.

Mengenal 9 Jenis Truk Logistik yang Memiliki Kapasitas Berbeda

Truk adalah jenis kendaraan yang memiliki peran penting bagi kehidupan masyarakat. Terutama pada bisnis logistik, truk logistik adalah urat nadi jalannya bisnis.

Sedangkan imbas langsung pada kehidupan masyarakat akan terasa melalui bahan bahan muatan truk. Mulai dari sembako hingga kebutuhan lain yang dikirim dari dan keluar negeri menggunggunakan truk.

Truk memiliki beragam jenis. Tak hanya ukurannya yang berbeda-beda, melainkan juga fungsi dan manfaatnya. Setiap jenis tentu memberikan kemudahan tertentu bagi operator.

KEY TAKEAWAYS

-Setiap jenis truk memiliki kapasitas dan fungsi yang berbeda.
-Pemanfaat jenis truk bergantung pada jenis, berat, dan volume muatan logistik dalam pengiriman.
-Sebagai salah satu jenis yang paling umum, yakni truk CDD biasanya digunakan oleh perusahaan logistik  dalam proses pengiriman jarak jauh. Dimana, jenis muatannya dapat terdiri dari barang dengan jumlah besar dan banyak, material mentah, dan sebagainya.

9 Jenis Truk Logistik dan Masing-Masing Fungsinya

Berikut ini adalah 9 jenis truk yang umum dalam bisnis logistik maupun kehidupan sehari-sehari masyarakat:

1. Truk Pick Up

Jenis pertama adalah yang paling umum, yaitu truk pick up. Jenis yang satu ini umum dimiliki oleh masyarakat maupun pelaku bisnis kelas kecil hingga menengah. Truk pick up terdiri dari 2 kategori, yaitu dengan bak terbuka dan tertutup.

Beberapa jenis bisnis, umumnya memanfaatkan truk pick up untuk mengangkut sembako, hewan, sayur mayur, hingga perabotan rumah tangga. Rata-rata, truk dengan jenis ini memiliki muatan maksimal sebesar 1,5 ton.

Dengan kapasitas muatan yang tak terlalu besar, truk pick up biasanya digunakan untuk membawa barang dengan jarak yang tidak terlalu jauh.

2. Truk Box CDE (Colt Diesel Engkel)

Jenis yang kedua adalah truk box CDE. Jenis truk ini memiliki kotak atau box terbuka pada bagian belakang. Kapasitas truk box lebih besar daripada pick up. Ini juga sebabnya bisnis logistik jarak jauh dapat memanfaatkan truk ini.

Dimensi truk box jenis ini adalah sekitar 3 meter X 1,6 meter X 1,6 meter. Sedangkan kapasitas beratnya rata-rata adalah 2,5 ton. Dengan kapasitas tersebut, kamu dapat mengangkut benda berat dan besar dalam sekali jalan.

3. Truk Box CDD

Macam truk logistik selanjutnya adalah truk box CDD. Berbeda dengan CDE yang memiliki box terbuka, truk CDD menggunakan box tertutup. Dengan demikian, barang-barang yang diangkut dengan truk box ini akan lebih aman.

Dimensi untuk truk ini adalah sekitar 4.5 meter X 1.6 meter X 2 meter. Kapasitas angkut box ini adalah maksimal 5 ton. Truk CDD biasanya digunakan oleh perusahaan logistik  dalam proses angkut hewan, bahan-bahan material, dan sebagainya.

Dengan keunggulan kapasitas dan fitur, truk CDD dapat bermanfaat untuk pengiriman jarak jauh. Misalnya untuk pengantaran antar kota maupun antar provinsi.

4. Truk CDD (Colt Diesel Double) Long Box

Selanjutnya adalah truk CDD Long Box. Jenis yang satu ini mirip dengan CDD biasa, hanya saja memiliki kapasitas yang lebih besar, karena ukurannya lebih panjang. Truk ini juga memiliki box tertutup.

Long box memiliki panjang 6 meter, sehingga kapasitas maksimalnya adalah 5 ton. Jadi, sedikit lebih besar dari CDD biasa. Beberapa jenis barang yang pengangkutannya memanfaatkan truk ini adalah furniture ukuran besar dan sebagainya.

5. Truk Fuso

Jenis truk logistik berikutnya adalah truk fuso yang masuk dalam kategori kelas medium. Sebab, fuso adalah mobil truk dengan bak terbuka yang memiliki kapasitas sekitar 8 ton.

Dimensi truk ini adalah tinggi 2,2 meter; dengan panjang 5,7 meter; dan lebar 2,3 meter. Truk dengan jenis ini tentu hanya dapat melalui jalan-jalan protokol besar. Sebab, ukuran lebar yang cukup menyita jalan.

Fungsi truk fuso secara umum adalah distribusi atau logistik barang dalam jumlah yang besar dan jarak jauh.

6. Truk Tronton

Selanjutnya adalah truk tronton yang memiliki kapasitas lebih besar daripada fuso. Semakin besar dan berat kebutuhan pengangkutan barang, maka truk yang akan dimanfaatkan juga memiliki volume yang semakin besar.

Dengan kapasitas muatan dapat lebih dari 10 ton, truk tronton bahkan sudah memiliki sumbu roda yang berbeda dari jenis truk lain dengan kapasitas dibawahnya.

Truk besar ini mempunyai 2 sumbu roda pada sisi belakang serta 1 roda di sisi depan. Sedangkan jumlah rodanya adalah 10 buah. Dengan demikian, muatan yang berat sekalipun akan tetap aman.

7. Truk Trintin

Jenis selanjutnya adalah truk trintin dengan kapasitas lebih besar daripada truk tronton. Maka, apabila truk tronton tidak cukup untuk memuat semua barang dalam pengiriman, sebaiknya menggunakan jenis yang satu ini.

Mirip dengan truk tronton, truk trintin juga memiliki 3 sumbu roda. Namun, jenis ini juga telah lengkap dengan FWS atau Four Wheel Steering. Fitur ini sangat membantu kendaraan panjang untuk dapat berbelok.

Kapasitas muatan untuk truk trintin adalah 20 ton. Dengan kata lain, truk dengan jenis ini mampu memuat 2x lipat barang daripada truk tronton.

8. Truk Wingbox

Selanjutnya adalah truk logistik dengan jenis wingbox. Seperti namanya, jenis truk dengan box tertutup ini memiliki keunikan, yaitu pintu box tidak hanya pada bagian belakang box.

Melainkan, box dapat terbuka ke bagian atas dari tepi kanan dan kiri. Sehingga, ketika dibuka, kedua pintu ini akan berbentuk seperti sayap atau wing. Dengan fitur semacam ini, tentu akan memberi kemudahan untuk proses bongkar dan muat barang.

9. Truk Trailer

Jenis truk terakhir adalah truk trailer. Kapasitas angkut truk jenis ini dapat sangat besar, yaitu 20 hingga 60 ton. Tak heran, truk ini umum ditemui di pelabuhan, sebab berfungsi untuk mengangkut barang yang akan didistribusikan jarak jauh.

Dengan bentuk truk yang panjang, jenis truk logistik yang satu ini memiliki setidaknya 6 sumbu roda. Sedangkan jumlah rodanya adalah 16 sampai 24 roda.

Perusahan-perusahaan atau bisnis yang bergerak pada bidang pengiriman ke dalam dan ke luar negeri tentu kerap memanfaatkan jenis truk ini.

Mencari Jasa Logistik? Blueray Cargo Siap Membantu!

Jenis-jenis truk untuk keperluan logistik sebenarnya tidak hanya 9. Masih ada jenis lainnya seperti kontainer, trinton, dan sebagainya. Sedangkan pemanfaatannya bergantung pada jenis, berat, dan volume barang.

Namun, jika kamu membutuhkan jasa logistik, kamu tidak perlu pusing dalam memilih jenis truk. Kamu cukup bekerjasama dengan jasa logistik terpercaya. Dengan demikian, pihak penyedia jasa yang akan bertanggung jawab penuh dalam proses pengiriman.

Salah satu yang terbaik adalah Blueray Cargo. Jasa logistik ini menyediakan fasilitas kirim impor barang dari China. Apapun barang yang akan kamu datangkan, kamu tidak perlu kuatir. 

Sebab, jasa yang satu ini sudah profesional dan memiliki akomodasi yang lengkap. Mulai dari gudang hingga beragam jenis truk untuk menyesuaikan dengan kebutuhan pengiriman.

Facebook
Twitter
LinkedIn