.

Airway Bill: Pengertian, Format, Fungsi, dan Cara Melacaknya!

Airway Bill: Pengertian, Format, Fungsi, dan Cara Melacaknya!

Sebagai pelaku perdagangan jarak jauh, kamu pasti penasaran sudah sampai mana barang milikmu. Sebagai bukti pengiriman, pihak logistic biasanya memberikanmu sebuah AWB. AWB atau airway bill adalah dokumen resmi yang berisi tentang rincian informasi pengiriman terhadap suatu barang dalam pengiriman udara.

KEY TAKEAWAYS:

– Airway Bill adalah dokumen yang diberikan oleh maskapai pengiriman cargo kepada pengirim. Dokumen ini hanya berlaku pada pengiriman barang melalui udara dan pesawat.
– Dokumen ini berisi informasi penting dan dapat digunakan sebagai faktur pajak.
– Fungsi Airway Bill adalah sebagai tanda bukti, kontrak pengiriman, faktur pajak, bukti asuransi dan custom declaration.
– Memiliki komponen dan format yang ditulis pada Undang-Undang no 1 Tahun 2009.
– Dapat dilacak menggunakan website resmi bea cukai.

Pengertian Airway Bill

Airway bill adalah dokumen dalam bentuk elektronik maupun bentuk lain yang berfungsi sebagai bukti adanya perjanjian pengangkutan barang melalui udara antara pengangkut dan pengirim, serta hak penerima kargo untuk mengambil barang yang bersangkutan.

Pengertian tersebut sesuai dengan UU No. 1 Tahun 2009 tentang penerbangan. Selain itu, dalam terjemahan Indonesia, Airway Bill (AWB) disebut sebagai Surat Muatan Udara (SMU). Secara sederhana, merupakan dokumen resmi yang akan kamu dapat jika kamu mengirimkan paket menggunakan transportasi udara atau pesawat.

Sementara itu, menurut Investopedia ada 2 pengertian dari airway bill, yaitu:

  1. Sebagai tanda terima barang oleh maskapai.
  2. Kontrak kedua belah pihak yang menandatangani dokumen yaitu pengirim dan pengangkut.

AWB, Resi, dan Faktur Pajak

Dokumen AWB ini memiliki fungsi yang hampir sama dengan nomor resi yang akan kamu dapat jika mengirimkan barang lewat ekspedisi darat. Contohnya ketika mengirim menggunakan ekspedisi darat seperti JNE dan TIKI. Namun, keduanya memiliki perbedaan yang signifikan. Berikut ini perbedaan antara AWB dengan Resi Pengiriman, yaitu:

  • Jalur transportasi yang berbeda. AWB menggunakan transportasi udara, sedangkan resi pengiriman menggunakan transportasi darat.
  • Airway bill hanya dapat diberikan untuk transportasi barang dari bandara ke bandara. Sedangkan resi diberikan untuk keseluruhan tipe pengiriman darat. Contohnya pengiriman barang, surat, dokumen, dan lain-lain.
  • Resi adalah tanda bukti pengiriman ataupun pembelian yang diberikan oleh jasa kirim. Sedangkan airway bill adalah tanda bukti yang dikeluarkan oleh bidang perpajakan dan memuat informasi yang lebih banyak.

Karena airway bill berhubungan dengan perpajakan, maka tidak seperti resi pengiriman biasa, AWB memiliki kedudukan yang sama dengan faktur pajak. Dalam peraturan DJP (Direktorat Jenderal Pajak) nomor per-33/pj/2014, airway bill atau Surat Muatan Udara memiliki klasifikasi yang sama dengan faktur pajak, karena hal berikut ini:

  • AWB termasuk ke dalam faktur penjualan yang familiar untuk masyarakat luas. Konsep AWB ini sama dengan kuitansi pembayaran tiket pesawat.
  • Memiliki dokumen tertentu yang berfungsi untuk kebutuhan dan bukti barang yang terkena pajak dalam ekspor/impor.
  • Pihak pembuat faktur pajak adalah pihak yang menyerahkan barang. Namun, biasanya pengiriman barang yang memiliki AWB adalah pengiriman barang ke luar dari jarak perbatasan suatu negara. Karena itu, dokumen AWB dianggap sama pentingnya dengan faktur pajak.

Cara Kerja dan Contoh Airway Bill

Setelah mengetahui pengertian AWB, selanjutnya kamu dapat mengenal cara kerja dan contoh gambarnya. Cara kerja airway bill adalah sebagai berikut:

  1. Pihak pengirim kargo akan terlebih dahulu membuat AWB.
  2. Setelah itu, pengirim dan pengangkut harus membuat tiga rangkap dokumen asli, yaitu:
  • Pertama salinan berwarna hijau untuk dokumen asli dari operator penerbit.
  • Kedua salinan berwarna merah yang akan menjadi salinan penerima.
  • Ketiga salinan berwarna biru yang akan menjadi salinan pengirim.
  1. Pengangkut barang wajib menandatangani salinan AWB tersebut ketika akan memasukkan barang ke dalam pesawat kargo. Sehingga dapat menjadi bukti bahwa dokumen AWB tersebut memiliki kekuatan hukum.

Perlu kamu ingat, setelah airway bill selesai, maka dokumen ini tidak dapat kamu perjual belikan atau kamu jadikan jaminan dalam bentuk apapun. Dokumen ini juga tidak lagi berbentuk cetak, beberapa airway bill akan berbentuk salinan dokumen elektronik yang bernama e-AWB.

Ada 2 contoh airway bill dapat kamu pelajari, berikut adalah gambarnya:

airway bill adalah
twitter.com/FirstLogistics_
airway bill adalah
harmony.co.id

Komponen dan Format Airway Bill

Setelah melihat gambar di atas, kamu dapat menyimpulkan bahwa menurut UU No 1 Tahun 2009 tentang penerbangan, komponen dokumen AWB akan memuat hal-hal berikut:

  • Informasi tempat dan tanggal dokumen tersebut dibuat.
  • Lokasi maupun alamat lengkap tempat pemberangkatan dan tujuan.
  • Informasi pengangkut pertama.
  • Nomor kargo.
  • Informasi pengirim barang.
  • Detail biaya dan total biaya pengiriman.
  • Informasi Kargo (jumlah item, cara pengemasan, tanda pecah belah atau informasi istimewa lain, berat, ukuran dan berat yang terkena biaya).
  • Jenis isi kargo (bahan baku, pakaian, aksesoris, perlengkapan, dan lain-lain).
  • Pernyataan barang tersebut tunduk kepada peraturan yang berlaku.
  • Informasi lengkap penerima barang.
  • Sertifikat asuransi (jika ada).

Selain komponen, kamu juga dapat mengenal apa saja format surat asli dan berlaku. Format pada airway bill adalah sebagai berikut :

  • Pada bagian atas kanan dokumen akan berisi informasi maskapai, seperti logo dan nama.
  • Setelah itu, akan ada informasi dari airway bill itu sendiri seperti nama pengirim, alamat kantor, dan nomor resi.
  • Pada bagian atas kiri dokumen akan berisi informasi pengirim, barang, penerima, bandara asal dan bandara tujuan. 
  • Informasi tanggal dan waktu keberangkatan berada di bagian bawah.
  • Tanda tangan pihak yang bertanggung jawab.

Karena dokumen AWB sudah berbentuk digital. Maka pelacakan barang dapat dilakukan secara digital pula. Caranya cukup mudah, cukup membuka website resmi bea cukai dan masukkan nomor AWB pada kolom yang tersedia.

Fungsi Airway Bill

Nah, informasi selanjutnya yang dapat kamu jelaskan mengenai airway bill adalah tentang fungsi utama dokumen ini. Ada 5 fungi utama airway bill, yaitu:

1. Tanda Bukti

Fungsi utama airway bill adalah sebagai tanda bukti yang sah dalam pengiriman suatu kargo atau barang. Artinya, dengan memiliki AWB ini, barang yang terkirim harus diterima sesuai dengan keterangan dan informasi yang tertera pada AWB.

2. Kontrak Pengiriman

Sebagai pebisnis jarak jauh, tentunya menjadi sebuah hal normal jika kamu memiliki hubungan baik dengan perusahaan ekspedisi. Hal inilah yang akan menjadi fungsi kedua dari AWB, yaitu menjadi kontrak pengiriman.

Menggunakan dokumen ini, kamu dapat mempercayai pihak ekspedisi untuk mengirimkan barang sesuai dengan waktu tertera. Jika barang belum sampai pada waktu yang disepakati, maka AWB dapat berfungsi untuk melacak lokasi barang.

3. Bukti Pembayaran dan Faktur Pajak

Dokumen AWB juga bisa menjadi bukti pembayaran, karena tertera status pembayaran (lunas dan belum lunas). Selain bukti pembayaran, AWB juga dapat menjadi faktur pajak yang menampilkan pelunasan pajak pengiriman.

4. Sebagai Bukti Asuransi

Fungsi keempat AWB adalah sebagai jaminan asuransi. Contohnya ketika barang mengalami kerusakan, hilang saat pengiriman, atau hal-hal lain.

5. Custom Declaration

Terakhir, airway bill dapat menjadi custom declaration atau informasi kargo. Karena pada dokumen ini berisi informasi nilai kuantitas, nilai uang, dan ketentuan berharga lainnya.

Ingin Kirim Barang dengan Pengiriman Resmi dan Terpercaya?

Demikian adalah beberapa hal yang perlu kamu ketahui tentang airway bills. Tentunya, agar dapat meminimalisir segala kemungkinan kerugian yang terjadi, kamu dapat memakai jasa pengiriman yang resmi dan terpercaya. Salah satu contohnya adalah Blueray Cargo. 

Perusahaan satu ini telah memiliki 20 tahun pengalaman dan telah mendapatkan kepercayaan banyak orang. Blueray Cargo aktif dalam pengiriman berbagai jenis barang. Baik transaksi menggunaka transportasi udara maupun transaksi laut dapat Blueray Cargo layani.

Jika tertarik, kamu dapat langsung menghubungi kontak Whatsapp Blueray Cargo. Kamu juga dapat membuka halaman website Blueray Cargo untuk mendapat penawaran terbaik dan informasi lengkap seputar perusahaan.

Facebook
Twitter
LinkedIn