.

Teknologi China yang Mendunia dan Terbaik di Bidang Sains

Apa saja teknologi China yang mendunia dan canggih? China memang terkenal sebagai negara yang sering melakukan inovasi. Sehingga, tidak sedikit teknologi yang berhasil negara tersebut ciptakan.

Terdapat beberapa teknologi China yang mampu membuat negara-negara lain mulai memperhitungkan negara tersebut. Kira-kira apa saja teknologi dari China? Berikut pembahasan selengkapnya!

KEY TAKEAWAYS

– China diprediksi unggul dari AS dalam perkembangan teknologi global.
– Negara China jauh lebih berpotensi memperoleh pendapatan hingga triliunan dolar berkat teknologi terbarunya dan bukan Amerika.
– Standar China 2035 akan menjadi bukti bahwa industri serta infrastruktur negara tersebut mampu bersaing dengan negara maju lainnya.

Inilah Teknologi China yang Mendunia di Bidang Sains

China memang terkenal sebagai negara yang sudah sukses menghadirkan maha karya di bidang sains. Teknologinya pun berhasil menyita perhatian seluruh dunia. Beberapa pencapaiannya adalah sebagai berikut:

1. Matahari Buatan

Ketika mendengar namanya, mungkin kamu merasa hal tersebut sangat mustahil dan tidak masuk ke dalam nalar manusia. Namun, ilmuwan dari negara tersebut ternyata berhasil menciptakan rekor yang sangat mengagumkan. China benar-benar mampu membuat matahari buatan.

Proyek yang bernama EAST (Experimental Advanced Superconducting Tokamak) ini juga menggemparkan dunia. Menurut informasi, para ilmuwan telah berhasil menahan plasma pada kondisi 120 juta derajat celcius dalam waktu 101 detik.

Selain itu, para ilmuwan tersebut juga berhasil menahan plasma di kondisi 160 juta derajat celcius dalam waktu 20 detik. Proyek tersebut diprediksi akan selesai sekitar tahun 2035. Jika memang berhasil, maka ini akan menjadi sebuah sumber pembangkit tenaga nuklir yang paling besar di seluruh dunia.

2. Ekosistem 5G untuk Mobil Otonom

Teknologi China yang mendunia serta membuat heboh selanjutnya adalah ekosistem 5G untuk mobil otonom. Huawei dengan 18 produsen otomotif di negara tersebut akan bekerja sama untuk membangun environment untuk mobil yang nantinya akan menggunakan teknologi 5G.

Aliansi tersebut diharapkan mampu mempercepat penerapan 5G secara komersial, terutama untuk industri otomotif. Produsen otomotif yang bergabung dalam proyek ini seperti SAIC Motor Corporation, First Automobile Group, BYD Auto, Guangzhou Automobile Group, Chery Holdings, sampai dengan JAC Motors.

3. Stasiun Luar Angkasa

Ilustrasi Stasiun Luar Angkasa

China memang tidak henti-hentinya membuat gempar melalui teknologi yang berhasil mereka kembangkan. Negara tersebut juga mengadakan proyek berupa pembangunan stasiun luar angkasa. Bahkan proyek ini sudah berlangsung sejak 2021.

Proyek ISS atau Stasiun Luar Angkasa Internasional ini bernama Istana Surga atau Tiangong. Kabarnya, proyek tersebut akan selesai pada tahun 2022. Tepatnya setelah lebih dari 10 misi terkait konstruksi serta perakitan orbit.

4. Robot Zhurong yang Berhasil Sampai ke Mars

Teknologi China yang mendunia selanjutnya adalah robot bernama Zhurong. Sebuah robot penjelajah yang telah berhasil mendaratkan kakinya di planet Mars. Kabarnya robot tersebut sampai pada 15 Mei 2021. 

Lalu mengapa China mengirimkan robot ke planet tersebut? Tujuannya untuk memperoleh sampel tanah. Negara tersebut juga ingin mempelajari seperti apa geologi yang terdapat di Mars. 

Berdasarkan keterangan dari CNSA atau China National Space Administration, satu hari di planet Mars waktunya kurang lebih sekitar 24 jam 40 menit. Kemudian, robot Zhurong juga telah berhasil menyelesaikan misinya dalam waktu 90 hari di Mars atau 92 hari di hitungan bumi.

5. Kapal Selam Fendouzhe

Kapal Selam Fendouzhe

Perlu kamu tahu China mempunyai kapal selam bernama Striver atau Fendouzhe. Ini bukan kapal selam biasa, melainkan sebuah kapal selam yang mampu mencapai dasar dari Palung Mariana. Misi tersebut berhasil dilakukan pada 10 Oktober 2020.

Fendouzhe mempunyai panjang sekitar 7,9 meter serta berat 23,9 ton. Kemudian, kecepatan bawah airnya kurang lebih 1 knot. Kapal tersebut juga memiliki lengan robotik yang berfungsi untuk memperoleh sampel biologis.

Selain itu, lengan ini juga berperan sebagai mata yang akan mengidentifikasi objek-objek yang ada di sekitarnya. Proyek pembuatan kapal selam ini dimulai pada 2016. Seorang ilmuwan yang berjasa dalam mengerjakan proyek ini, yaitu Shenhai Yongshi serta Jiaolong.

Fendouzhe sendiri menggunakan tenaga listrik dan mampu beroperasi di bawah air sekitar 10 jam. Keberhasilan menghadirkan kapal selam Fendouzhe semakin menegaskan bahwa, China merupakan negara yang tidak kalah dari pada negara-negara yang ada di Eropa, khususnya dalam hal teknologi.

6. Kertas

Kertas juga merupakan salah satu hasil penemuan yang memberikan pengaruh besar bagi kehidupan manusia. Masyarakat China sudah mengenal kertas bahkan sejak tahun 105. 

Bahkan kertas paling tua di dunia berhasil ditemukan pada sebuah makam yang lokasinya dekat Xian pada 1957. Kertas tersebut berasal dari serat rami di periode sekitar 140 SM sampai 87 SM.

Seseorang yang berperan besar dalam menemukan kertas serta proses pembuatannya, yaitu kasim China serta pejabat istana dari dinasti Han Timur bernama Cai Lun. Proses pembuatan kertas pada waktu itu memakai kulit pohon serta ujung rami.

7. Kompas

Ilustrasi Kompas

Terdapat artefak dari Meksiko yang diprediksi dari tahun 1.000 SM. Penemuan tersebut menunjukkan pemakaian kompas yang menggunakan batu magnet. Namun, berdasarkan sejarah, kompas merupakan hasil teknologi China yang mendunia dan sudah ada sejak 202 SM sampai 220 SM.

Sebenarnya masyarakat China memakainya untuk kebutuhan Feng Shui. Mereka memakai sendok batu iodestone yang berorientasi utara-selatan serta kompas yang berbentuk mangkuk. Kemudian di tahun 1000 M, kapal-kapal China mulai menggunakan kompas sebagai navigasi.

Lalu, para pedagang Arab yang datang ke China mulai mempelajari seperti apa teknologi pada kompas tersebut. Hingga pada akhirnya, mereka membawanya ke barat.

8. Teleskop Radio Raksasa

Teknologi selanjutnya yang juga berasal dari China adalah teleskop radio raksasa. Bukan hanya satu, melainkan dua teleskop yang ukurannya luar biasa besar. Teleskop tersebut juga dapat bergerak berputar, serta dapat menargetkan arah tertentu.

Tujuan negara tersebut membuat teleskop raksasa adalah untuk memecahkan misteri yang ada di alam semesta, khususnya seputar alien. 

Teleskop tersebut bernama Xingjiang Qitai yang lokasinya ada di Xinjiang Uygir. Diameternya bahkan lebih besar dari Green Bank, teleskop radio yang dimiliki Amerika Serikat. Sedangkan ruang pengamatannya sendiri mampu mencapai 75% langit.

9. PLTS Terapung

Teknologi China yang mendunia terakhir yang juga mendunia hingga sekarang adalah Pembangkit Listrik Tenaga Surya Terapung. Pembangkit listrik tersebut tersambung ke jaringan listrik lokal yang ada di provinsi Anhui.

Fasilitas yang memiliki tenaga surya sebesar 40 megawatt tersebut berdiri di atas wilayah pertambangan batu bara yang mengapung di air. Proyek tersebut memberikan dampak perubahan yang signifikan terhadap pemakaian bahan bakar fosil.

Melalui penelitiannya, China berhasil meningkatkan output tenaga surya mencapai 80% dalam kurun waktu tiga bulan pertama di tahun 2017. Selain itu, China juga berhasil membuat PLTS berbasis darat dengan luas 10 mil persegi di tahun 2015. Banyak yang menduga bahwa fasilitas ini merupakan yang paling besar di dunia.

Sudah Paham Apa Saja Teknologi China yang Mendunia?

Sekian penjelasan tentang beberapa teknologi buatan China yang mendunia. Menarik bukan? Sebagai tambahan, bagi yang memerlukan jasa importir barang-barang China, kamu bisa memanfaatkan Blueraycargo.id. Sebuah jasa terpercaya serta berpengalaman selama lebih dari 20 tahun. 

Blueray Cargo juga memberikan penawaran berupa garansi pengiriman 100%, sehingga keamanan barangmu akan terjamin. Kamu bisa menghubungi kontak Blueray untuk mendapatkan informasi lebih detail. Selamat mencoba!

Facebook
Twitter
LinkedIn