.

Cara Impor Tekstil Cina via Jasa Logistik Blueray Cargo

Cina merupakan salah satu negara penghasil kain atau tekstil yang produknya memiliki aneka warna cantik. Oleh sebab itu, banyak toko dan pabrik busana di negeri kita yang mencari bahan kain asal Cina. Mau tahu cara impor tekstil Cina yang mudah dan aman? Cari tahu rahasianya di bawah ini!

KEY TAKEAWAYS

– Ada beberapa cara impor tekstil Cina yang patut diperhatikan oleh para pembeli. Contohnya, yaitu memilih produk yang pembeli inginkan, memilih jasa importir terpercaya, dan melunasi semua pembayaran termasuk bea cukai.
– Pembeli sebaiknya mengetahui paling sedikit tiga tips impor tekstil murah dari Cina. Baik itu tentang memilih pedagang yang punya reputasi tinggi, menentukan jumlah produk yang perlu mereka beli, hingga membeli produk dengan harga terbaik.
– Pengusaha tekstil di Indonesia mempunyai sejumlah alasan mengapa mereka impor bahan kain dari Cina. Misalnya, seperti harga produk yang cenderung lebih murah, jarak pengiriman yang dekat dengan Indonesia, serta produk yang pasti laris manis.

Cara Impor Tekstil Cina Pakai Blueray Cargo

Bahan tekstil asal Cina pasti banyak dicari oleh masyarakat Indonesia, termasuk kalangan pengusaha. Di lain pihak, belum banyak orang yang tahu bagaimana cara mengimpor bahan tersebut. Untungnya, artikel ini mempunyai beberapa langkah impor tekstil yang dapat kamu ikuti.

1. Cari Produk Tekstil yang Kamu Inginkan

Langkah pertama yang wajib kamu lakukan untuk mengimpor tekstil buatan Cina adalah mencari produk kain sesuai kebutuhanmu. Ketahui juga deskripsi barang yang kamu inginkan, seperti teksturnya, warnanya, panjangnya, hingga motif pada bahan tersebut jika tersedia.

Selain itu, cari tahu juga apakah si merchant atau pedagang kain memberikan harga khusus dalam beberapa kesempatan. Harga khusus itu bisa berupa promosi dan voucher di hari libur akhir tahun atau diskon besar, jika kamu membelinya dalam jumlah tertentu.

2. Pilih Layanan Importir untuk Mengantar Barang

Impor Grosiran Barang China Bergaransi di Blueray Cargo

Langkah kedua dalam cara impor tekstil Cina ini adalah memilih layanan importir yang kamu butuhkan. Sebagai contoh, ada layanan jasa Blueray Cargo yang bisa mengirim barang lewat jalur darat, kapal laut, dan juga penerbangan. Cantumkan juga alamat kamu, supaya paket bisa datang dengan selamat.

Apabila kamu menggunakan jasa Blueray Cargo, kamu akan diminta untuk memilih kemana paket tekstil itu akan datang. Kamu bisa mengatur agar barang belian itu datang langsung ke tempat usaha, atau masuk dulu ke gudang distributor demi mendapat pemeriksaan. 

3. Konfirmasi Transaksi jika Sudah Siap

Begitu kamu sudah menentukan produk tekstil Cina pilihanmu serta jasa importir untuk mengantarnya, kamu perlu mengkonfirmasi pesanan kamu. Maksudnya adalah menetapkan metode pembayaran dan metode pengiriman yang kamu inginkan.

Untuk barang belian dari merchant, kamu tinggal transfer uang ke rekening bank yang telah si pedagang tekstil tetapkan. Selanjutnya adalah metode impor barang, Blueray Cargo siap mengirimnya via kapal laut, apabila kamu setuju memilih jalur laut.

4. Lunasi Semua Pembayaran

Ilustrasi Kartu Untuk Pembayaran

Berikutnya ada biaya-biaya yang akan kamu keluarkan untuk melunasi transaksi tersebut, supaya barang bisa segera terkirim. Misalnya, ada biaya administrasi di perusahaan Blueray untuk mencatat nama merek dan jumlah produk tekstil kamu.

Contoh biaya lainnya adalah biaya pengiriman barang belian dari Cina hingga ke gudang resi di Indonesia. Ada beberapa jasa importir barang di negeri kita yang berani menggratiskan biaya ini, jadi pilihlah dengan seksama.

5. Siapkan Dokumen untuk Mengurus Bea Cukai

Adapun cara impor tekstil Cina yang wajib kamu lakukan adalah menyiapkan sejumlah dokumen serta uang untuk mengurus bea cukai. Ini adalah pajak yang pemerintah negara Indonesia kenakan terhadap barang-barang yang masuk atau keluar dari wilayah Indonesia.

Dokumen yang kamu perlukan, misalnya seperti bukti transaksi dengan merchant, dokumen resi barang, serta bukti transfer uang antar negara. Jika perlu, kamu bisa juga menyertakan dokumen pengiriman barang lewat suatu jasa, contohnya Blueray, sebagai tanda sahnya transaksi.

6. Periksa Barang Setelah Kamu Terima

Langkah terakhir, yaitu memeriksa jumlah dan kondisi bahan kain yang telah kamu impor dari Negeri Tirai Bambu tersebut. Apabila ada barang yang rusak, hilang, atau jumlahnya tidak sesuai, kamu harus melaporkannya kepada pihak berwajib, agar segera mendapat tindak lanjut.

Tips-Tips Penting Sebelum Impor Bahan Kain Cina

Meskipun tata cara impor tekstil Cina di atas dapat kamu ikuti, bukan berarti kamu tidak perlu tips-tips penting dalam melakukannya. Tips-tips berikut ini berguna untuk kamu yang baru pertama kali mengimpor barang, jadi perhatikanlah supaya nanti kamu tak membuat kesalahan.

1. Ketahui Jumlah Barang yang Akan Kamu Beli

Sebuah pabrik tekstil jangan sampai membeli bahan baku yang jumlahnya terlalu banyak, sampai-sampai dia mengalami kebangkrutan. Periksalah berapa jumlah bahan kain yang tempat usaha kamu perlukan, agar kamu nanti tak mengeluarkan biaya ekstra.

2. Cari Produk yang Harganya Terjangkau

Ilustrasi Belanja Online

Harga bahan kain buatan Cina, baik itu dalam ukuran gulungan maupun meteran, dapat berubah sewaktu-waktu tanpa kamu sadari. Oleh karena itu, kamu perhatikan naik-turunnya harga di pasar dengan seksama demi mendapatkan tekstil Cina dengan harga terbaik.

3. Pilih Merchant yang Punya Reputasi Baik

Ada ribuan merchant atau pedagang di internet yang menawarkan bahan kain Cina dengan kualitas yang beraneka ragam. Supaya kamu tidak salah beli dan merugi, carilah pedagang yang punya reputasi tinggi serta ulasan-ulasan bagus dari para pembelinya.

Mengapa Impor Tekstil Murah dari Negeri Tirai Bambu?

Di bagian sebelumnya, kamu sudah mempelajari sejumlah cara impor tekstil Cina yang tepat dan tips-tipsnya. Mungkin ada di antara kamu yang bertanya; mengapa pengusaha fashion di Indonesia sebaiknya impor bahan kain dari Cina? Di bawah ini ialah beberapa alasannya:

  • Bea cukai produk tekstil asal Cina lebih murah, ketimbang produk serupa dari negara lain.
  • Harga bahan kain per gulungnya lebih murah, sehingga bisa menekan ongkos produksi perusahaan pakaian.
  • Jarak perjalanan yang dekat membantu perusahaan kamu untuk menekan biaya pengiriman produk.
  • Jenis bahan dan kualitasnya tergolong baik serta dapat pengrajin busana olah menjadi aneka macam pakaian.
  • Busana yang berbahan tekstil asal Cina selalu laris manis, banyak diburu oleh pembeli di Indonesia.

Sudah Paham Cara Impor Tekstil Cina yang Benar?

Demikianlah artikel ini menjelaskan tentang bagaimana cara mengimpor bahan kain yang tepat dari Negeri Tirai Bambu. Bagi kamu yang ingin mengirim barang dari dan ke luar negeri, jangan sungkan untuk menggunakan Jasa Import China dari Blueray Cargo.

Kamu harus tahu, Blueray merupakan jasa logistik asal Cina yang sudah ada pada tahun 2001. Mereka memiliki banyak kantor cabang yang berdiri di negara-negara Asia Timur. Perusahaan ini siap mengutamakan kecepatan, ketepatan waktu, serta keamanan dalam pengiriman paket.

Di Indonesia, Blueray telah bekerja sama dengan Shopee, Tokopedia, dan pedagang-pedagang grosir. Perusahaan ini pun memberikan beragam jenis pelayanan, seperti pengantaran paket via jalur laut dan udara. Selain itu, mereka juga punya nomor Whatsapp sebagai kontak resminya.

Facebook
Twitter
LinkedIn