.

8 Cara Memulai Bisnis Online Shop Baju, Auto Sukses!

8 Cara Memulai Bisnis Online Shop Baju, Auto Sukses!

Mengikuti zaman yang semakin berkembang, kini kamu bisa berjualan di mana pun dan kapan pun. Online shop adalah wadah untuk menjual barang atau jasa secara virtual. Lalu, bagaimana cara memulai bisnis online shop baju yang benar?

KEY TAKEAWAYS
Online shop adalah bisnis yang bergerak secara virtual dan mengikuti trend.
– Tujuan online shop adalah untuk menarik perhatian konsumen dan membuka pasar baru.Proses transaksinya menggunakan cara online. Mulai dari melalui debit, ATM, atau transaksi online lainnya.
– Pebisnis online harus pintar dalam memilih trend, sehingga produknya tidak ketinggalan zaman.

8 Strategi Membangun Online Shop Baju

Agar bisnis baju milikmu menghasilkan keuntungan, kamu harus tahu tentang cara memulai bisnis online shop baju yang benar dan tepat. Nah, berikut ini strategi-strateginya:

1. Siapkan Modal

Siapkan Modal

Salah satu keuntungan dari online shop adalah modal yang dikeluarkan lebih sedikit dari bisnis offline. Hal ini karena kamu tidak perlu menyewa atau membangun toko konvensional. Kamu bisa mengerjakan bisnis baju di mana pun tempatnya.

Meskipun begitu, kamu harus tetap memperhatikan modal bisnis. Pastikan kamu sudah menyiapkan dan menghitung biaya modal untuk online shop dengan benar. Misalnya seperti modal bahan baju, kuota internet, ponsel, packing, dan biaya promosi bisnis.

2. Lakukan Riset Pasar

Cara memulai bisnis online shop baju yang selanjutnya adalah dengan melakukan riset pasar. Sebagai pelaku usaha, kamu harus memahami pasar dan produk yang akan ditawarkan kepada konsumen. Dengan demikian, kamu harus mempelajari dunia fashion, khususnya baju.

Ini bertujuan agar kamu dapat mengenali kelebihan dan kekurangan dari setiap karakter baju, baik itu bahan, ukuran, maupun cara pengemasannya. Tentu saja product knowledge akan sangat berguna dalam dunia bisnis.

Selain itu, kamu juga perlu mencari tahu tentang kompetitor dan siapa saja yang berpotensi menjadi pelanggan. Dengan demikian, kamu bisa dengan mudah mengetahui kelas pasar mulai dari brand atas maupun yang sederhana.

Ketika memulai bisnis, pastikan dari bawah terlebih dahulu untuk mendapatkan insight. Dengan melakukan riset pasar, kamu dapat mengetahui kondisi pasar yang sedang terjadi. Jadi, kamu bisa menentukan kualitas bahan dan harga baju yang sesuai dengan kebutuhan pasar.

3. Tentukan Produk Baju

Ketika memulai bisnis baju, kamu harus menentukan produk baju seperti apa yang ingin dijual. Ada banyak jenis baju yang bisa kamu pilih mulai dari kemeja, t-shirt, busana muslim, dan lain sebagainya.

Keuntungan dalam menentukan produk baju adalah dapat membantu kamu mencari pasar yang tepat. Hal ini karena setiap jenis baju memiliki pasar yang berbeda-beda. Oleh sebab itu, pastikan kamu sudah menentukan produk baju terlebih dahulu sebelum menjalankan bisnis.

Sebagai contoh, kemeja memiliki pasar yang lebih kecil daripada t-shirt. Meskipun demikian, t-shirt juga memiliki pesaing pasar yang lebih besar. Dengan demikian, kamu harus bisa membangun keunikan produkmu sendiri sehingga akan menarik perhatian banyak orang.

4. Mencari Supplier

Mencari supplier adalah salah satu bagian penting yang harus kamu perhatikan dalam menjalankan bisnis baju. Saran untuk kamu, sebaiknya cari supplier dengan harga terjangkau, namun kualitas produknya tetap bagus.

Peran relasi dan riset sangatlah penting. Oleh sebab itu, kamu harus memiliki relasi yang banyak. Kamu bisa melakukan riset supplier secara online maupun offline. Pastikan bahwa supplier memiliki kualitas produk baju yang baik. Hal ini karena kualitas produk akan berdampak pada branding bisnismu di mata pelanggan.

Agar kamu semakin untung. carilah supplier tangan pertama. Sebaiknya kamu langsung datang ke pabrik mereka. Bahkan, kini sudah banyak baju karya anak bangsa yang tidak kalah bagus dan bahkan ada juga yang sudah diakui oleh internasional. Jadi, jangan ragu untuk menjadi reseller mereka.

5. Buat Foto Produk yang Keren

Ilustrasi Foto Produk

Cara memulai bisnis online shop baju selanjutnya adalah menciptakan tampilan produk yang bagus. Agar produk baju milikmu dapat menarik perhatian, buatlah tampilan foto yang menarik dengan kualitas yang baik.

Kamu dapat memberikan tampilan dengan desain yang aesthetic. Jika perlu, buatlah feed khusus yang berisi foto produk baju milikmu. Selain foto mandiri, kamu juga bisa melakukan foto produk dengan bantuan studio foto dan fotografer yang berpengalaman.

6. Buat Akun Media Sosial dan Website

Media sosial dan website adalah komponen yang berperan penting dalam bisnis online shop, khususnya bisnis fashion. Oleh sebab itu, kamu perlu untuk membuat kedua komponen ini sehingga banyak orang yang akan penasaran dengan bisnismu.

Jika kamu tidak familiar dengan website, maka kamu bisa memanfaatkan jasa pembuatan website. Rata-rata harga dari jasa ini sekitar Rp500.000,00 hingga Rp3.000.000,00, tergantung permintaan pelanggan yang ingin website seperti apa.

Seperti halnya website, kamu juga harus mengaktifkan dan mengelola media sosial. Jangan lupa untuk memberikan tampilan feed dan foto yang berkualitas. Kamu bisa memanfaatkan berbagai fitur yang tersedia di media sosial untuk meningkatkan brand awareness. 

Selain itu, kamu juga memanfaatkan promosi di media sosial. Misalnya seperti Instagram Ads, Facebook Ads, Twitter Ads, dan sejenisnya. Pastikan kamu membuat tampilan media sosial dan website yang bagus, sehingga enak dipandang dan mampu menarik perhatian banyak orang.

7. Bergabung ke Marketplace

Kini, sudah hadir marketplace yang dapat membantumu dalam berbisnis. Bahkan saking banyaknya, di Indonesia sendiri keberadaan marketplace sudah sangat menjamur. Tentu saja, masing-masing marketplace memiliki kelebihannya tersendiri.

Pada zaman yang semakin canggih ini, marketplace menjadi pilihan banyak orang untuk berbelanja dengan mudah dan hemat. Apalagi sudah dilengkapi dengan ongkos kirim yang jauh lebih murah. Oleh sebab itu, marketplace menjadi salah satu tempat jualan yang bisa memberikanmu keuntungan.

Selain marketplace, kamu juga bisa menggunakan forum jual beli online. Pilihlah komunitas yang memang sering membahas tentang jenis baju. Misalnya seperti baju batik, kamu bisa menawarkan produk baju batik kepada komunitas pecinta batik. 

Kunci utama dalam berjualan online adalah memiliki target pasar yang jelas dan tepat.

8. Tetap Berinovasi

Setiap bisnis online, tentu membutuhkan inovasi agar tetap bisa bertahan dalam pasar. Cara memulai bisnis online shop baju yang paling penting adalah dengan selalu mengikuti perkembangan zaman dan trend yang ada di masyarakat.

Oleh sebab itu, riset pasar sangatlah penting untuk dilakukan. Kamu harus mengikuti perkembangan trend yang sedang ramai. Setelah itu, buatlah produkmu agar bisa masuk ke dalam trend dan tidak kalah dengan kompetitor lain. 

Dengan inovasi, kamu juga bisa menarik pasar baru. Akan tetapi, tidak semua trend fashion harus kamu ikuti terus menerus. Pilihlah trend yang memang sesuai dengan brand bisnismu. Jadi, kamu bisa mengikuti perkembangan trend tanpa harus mengubah identitas brand sebelumnya.

Yuk Gunakan Blueray Cargo!

Ketika bisnis online baju milikmu sudah berkembang pesat, bahkan sampai mancanegara, pastinya membutuhkan ekspedisi yang dapat membantumu dalam mengantarkan barang.

Oleh sebab itu. kamu harus memilih menggunakan jasa import yang berpengalaman dan terpercaya. Dengan begitu, produk pesanan akan sampai ke tanganmu dengan aman. Blueray Cargo adalah salah satu jasa import barang China terbaik yang bisa kamu pertimbangkan.

Sudah ribuan orang yang menggunakan jasa Blueray Cargo untuk mengirimkan barang mereka. Harga pengiriman terjangkau dan keamanan pun terjaga. Info selengkapnya, silakan hubungi kontak Blueray Cargo.

Sudah Siap Memulai Bisnis Online Shop Baju?

Itulah 8 cara memulai bisnis online shop baju. Agar bisnis berjalan dengan sukses, kamu harus konsisten dalam menjalankan bisnismu sehingga keuntungan usaha akan segera terealisasikan. Selamat mencoba!

Facebook
Twitter
LinkedIn