.

Apa itu Shipper? Simak 4 Pertimbangan Sebelum Memilihnya

Apa itu Shipper Simak 4 Pertimbangan Sebelum Memilihnya

Apakah Anda pernah mendengar atau bahkan sudah tahu lebih banyak mengenai apa itu shipper? Untuk Anda yang pernah berbelanja online atau mengirimkan dan menerima barang pasti tidak asing dengan istilah tersebut, bukan? 

Shipper kerap dikaitkan dengan pengirim barang yang biasa Anda beli pada online shop. Namun, tahukah Anda bahwa shipper juga memiliki peran penting dalam sebuah bisnis ekspor dan impor? Nah, untuk pembahasan lebih lengkapnya, simak artikel di bawah ini, ya!

KEY TAKEAWAYS
Shipper adalah pihak atau perusahaan yang bertanggung jawab pada pengaturan dan pengiriman barang dari satu lokasi ke lokasi lainnya.
– Umumnya, pihak pengirim menanggung biaya pengiriman, kecuali ada ketentuan lain yang terdapat dalam kontrak pengangkutan sebelum pengiriman.
– Pihak pengirim biasanya juga mengurus semua dokumen dalam prosedur pengangkutan sehingga tidak ada komplikasi yang timbul selama pengiriman kargo.

Apa Itu Shipper?

Apa itu shipper? Pengertian shipper dalam Bahasa Inggris adalah “pengirim”. Dalam konteks Bahasa Indonesia, istilah pengirim ini memiliki arti sebagai orang yang mengirim atau menyuruh untuk mengantarkan suatu barang. Pengirim juga bertanggung jawab penuh terhadap kondisi barang selama proses pengiriman. 

Kesimpulannya, istilah pengirim ini merujuk kepada pelaku yang meminta suatu pihak (jasa pengiriman/ekspedisi) untuk melakukan kegiatan pengiriman. Dalam bisnis ekspor dan impor, peran shipper sangat vital dan tidak bisa diabaikan begitu saja.

Pengirim juga bertanggung jawab atas pengemasan dan penandaan barang dan kargo secara tepat. Sama seperti satu pengirim yang terlibat dalam pengemasan dan pengangkutan barang dari satu tempat, ada pengirim lain yang bertanggung jawab atas penerimaan kargo di tempat tujuan.

Jadi, pelaku bisnis dalam bidang ekspor dan impor dapat menggunakan layanan ini saat hendak mengirimkan produk. 

Umumnya, pelaku bisnis ekspor impor memilih perusahaan atau penyedia jasa pengirim ini berdasarkan pertimbangan serta kebutuhan pengiriman masing-masing. Misalnya, pertimbangan keandalan, biaya pengiriman, fleksibilitas layanannya, dan sebagainya.

Pertimbangan Memilih Shipper dalam Bisnis Ekspor Impor

Pengirim dalam dunia ekspor dan impor merupakan perusahaan yang berperan penting dalam keberhasilan shipping. Shipping dalam ekspor dan impor merupakan proses pengiriman barang yang dilakukan melalui jalur laut, darat, dan udara. 

Pengirim, sebagaimana pada pembahasan sebelumnya merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari dunia bisnis ekspor dan impor. Tetapi, perlu Anda ketahui bahwa peran dan ruang lingkup mereka telah meningkat berlipat ganda.

Perusahaan yang berperan sebagai shipper dapat menangani pengiriman barang tanpa kliennya harus terlibat secara langsung. Berikut beberapa hal penting yang perlu Anda ketahui dan pertimbangkan dalam memilih layanan shipping, antara lain:

1. Penentuan Kecepatan Pengiriman Barang

Di zaman sekarang ini, banyak perusahaan profesional yang menawarkan pengiriman barang kepada calon klien. Tak ayal memang karena saat ini sudah semakin banyak pelaku bisnis yang sangat membutuhkan proses pengiriman untuk mendukung keberlangsungan bisnis ekspor dan impornya. 

Umumnya, shipper memiliki jasa pengiriman untuk ekspor dan impor menggunakan jalur darat, laut, dan udara. 

Jalur laut memiliki pengiriman yang jauh lebih fleksibel karena kapasitas muatan yang jauh lebih banyak daripada jalur udara atau darat. Namun, jalur udara memerlukan waktu kirim jarak jauh yang lebih cepat daripada dua jalur lainnya.

Dari sini, Anda bisa bebas memilih jalur pengiriman sesuai dengan tingkat kecepatan pengiriman barang yang Anda mau. 

Jadi, sebelum Anda mengirimkan barang, sebaiknya cari tahu terlebih dahulu paket jasa pengiriman yang tersedia dan pilihlah layanan pengiriman yang cocok dengan bisnis Anda.

Selain itu, pastikan Anda melakukan riset secara mendalam supaya bisa mendapatkan informasi layanan pengiriman barang secara lengkap dan menyeluruh. 

Jika informasi yang ingin Anda ketahui belum bisa terjawab, silakan tanyakan pada kontak penyedia jasa. Setiap jasa pengiriman pasti membebaskan calon kliennya untuk bertanya.

2. Pengurusan Dokumen oleh Shipper

Ilustrasi Pengurusan Dokumen

Kelengkapan dokumen dalam kegiatan bisnis ekspor dan impor merupakan suatu keharusan yang harus Anda lengkapi agar dapat melakukan pengiriman. Tentu saja, klien tidak perlu memusingkan hal tersebut. 

Biasanya, pihak pengirim sudah sewajarnya mengurus semua dokumen yang Anda perlukan untuk melengkapi prosedur pengangkutan sehingga tidak ada komplikasi yang timbul selama proses pengiriman barang atau kargo. Salah satu dokumentasi yang diperlukan adalah bill of lading

Bill of lading memiliki fungsi sebagai surat yang membuktikan bahwa barang pengiriman telah berada di atas kapal. Selain itu, dokumen tersebut adalah tanda kepemilikan barang yang membuat si penerima barang tersebut bisa melakukan klaim sebagai pemilik. 

Adapun dokumen lainnya yang harus ada dalam pengiriman ekspor dan impor yakni, resi gudang, faktur, packing list, dan lain sebagainya.

3. Tarif Pengiriman

Ilustrasi Pembayaran

Perhitungan tarif biaya pengiriman biasa berbeda sesuai jenis barang yang Anda kirim dan juga bergantung dengan jasa shipper yang Anda gunakan. Pilihan paket pengiriman ini umumnya dapat Anda pilih sesuai jumlah dan jenis barangnya. 

Selain itu, perusahaan dengan layanan ini pasti akan mengerti transportasi mana yang harus mereka gunakan dalam mengirim barang pesanan. Jadi, harga layanannya juga tergantung dari jenis transportasi angkutnya.

Tidak hanya itu, pihak pengirim juga akan mengatur rute mana dan perkiraan waktu barang bisa sampai di tempat. Terkait biaya lainnya, Anda dapat menanyakan secara detail kepada jasa shipper yang hendak Anda gunakan terkait biaya tambahan lainnya.

Hal yang satu ini bisa jadi langkah persiapan terkait jenis-jenis biaya yang nantinya harus Anda bayarkan baik kepada penjual, bank, bea cukai, atau dokumen tertentu. Pihak pengirim biasanya akan menghitung semua jenis pembiayaan dan Anda hanya tinggal menerima hasil jadinya. 

4. Jaminan Garansi dari Jasa Pengiriman

Kriteria perusahaan shipper yang baik bisa dilihat dari jaminan keamanannya melalui asuransi. 

Pemberian garansi atas keselamatan dan keamanan barang kiriman Anda untuk sampai ke tujuan dapat menjadi nilai plus tersendiri. Jadi, Anda tidak akan khawatir barang atau paket yang Anda pesan dari luar negeri hilang atau rusak selama perjalanan. 

Setiap pengirim yang menawarkan jaminan keamanan umumnya akan mengasuransikan kegiatan pengiriman barang tersebut ke perusahaan asuransi yang sudah bekerja sama. Hal ini akan memberikan nilai kenyamanan yang lebih untuk Anda. 

Jenis garansi yang mereka berikan biasanya meliputi garansi barang pasti sampai ke tangan penerima, atau jenis asuransi untuk barang hilang atau cacat pada saat proses pengiriman. Hal ini tentunya akan sangat bermanfaat pada bisnis milik Anda. 

Sudah Memahami Apa Itu Shipper?

Kini, Anda sudah mengetahui apa itu shipper atau pengirim. Pengirim adalah pihak yang dipercayakan dengan tanggung jawab pengangkutan barang dan komoditas. Selain itu, sebelum memilih penyedia jasa ekspedisi atau pengiriman, Anda dapat mempertimbangkan empat poin penting di atas.

Nah, jika Anda tertarik memulai bisnis dengan barang impor. Anda dapat menggunakan BlueRayCargo.id sebagai jasa importir barang China terbaik di Indonesia.

BlueRay Cargo adalah perusahaan yang bergerak di bidang grosiran barang dari China yang berpengalaman, profesional, dan terpercaya. Untuk meningkatkan keuntungan bisnis, pastinya Anda membutuhkan jasa impor grosir barang dengan harga terbaik dan mampu memberikan garansi penuh.

BlueRay Cargo menawarkan jaminan garansi terhadap produk yang dikirimkan, sehingga bisnis Anda akan semakin terlindungi. 

Tunggu apalagi, Anda dapat menghubungi kontak WA BlueRay Cargo untuk informasi lebih lanjut, ya!

Facebook
Twitter
LinkedIn