.

Apa Itu Pallet? Kenali Pengertian, Fungsi, dan Jenis-jenisnya

Pallet adalah benda yang menjadi alas untuk menampung barang yang kamu gunakan dalam dunia ekspedisi. Fungsi palet sendiri sangat penting sebagai alas untuk memindahkan dan mengatur posisi barang.

Pallet juga sangat membantu dalam proses bongkar dan muat. Dengan begitu, maka pekerjaan operasional ekspedisi pun akan lebih cepat dan efisien. 

KEY TAKEAWAYS

– Pallet adalah sebuah media berbentuk persegi yang biasanya terbuat dari kayu dan memiliki rongga. 
– Fungsi dari palet adalah untuk meletakkan muatan yang tersimpan dalam gudang dengan menggunakan alat bantu, seperti forklift, hand pallet, hand stacker, dan crane. 
– Jenis palet terbagi menjadi 2 kategori, yakni jenis palet menurut drive direction dan jenis palet dari bahan materialnya. 
– Palet menurut drive direction terbagi menjadi 2, yakni palet 2 ways, dan palet 4 ways. 
– Palet menurut bahan materialnya terbagi menjadi 4, yakni palet kayu, palet plastik, palet, kardus, dan palet logam. 

Apa Itu Pallet?

Pallet adalah sebuah media berbentuk persegi yang biasanya terbuat dari kayu dan memiliki rongga. Selain itu, palet juga merupakan struktur datar untuk mentransportasikan barang-barang yang membuatnya tetap stabil ketika diangkat oleh forklift. 

Biasanya, pengangkatan palet ini dilakukan untuk disimpan dalam gudang.  Umumnya, pada shipping containers, barang yang akan dikirimkan diletakkan di atas palet dan dikaitkan menggunakan strap. 

Namun, seiring berkembangnya teknologi, kini banyak sekali masyarakat yang membuat barang-barang dekoratif dari palet, seperti kotak penyimpanan hingga kursi dan sofa. 

Sebagian besar, palet terbuat dari kayu. Akan tetapi, ada juga palet yang terbuat dari plastik, logam, kertas, dan bahan daur ulang. Setiap bahan memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Hal ini tergantung dari kegunaannya. 

Fungsi palet

Secara umum, fungsi pallet adalah untuk meletakkan muatan yang tersimpan dalam gudang. Nah, untuk rongga-rongga yang ada pada palet ini akan memudahkan alat-alat bantu, seperti forklift, hand pallet, hand stacker, dan crane ketika ingin mengangkat atau memindahkan muatan. 

Selain itu, palet juga berfungsi untuk melindungi barang dari lantai yang basah maupun kotor. Dengan begitu, maka palet bisa menjaga muatan tetap dalam keadaan yang baik. 

Jadi, sudah tidak perlu kamu ragukan lagi, apabila pallet adalah salah satu media yang sangat berpengaruh pada efektivitas kegiatan kargo. 

Jenis-jenis Palet 

Ada berbagai jenis palet yang biasanya digunakan dalam dunia cargo. Namun, perlu kamu ketahui, bahwa jenis palet terbagi dalam dua kategori, yakni jenis palet menurut drive direction dan jenis palet berdasarkan bahan materialnya, seperti berikut:

1. Jenis Palet Menurut Drive Direction

Ada 2 jenis palet menurut drive directionnya, yakni palet 2 ways, dan palet 4 ways. Berikut ulasannya:

Palet 2 Ways

pallet 2 ways
Conner Industries

Jenis palet ini memudahkan forklift atau alat bantu lainnya dalam membawa barang dari 2 arah celah yang ada pada palet tersebut, yakni dari sisi depan dan belakang. 

Palet 4 Ways

Pallet 4 ways
Conner Industries

4 Ways pallet adalah jenis palet yang tidak jauh berbeda dengan palet 2 ways. Namun, bedanya hanya terletak pada kemudahan forklift dalam mengambil paletnya. 

Sebab, dengan palet 4 ways ini, forklift bisa mengambil lebih banyak palet, baik dari sisi depan, belakang, kanan, maupun kiri. 

2. Jenis Palet Menurut Bahan Materialnya

Selain berdasarkan drive direction, jenis palet juga bisa dibedakan berdasarkan bahan materialnya, seperti berikut ini:

Palet Kayu

Pallet kayu
Istockphoto.com

Jenis palet berbahan kayu ini merupakan palet paling favorit dalam ekspedisi Indonesia. Karena cara pembuatan dari jenis palet ini termasuk cukup mudah. Sebab, kayu merupakan salah satu bahan baku yang tersebar pada banyak tempat, sehingga mudah untuk mencarinya. 

Palet kayu ini biasanya terbuat dari kayu jati Belkamu dan kayu mahoni. Namun, ada juga yang membuatnya dari bahan kayu lain. Untuk jenis kayu yang biasanya digunakan untuk pembuatan palet kayu ini yakni southern yellow pine dan oak. 

Indonesia merupakan negara pengguna palet kayu terbanyak di dunia. Hal ini karena bahan baku kayu banyak terdapat di Indonesia. Jadi, material untuk pembuatan palet kayu ini cukup mudah kamu dapatkan. 

Kegunaan dari palet kayu ini pun beragam, mulai dari menyimpan, menumpuk, hingga melindungi barang ketika proses pengiriman. 

Palet Logam

Pallet logam
Istockphoto.com

Jenis palet ini merupakan palet yang paling kuat daripada jenis palet lainnya. Palet besi atau palet logam juga merupakan jenis palet yang paling mahal daripada jenis palet lain. 

Meskipun memang palet ini terbilang paling kuat, namun tetap memiliki kekurangan. Kekurangan dari palet logam adalah jika terkena air, maka akan mudah berkarat. Kecuali, jika bahan yang digunakan dalam pembuatan pallet adalah logam anti karat. 

Sebab, jika palet terkena air, maka bisa menyebabkan korosi. Namun, hal ini bisa kamu antisipasi dengan penggunaan bahan pelapis anti karat atau anti korosi. 

Kegunaan dari palet logam ini sebenarnya sama dengan jenis palet lainnya. Namun, untuk kapasitas maksimal beban yang mampu ditahan lebih besar daripada jenis palet lainnya. 

Palet Plastik

Pallet Plastik
istockphoto.com

Jenis palet plastik merupakan palet yang diproduksi dari pabrik plastik. Untuk bentuk dan ukurannya pun tergantung dari cetakan pabrik. 

Palet ini memiliki kemungkinan paling tahan lama, karena bahannya awet dan tidak mudah rusak apabila terendam air maupun suhu ekstrem sekalipun. Jadi, kamu bisa menggunakan palet plastik ini untuk mengangkut makanan dan minuman. 

Nah, ada perbedaan yang paling mendasar dari palet plastik dan kayu, yakni pada sisi atasnya. Untuk palet kayu, sisi atasnya terbentuk dari kayu yang melintang dan memiliki jarak. Sementara palet plastik, atasnya tertutup rata. 

Kegunaan palet plastik ini juga hampir sama dengan jenis palet lainnya, yakni untuk menyimpan, melindungi, dan mempermudah forklift dalam memindahkan barang. 

Palet Kardus 

Pallet kardus
istockphoto.com

Dalam dunia ekspedisi, ternyata ada juga palet yang terbuat dari bahan kardus. Meskipun memang bahannya terbuat dari kardus, namun jenis palet ini bisa menahan beban yang cukup besar, yakni hingga 100 kilogram. 

Jika dibandingkan dengan jenis palet lainnya, pallet kardus adalah palet yang paling ramah lingkungan. Sebab, bahan dari palet ini bisa kamu daur ulang. 

Namun, memang jenis palet ini masih jarang ekspedisi Indonesia yang menggunakannya. Pengguna dari palet kardus ini paling banyak berasal dari negara Jepang. 

Butuh Jasa Impor Terpercaya? Blueray Cargo Solusinya!

Di era digital seperti saat ini, hampir semua aspek bisnis bisa berjalan baik dengan adanya campur tangan pihak ketiga. Selain harus memikirkan jenis palet apa yang cocok untuk pengiriman yang kamu lakukan, jasa impor barang juga perlu kamu pertimbangkan. 

Saat ini, banyak sekali orang yang membuka bisnis jual beli online dan mendatangkan langsung barangnya dari China. Mengapa? Sebab China merupakan eksportir barang murah dengan kualitas yang baik. 

Dengan adanya jasa impor ini, maka kamu pun bisa mendapatkan barang murah dan keuntungan yang melimpah. 

Jadi, kamu bisa memilih Blueray Cargo sebagai pihak jasa impornya. Perusahaan ini sudah melayani jasa pengiriman barang dari China selama 20 tahun dengan biaya pengiriman yang murah. 

Blueray Cargo juga selalu memberikan pelayanan terbaik dalam waktu yang cepat dan barang bisa sampai tangan konsumen dengan baik. Jika kamu tertarik, hubungi kontak resmi Blueray Cargo untuk mendapatkan informasi yang lebih lengkap. 

Jenis Palet Mana yang Sesuai dengan Kebutuhan Bisnismu?

Jadi, pallet adalah salah satu media yang bisa kamu gunakan untuk mempermudah pekerjaan dalam memindahkan atau mengangkat barang. Kamu pun bisa memilih jenis palet 2 ways, 4 ways, berbahan kayu, logam, plastik, atau kardus yang sesuai dengan barang yang akan kamu angkut.

Facebook
Twitter
LinkedIn