk berbelanja.

Facebook
Twitter
LinkedIn