.

CNF: Pengertian dan Pengaruhnya di Dunia Impor Ekspor

Dalam bisnis perdagangan impor dan ekspor, CNF adalah salah satu dari berbagai macam jenis pembayaran yang tersedia. Namun sebenarnya, apa itu CNF? Lalu, apa perbedaannya dengan metode pembayaran lainnya, seperti FOB dan CIF? Mari temukan jawabannya lewat artikel ini.

Selain memberikan informasi mengenai pengertian CNF, artikel ini juga akan memperkenalkan kamu kepada salah satu perusahaan yang menawarkan jasa importir barang China terbaik. Yuk, mulai membaca!

KEY TAKEAWAYS

-CNF adalah salah satu metode pembayaran dari sekian banyaknya metode pembayaran yang sering digunakan dalam industri impor dan ekspor.
Cash and Freight atau CNF merupakan sistem pembayaran dimana eksportir menanggung biaya pengiriman dari pelabuhan barang dikirim sampai pelabuhan tujuan.
-Metode pembayaran CNF memiliki peran penting dalam perdagangan internasional. Karena sistem metode ini membantu eksportir dan importir mendapatkan kesepakatan terbaik terkait transaksi jual beli barang.

Apa itu CNF?

Cost and Freight(CNF)

CNF adalah singkatan dari Cost and Freight, merupakan sistem ataupun metode pembayaran yang mana eksportir menanggung biaya transportasi barang kargo sampai ke pelabuhan negara yang menjadi tujuan pengiriman. 

Sistem ini berlaku sejak barang kargo dikirim, dinaikkan ke atas kapal, dan saat mencapai pelabuhan tujuan.

Nantinya, setelah barang kargo tersebut sampai ke pelabuhan tujuan, importir harus bertanggung jawab untuk membayar beberapa biaya lanjutan. Adapun biaya-biaya lanjutan yang harus importir tanggung ini meliputi biaya pajak, asuransi, dan juga biaya bongkar muat barang.

Dalam industri perdagangan internasional impor dan ekspor, Cost and Freight tidak hanya dikenal dengan istilah CNF. Namun, sistem pembayaran ini juga dikenal dengan istilah lainnya, yaitu C&F dan CFR. Jadi, jika kamu nantinya menemukan dua istilah ini, jangan bingung, ya!

Hal-hal yang Harus Diperhatikan dalam CNF

CNF adalah sebuah metode pembayaran yang akan sering kamu temukan jika kamu bekerja di industri impor dan ekspor. Saat kamu ingin menggunakan metode ini dalam transaksi jual beli internasional, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan.

Berikut artikel ini telah merangkum beberapa hal yang harus kamu, sebagai eksportir, perhatikan ketika menggunakan metode Cash and Freight.

  • Pertama, kamu harus menyiapkan barang pesanan sebelum maupun tepat waktu sesuai dengan apa yang ada dalam kontrak dagang ekspor.
  • Tidak lupa, sebagai eksportir, kamu harus mengontak dan mengontrak perusahaan pelayaran untuk memesan ruang kapal yang sesuai dengan waktu pengiriman barang dan pelabuhan tujuan. Jangan lupa juga untuk membayar ongkos pengiriman dari pelabuhan muat sampai pelabuhan tujuan.
  • Penyerahan barang di atas kapal harus dilakukan oleh kamu sebagai eksportir.

Nah, itulah beberapa hal yang harus kamu perhatikan ketika menggunakan metode CNF.

Apa Perbedaan antara CNF dengan CIF dan FOB?

Seperti yang sudah kamu pahami sebelumnya, CNF adalah singkatan dari Cost and Freight yang merupakan sebuah metode pembayaran untuk eksportir terhadap biaya pengiriman barang kargo sampai ke pelabuhan tujuan. Lalu, apa perbedaannya dengan FOB dan CIF?

FOB (Free On Board)

Ilustrasi Fob

Well, FOB sendiri merupakan singkatan dari Free on Board. Ini merupakan salah satu jenis sistem kesepakatan dalam perdagangan internasional antara eksportir (penjual) dengan importir (pembeli) dalam melakukan aktivitas jual-beli barang menggunakan sarana transportasi laut.

Dalam sistem FOB, eksportir nantinya harus menanggung beberapa macam biaya, seperti biaya bea atau pajak ekspor, biaya pengangkutan barang dari gudang ke pelabuhan, biaya muat barang dari pelabuhan ke atas kapal, dan biaya penyusunan barang saat diatas kapal.

Sebaliknya, dalam sistem pembayaran ini, importir memiliki tanggung jawab untuk menanggung biaya-biaya yang meliputi biaya asuransi, biaya bongkar muat barang di pelabuhan, dan juga biaya angkut barang dari pelabuhan sampai ke gudang tujuan.

CIF (Cost. Insurance, and Freight)

Ilustrasi CIF

Apa itu CIF? CIF adalah sebuah istilah yang disingkat dari Cost, Insurance, and Freight. Sesuai dengan nama dan artinya, CIF ini merupakan sistem pembayaran dimana eksportir memiliki tanggung jawab untuk membayar biaya pengiriman barang sampai ke pelabuhan negara yang dituju.

Sistem pembayaran ini sebenarnya memiliki sistem yang sama dengan CNF. Bedanya adalah eksportir, dalam CIF, langsung menanggung biaya asuransi. Jadi, sistem pembayaran CIF meliputi biaya pengiriman barang, biaya pengangkutan muatan barang, dan biaya asuransi barang.

CNF Penting, Apakah Begitu?

Kenapa CNF begitu penting? Apa saja keuntungan yang bisa kamu dapatkan dengan menggunakan sistem pembayaran ini? Mari kita cek.

Saat ini, era globalisasi telah berkembang dengan pesat, volume perdagangan internasional juga ikut meningkat. Adanya peningkatan ini membuat kebutuhan akan standarisasi metode pembayaran harus ikut diperhatikan juga.

Adanya metode pembayaran yang berstandar internasional ini dapat membantu para pemilik bisnis, entah itu eksportir maupun importir, memilih pilihan metode yang paling sesuai dengan preferensi masing-masing. Karena hal inilah mengapa CNF adalah faktor penting dalam perdagangan impor dan ekspor.

Cash and Freight atau CNF, sama seperti metode pengiriman dan pembayaran lainnya, memiliki fungsi untuk membantu para eksportir dan importir mendapatkan kesepakatan terbaik dalam transaksi jual beli barang internasional yang mereka lakukan.

Mau Impor Barang dari Cina? Blueray Cargo Aja!

Saat ini, globalisasi telah menjadi hal yang umum dan semuanya serba digital, mendapatkan barang-barang dari luar negeri tidak lagi sesulit dulu. Hal ini tentu menjadi kesempatan bagi kamu yang ingin membeli barang impor dari Cina, yang terkenal murah, kemudian menjualnya kembali lewat platform jual beli online.

Barangkali kamu merasa bisnis jual beli barang impor dari China begitu menguntungkan, maka kamu bisa mulai menghubungi Blueray Cargo. Ia merupakan perusahaan jasa importir barang Cina terbaik yang telah bergerak selama 20 tahun dengan menawarkan harga murah di setiap jasa pengirimannya.

Selama 20 tahun ada di industri ini, Blueray Cargo telah berhasil melakukan total transaksi hingga 2.813.762 dan mendapatkan rating hingga 4.97/5 dari konsumennya. Rating bagus yang perusahaan ini tidak luput dari kualitas mereka dalam mengirim barang impor dengan tepat waktu, kondisi baik, dan aman.

Jika kamu ingin mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai perusahaan jasa importir barang Cina terbaik ini, kamu bisa menghubungi kontak resmi Blueray Cargo.

Sudah Paham Apa itu CNF dan Pengaruhnya?

Demikianlah penjelasan mengenai CNF dan pengaruhnya di bisnis perdagangan internasional. Singkatnya, CNF atau Cash and Freight adalah salah satu dari sekian banyak jenis metode pembayaran di industri impor dan ekspor. 

Peran CNF adalah untuk membantu eksportir dan importir mendapatkan kesepakatan terbaik mengenai transaksi jual beli barang yang mereka lakukan.

Lalu, untuk kamu yang tertarik memulai bisnis menjual barang impor dari China, maka kamu bisa menggunakan layanan dari Blueray Cargo. Selain biaya pengiriman yang murah, dengannya, kamu bisa menerima barang impor dengan kondisi yang baik dan tepat waktu.

Facebook
Twitter
LinkedIn