.

12 Makanan China yang Terkenal Mendunia dengan Rasa Lezat

China merupakan salah satu negara yang selalu menarik jika diulik. Selain budaya dan masyarakatnya, kuliner juga menjadi hal menarik yang perlu kamu coba. Nah, bagi kamu yang mungkin belum pernah berkunjung ke China tak perlu khawatir. Artikel ini akan memberikan berbagai contoh makanan China yang terkenal dan mendunia. 

KEY TAKEAWAYS
– China merupakan salah satu negara yang selalu menawarkan banyak hal menarik. Selain budaya dan nilai sejarahnya, kuliner juga menjadi hal yang kerap jadi sorotan masyarakat global. 
– Makanan China yang terkenal sudah banyak diminati oleh masyarakat Indonesia, baik makanan manis maupun gurih.
– Beberapa makanan khas China yang sudah banyak masyarakat kenal adalah dumpling, olahan mie, dan bebek peking.

Makanan Khas China 

Berikut ini beberapa makanan khas dari China yang mendunia perlu kamu ketahui karena rasanya lezat. 

1. Chow Mein

makanan china yang terkenal
hips.hearstapps.com

Saat kamu mendengar kata chow mein, tentu sudah tidak asing lagi dengan istilah dari bahasa Mandarin ini. Artinya yaitu mie goreng dengan cita rasa khas dan bisa kamu konsumsi dengan daging, daun bawang, dan seledri. 

Chow mein merupakan salah satu masakan China populer yang diminati oleh berbagai kalangan terutama anak-anak. Hal ini karena proses pembuatannya yang simpel. Cukup dengan merebus mie ke dalam air mendidih selama beberapa menit, setelah itu saring dan biarkan sampai dingin sebelum menumis sayuran dan daging. 

2. Chop Suey

ucarecdn.com

Jika kamu ingin mencoba salah satu makanan asli China, maka cobalah menu chop suey. Makanan tradisional China ini ditemukan sejak periode emas dari para imigran China yang tinggal di San Francisco. 

Chop suey yaitu makanan berupa rebusan tauge, rebung, daging, bawang bombai, water chestnut, dan seledri. Kemudian, menu ini bisa kamu konsumsi dengan mie atau nasi. Chop suey bisa kamu nikmati bersama keluarga, namun pastikan untuk mengolahnya dari bahan yang masih segar. 

3. Dumpling

piknikdong.com

Makanan China yang terkenal selanjutnya yaitu dumpling atau pangsit dengan rasa asin yang khas. Sejak bertahun-tahun yang lalu, pangsit menjadi makanan budaya orang China yang bisa dimakan bersama sup. 

Terdapat berbagai jenis pangsit yang berasal dari China, namun mayoritas terbuat dari campuran gandum, tepung tapioka, dan bahan lain seperti daging, sayuran, telur, dan tahu. Jika kamu ingin menikmati pangsit asli China, maka pergilah ke restoran China, karena pangsit asli biasanya sulit untuk kamu olah sendiri di rumah. 

4. Jiaozi

assets.pikiran-rakyat.com

Makanan khas China ini mirip dengan dimsum atau siomay di Indonesia. Perbedaannya yaitu siomay terbuat dari campuran kanji, tepung terigu, dan ikan. Sedangkan jiaozi terbuat dari campuran tepung terigu yang sudah berisi banyak daging di dalamnya. 

Daging pada jiaozi yaitu daging ayam hasil olahan dengan cara kukus. Kemudian daging kukus tersebut digoreng dan siap dikonsumsi dengan saus manis atau pedas sesuai selera. 

5. Bebek Peking

awsimages.detik.net.id

Makanan China yang terkenal selanjutnya adalah bebek peking yang sudah tidak asing lagi di Indonesia. Rasanya yang lezat dan warna cokelat bumbu manisnya yang menggoda membuat banyak masyarakat Indonesia menyukainya. 

Bebek peking biasanya bisa kamu temukan dengan sajian irisan tipis bersama pancake atau nasi dan saus kacang warna merah. 

6. Ayam Pengemis

makanan china yang terkenal
bolong.id

Ayam pengemis adalah makanan khas dari China yang perlu kamu coba. Dari namanya yang unik, tentu menjadi daya tarik tersendiri untuk menikmatinya. Terutama jika kamu bisa menikmatinya saat cuaca dingin dengan nasi dan dan secangkir teh atau kopi, tentu akan semakin nikmat. 

7. Bakpao

livejapan.com

Bakpao terkenal sebagai salah satu makanan China yang mendunia. Indonesia juga termasuk negara dengan masyarakat yang menyukai bakpao. Bakpao berasal dari kata bak yang artinya daging dan pao artinya bungkusan. 

Pada awalnya, daging dalam bakpao adalah daging babi, namun seiring berkembangnya zaman, berbagai inovasi mulai muncul sehingga isi bakpao menjadi lebih beragam. Mulai dari daging ayam, daging sapi, ikan, buah-buahan manis, sayuran, kacang hijau, selain kacang kedelai, dan masih banyak lagi. 

Selain itu, bungkus bakpao juga cukup unik karena terbuat dari adonan tepung terigu yang sudah tercampur dengan ragi. Tekstur bakpao yang empuk dan kenyal dengan rasa manis atau gurih dari isinya, membuat makanan khas China ini cocok untuk semua kalangan, dari anak kecil hingga orang tua. 

8. Fu Yung Hai

asset.kompas.com

Makanan China yang terkenal selanjutnya adalah fu yung hai. Makanan ini bisa kamu temui di Indonesia dan kerap menjadi makanan favorit dari semua kalangan masyarakat. 

Fu yung hai merupakan makanan khas Tionghoa yang terbuat dari bahan dasar telur dadar, campuran daging, hasil laut, atau sayuran. Pada umumnya, makanan ini cocok kamu sajikan bersama saus asam manis, kacang polong, tomat, dan potongan nanas. 

9. Cap Cay

awsimages.detik.net.id

Makanan China yang satu ini pasti sudah banyak yang mengenalnya di Indonesia. Mulai dari rumah makan biasa seperti warteg hingga restoran mewah, biasanya banyak yang menjual menu cap cay sebagai salah satu jenis sayuran. 

Selain terdiri dari sayuran, dalam cap cay juga terdapat daging, seafood, bakso, sosis, dan telur sebagai pelengkap. Cita rasanya yang lezat dan gurih membuat hampir semua orang dari berbagai kalangan menyukainya. 

10. Won Ton

makanan china yang terkenal
1.bp.blogspot.com

Makanan China yang satu ini juga perlu kamu coba untuk menemani momen bersantai. Jenis pangsit ini berisi daging cincang, kemudian cara pengolahannya juga mudah yaitu dengan merebus dan sajikan bersama sup. Atau, kamu juga bisa menggorengnya seperti kerupuk dan rasanya juga akan sama-sama nikmat. 

Bumbu won ton cukup simpel yaitu hanya saus tiram, minyak wijen, dan kecap asin. Jika kamu ingin mencoba won ton asli, maka pergilah ke restoran China, karena jika restoran Indonesia biasanya hanya terdiri dari pangsit tanpa isi. 

11. Sapo Tahu

dapurkobe.co.id

Sapo tahu adalah makanan dari China yang berbahan dasar tahu tiongkok, wortel, sawi putih, jamur merang, tepung maizena, dan campuran bumbu lain. Tekstur dari sapo tahu cukup menarik karena halus, lembut, serta memiliki cita rasa dari tahu yang gurih dan lezat. Makanan ini sangat cocok kamu sajikan saat masih hangat. 

12. Ayam Cincang Gong Bao

harianinhuaonline.com

Makanan China yang terkenal berikutnya yaitu ayam yang bisa kamu masak dengan kecap, saus khas dari China, cabai kering, serta kacang goreng. Makanan ini merupakan salah satu makanan China yang sangat disukai oleh para turis asing karena rasanya yang khas dan lezat. 

Yuk Mulai Coba Makanan China yang Mendunia!

Itulah beberapa makanan China yang terkenal dan rasanya juga sangat lezat. Kamu bisa membelinya di restoran China maupun mencoba memasak sendiri dengan berbagai referensi resep dari internet. Kamu juga bisa berkunjung ke negara China untuk mencoba berbagai makanan khas yang asli. 

Selain makanan, China juga terkenal dengan berbagai barangnya yang unik. Bagi kamu yang ingin melakukan impor barang dari China, pastikan memilih jasa pengiriman yang terpercaya seperti Blueray Cargo. Pengiriman melalui jalur laut maupun udara akan terjamin keamanannya. 

Terlebih lagi, Blueray Cargo sudah mengantongi pengalaman selama 20 tahun lebih. Selain itu, sudah banyak pengguna jasa pengiriman Blueray Cargo yang mengaku puas dengan pelayanan yang mereka terima. Barang kiriman dijamin akan sampai di lokasi tujuan dengan aman, cepat, dan utuh.

Jadi, untuk urusan pengiriman barang dari China dan negara lainnya, serahkan saja pada ahlinya. Selengkapnya, hubungi kontak Blueray Cargo jika ingin mengulik info layanannya lebih lanjut.

Facebook
Twitter
LinkedIn